Pentingnya Optimasi SEO On Page Off Page Website

pentingnya optimasi on page off page website

Search engine Google merupakan sumber traffic potensial yang begitu besar. Tak heran jika banyak pengelola website berlomba-lomba untuk melakukan optimasi on page off page agar bisa mendapatkan posisi terbaik. Google hanya akan menampilkan website yang memberikan informasi berkualitas dan dapat membuat pengunjungnya nyaman. Selain itu, faktor authority dari sebuah website juga diperhitungkan dalam penentuan posisi di SERP.

Optimasi SEO on page dan off page adalah dua hal yang tidak bisa disamakan. SEO on page adalah cara optimasi website dari sisi dalam, mulai dari struktur kontennya, internal link dan masih banyak lainya. Sementara SEO off page adalah cara yang dilakukan untuk meningkatkan authority dari website itu sendiri. Sehingga nantinya lebih mudah dikenali oleh Google untuk bisa mendapatkan posisi terbaik.

Pentingnya Optimasi SEO On page Off Page Website

Perlu diketahui, website yang baru saja dirilis dan belum tersentuh optimasi SEO akan sulit untuk bersaing di mesin pencarian. Hal ini didasari karena Google yang sama sekali belum mengenali website tersebut, sehingga diperlukan optimasi SEO. Optimasi SEO adalah cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas website agar sesuai dengan ketentuan dan standar dari Google itu sendiri.

Mendapatkan Pengunjung Tertarget

Dengan melakukan optimasi SEO on page off page, website dapat muncul di mesin pencarian sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengunjung. Jenis pengunjung ini, jauh lebih potensial karena mereka benar-benar membutuhkan informasi yang ada pada website Anda.

Akan berpengaruh besar jika website Anda berada di urutan teratas, karena kemungkinan untuk di klik oleh pengunjung lebih besar. Maka dari itu, muncul di halaman satu saja sebenarnya belum cukup untuk bisa optimal dalam menggaet pengunjung.

Pengunjung yang tertarget ini memiliki peluang besar untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang Anda tawarkan. Banyaknya pengunjung yang akhirnya tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, tentu akan mempercepat bisnis untuk tubuh besar.

Menghemat Biaya Iklan

Untuk bisa berada di halaman pertama mesin pencarian Google sebenarnya bisa dengan mudah menggunakan iklan. Akan tetapi, nantinya Anda juga harus bersaing dengan pengiklan lain.

Siapapun yang berani memasang iklan dengan biaya yang tinggi, akan menempati posisi yang lebih baik. Selama Anda masing menayangkan iklan, selama itu pula pengeluaran akan terus membengkak. Berbeda dengan optimasi SEO on page off page yang dari segi biaya lebih murah.

Saat ini banyak penyedia jasa SEO yang menawarkan biaya bulanannya mulai dari 500 ribu rupiah. Angka ini terbilang lebih kecil dibandingkan dengan beriklan. Tak heran jika banyak yang beralih dari iklan ke SEO untuk website yang dikelola.

Jangka Panjang

Mungkin Anda berpikir, dengan beriklan website bisa berada di halaman pertama sampai kapanpun. Memang benar, tetapi Anda juga harus terus mengeluarkan uang untuk biaya iklan website tersebut.

Sementara dengan SEO, manfaatnya dapat dirasakan untuk jangka panjang. Optimasi SEO on page off page akan membuat website berada di halaman pertama dalam jangka panjang. Khususnya untuk kata kunci yang memang sedikit persaingannya.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang kembali pada saat ada update dari mesin pencarian yang membuat website harus dioptimasi ulang. Ataupun pada saat website Anda posisinya tergusur oleh website kompetitor.

Dapat Menargetkan Konsumen Lebih Luas

Jangan biarkan bisnis Anda hanya terpaku di satu daerah saja. Sementara produk atau layanan Anda sebenarnya relevan dengan berbagai daerah. Melalui website yang sudah dilakukan optimasi SEO on page off page akan membuat calon konsumen dari luar daerah, mengenali bisnis Anda. Dengan cara ini, penjualan akan terus mengalami peningkatan.

Anda bisa menargetkan konsumen dari luar daerah dengan local SEO. Cara ini sangat efektif dan website bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.

Promosi 24 Jam

Promosi bisnis secara online kini menjadi pilihan yang tepat. Pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan yang pesat. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat yang lebih luas melalui sebuah website.

Karena dengan website, siapapun bisa mencari informasi mengenai produk atau layanan Anda. Jadi bisa dibilang, lebih efektif dibandingkan dengan toko offline.

Optimasi SEO on page off page dilakukan agar posisi website berada di tempat terbaik. Sehingga website Anda dapat mendapatkan pengunjung dalam kurun waktu 24 jam setiap harinya. Anda tidak perlu membayar biaya besar untuk melakukan promosi terus menerus ini. Sangat disarankan untuk bisnis-bisnis yang baru saja memulai untuk promosi online.

Cocok Untuk Banyak Kata Kunci

Setiap pengunjung, biasanya akan menggunakan kata kunci yang berbeda-beda untuk menemukan informasi yang dicari. Bahkan terkadang, kata kunci yang dicari sama sekali tidak relevan.

Untuk mengambil peluang ini, diperlukan optimasi agar website Anda muncul berdasarkan kata kunci yang dicari oleh pengunjung. Optimasi SEO on page off page, bisa menjadi pilihan untuk menargetkan banyak kata kunci.

Biaya yang harus dikeluarkan tetap sama untuk tiap kata kunci. Berbeda halnya dengan beriklan, setiap kata kunci memiliki biaya yang berbeda-beda.

Sehingga semakin banyak kata kunci yang ditargetkan, kemungkinan biayanya akan semakin besar. Biasanya, jasa SEO akan menawarkan pembuatan konten-konten yang berhubungan dengan website Anda untuk menargetkan banyak kata kunci.

Dapat Bersaing Dengan Brand Besar

Bersaing dengan brand besar bukanlah hal yang mudah, terlebih dalam konteks beriklan. Mereka memiliki alokasi biaya iklan sendiri yang nilainya besar. Sehingga akan sulit untuk mencoba bersaing bahkan mengalahkan website dari brand besar. Sementara dengan SEO, Anda masih memiliki kemungkinan besar untuk bersaing.

Anda bisa menggunakan jasa optimasi SEO on page off page agar bisa bersaing dengan brand besar. Tak jarang, brand-brand besar tersebut juga menggunakan jasa yang ada di pasaran. Mungkin nantinya Anda bisa memulai dengan target kata kunci dengan persaingan rendah, sehingga tetap mendapatkan pengunjung yang banyak.

Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda baru saja membangun sebuah brand, pengenalan kepada masyarakat sangat diperlukan. Anda bisa melakukan perkenalan dengan optimasi SEO pada website Anda.

Pada saat website Anda menempati posisi teratas dari banyak kata kunci, maka akan lebih banyak orang lagi yang akan mengenal brand Anda. Optimasi SEO on page off page merupakan cara yang efektif untuk memperkenalkan brand Anda melalui search engine.

Pada saat website Anda mulai dikenal banyak orang, kemudian penjualan meningkat, maka bisnis Anda akan semakin besar. Dan Anda akan terus mendapatkan calon konsumen melalui website yang telah dioptimasi SEO dengan baik itu. Karena memang efeknya dapat dirasakan jangka panjang.

Itulah pentingnya optimasi SEO on page off page pada sebuah website bisnis. Jika dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin website Anda akan kebanjiran pengunjung yang berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis.

Untuk contoh optimasi on page berupa pengoptimalan pada internal link, alt text image dan yang lainnya. Sementara contoh optimasi off page pada umumnya berupa pemberian backlink untuk website.

Kesimpulan Pentingnya Optimasi SEO On page Off Page Website

Pentingnya optimasi SEO on page off page website dapat memberikan dampak positif terhadap website kamu. Tentu saja dengan optimasi tersebut meningkatkan pengunjung.

Banyak sekali wadah untuk membantu sebuah website dalam rangka optimasi tersebut. Tinggal bagaimana kita belajar dan memahami ilmu seo tersebut. Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua kalangan.

Salam.

Referensi

https://www.garuda.website/blog/manfaat-seo-on-page-off-page/

Manfaat SEO Untuk Website Bisnis

Perbedaan antara SEO On Page dan SEO Off Page

Sharing is caring