featured Slider

Random Post!

5 Cara Menjaga Hubungan Tetap Harmonis Saat Memiliki Suami Posesif


cara-menjaga-hubungan-harmonis-saat-memiliki-suami-posesif
Pasangan Halal

Siapa yang baru menikah angkat tangan!?
Siapa yang udah beberapa tahun menikah terus sekarang nyesel???
Maksudnya nyesel kenapa enggak dari dulu, hehehe
Siapa yang belum ketemu belahan jiwanya alias masih jomblo?
Sabar ya mblo...semoga pada waktu yang tepat nanti ketemu juga jodohmu
Aamiin...

Menikah itu Bukan Menyatukan Dua Kepala

Sudah pada tahu kan ya, menikah itu mempertemukan dua orang manusia laki-laki dan perempuan. Jenis kelaminnya berbeda. Karakternya beda. Hobinya bisa beda, bisa juga sama sih. Warna kesukaan juga kadang berbeda. 

Menikah itu bukan menyatukan dua kepala secara implisit apalagi eksplisit, menyatukan dua karakter, apalagi dua sifat, susah cyiiinnn. Enggak akan ketemu-ketemu kalau dipaksa untuk disatukan. Penasaran kenapa? Baca terus sampai tuntas (hihi modus).

Ada enggak ya dua orang yang menikah punya karakter, hobi, dan warna kesukaan sama? Ya bisa saja ada atuh. Cuma apa enggak monoton kalau sama--alasan pembenar. Kan jadi enggak ada berantem-berantem lucu-nya gitu nanti lho! uwuw

Dari dua orang yang berbeda ini, mereka bersatu dalam ikatan suci. Kalian tahu, kenapa disebut ikatan suci? Ya karena diantara janji pernikahan atau ijab qabul saat menikah itu ada Tuhan yang ikut mengaminkan dan menyaksikan sumpah setia pernikahan. Mereka disatukan dalam kasih Tuhan dan atas nama Tuhan pula mereka berjanji saling setia sehidup sesyurga, aamiin.

Namanya juga menyatukan dua kepala dan dua karakter kan. Tentu saja dua orang yang baru menikah harus banyak bersabar dan menerima kekurangan pasangan. Kalau kelebihan sih bukan diterima, anggap saja bonus ya.

Kekurangan itu misalnya suka mendengkur alias ngorok waktu tidur, suka kentut sembarangan, suka lempar handuk seenaknya kalau selesai mandi. Coba mulai dibayangin banyak deh pasti. Jadi senyum-senyum sendiri kan bayanginnya?!

Selama bukan kekurangan dalam hal melanggar aturan perundang-undangan tentang kekerasan dalam rumah tangga, hal itu harusnya masih bisa ditoleransi ya.

Apakah posesif masuk kategori kekurangan pasangan?
Apasih maksudnya pasangan posesif?

Di artikel ini saya mau bahas kalau yang posesif adalah suami. Sebenarnya posesif itu menurut saya banyak tingkatannya. Tiap laki-laki mungkin berbeda ya. Balik lagi nih, sepanjang posesifnya itu tidak melanggar ketentuan agama dan negara, istri yang memiliki suami posesif tentu harus punya cara agar hubungan tetap harmonis.

Ciri Suami Posesif

Ini sih menurut pengalaman saya dan beberapa curhatan kawan, kalau suami posesif itu antara lain begini nih :
  1. Biasanya cemburuan, kadar cemburuannya lebih dari biasa.
  2. Suka ngecek handphone.
  3. Sering banget menelepon kalau istri sedang di luar rumah.
  4. Message atau kirim pesan hampir tiap saat.
  5. Ada juga yang selalu pengen antar jemput setiap saat.
  6. Harus share loc kalau dimana-mana.
  7. Suka video call kalau istri di luar.
  8. Suami bersedia diperlakukan/memperlakukan semua poin diatas.
Pasti yang lagi baca auto ngomong dalam hati:
Ahhh masih ada lagi!
Ahh enggak cuma itu aja!
Aduh itu saya banget!

Saya setuju kok, masih banyak banget tipe atau ciri suami posesif lain. Namanya juga kasih contoh kalau banyak-banyak nanti artikel ini jadi skripsi atuh, laahh bujug! hihihi
cara-menjaga-hubungan-tetap-harmonis-saat-memiliki-suami-posesif
Pasangan Halal

Menikah itu Mempertemukan Perbedaan

Kenapa menikah itu bukan menyatukan dua kepala, karena enggak mungkin ada dua manusia beda jenis kelamin dan beda segala sifat dan karakternya itu dipaksa harus berubah seperti keinginan pasangan.

Kalau begitu teori sabar dan ikhlas enggak perlu lagi kita pelajari. Adab menghormati dan menghargai enggak usah kita ikuti, laah udah sama semua.

Tuhan itu mencipta manusia jumlahnya miliaran, eh kayanya lebih ya! Triliunan? hmmm kayanya lebih lagi. Ya pokoknya banyak deh DNA manusia bumi, lebih dari triliunan. Ada kah yang sama? Pasti beda! Mahabesar Allah dengan segala kekuasaan-Nya. Anak kembar identik saja sifat dan karakternya enggak akan sama, apalagi dua manusia di bahtera rumah tangga--eaaa.

Karena perbedaan itulah, menikah menjadi ajang kita untuk belajar sabar, belajar ikhlas, belajar menghormati, belajar menghargai, banyak deh pokoknya. Kalau belajar saling sayang dan cinta mah enggak perlu disuruh--wajib itu.

Dua manusia berbeda jenis kelamin ini akan mengarungi bahtera rumah tangga dengan segala cara-cara yang baik. Tujuannya cuma satu sakinah, mawaddah, warohmah. Pernikahan itu sebuah persahabatan, sebuah sakramen, kebersamaan seluruh hidup.

Kita enggak pernah tahu dan enggak akan mungkin nanya apakah pasangan  kita posesif atau enggak. Itu akan terasa seiring berjalannya hubungan pernikahan. Terus gimana sih menjaga hubungan tetap harmonis saat memiliki suami posesif, ini dia nih tips dari saya:

1. Terbuka atau Saling Jujur Termasuk Berbagi Password Handphone

Yahh ini sih enggak usah dibahas karena udah tahu dari dulu. Dari jaman nenek moyang ngomongnya begini. Eitss tapi udah selalu diterapkan belum? Kadang kan baca teori itu gampang banget, pas prakteknya susah minta ampun. Memang benar poin pertama suksesnya suatu hubungan itu harus saling terbuka dan saling jujur. Ini untuk hal kecil sekalipun.

Jaman sekarang saya paham, kalau urusan handphone katanya privasi. Katanya lagi tidak etis kalau pasangan kepo atau mau tau aja urusan di handphone! Nah lo, bentar-bentar kok saya jadi gemes ya dengan anggapan yang ada di jagad raya ini. Balik lagi ke Pasal 1, katanya harus terbuka, katanya harus saling jujur.

Masa urusan handphone aja sampai harus dikunci. Its okay sih kalau dikunci menghindari anak-anak melihat gambar mesra ayah ibu. Atau dikunci saat bersosialiasi dengan orang di luar sana. Tapi berbagilah password handpone dengan pasangan kita sendiri. Coba dibalik, kenapa juga enggak boleh tau password kalau memang di handphone enggak ada apa-apa? As simple as that sih.

3. Jaga Komunikasi dan Lakukan Apa Yang Menjadi Amanah/Pesan dari Suami

Kalau suami posesif udah mengizinkan kita keluar rumah, itu tandanya suami percaya bahwa kita bisa menjaga amanahnya. Terus kalau suami minta kita sesekali berkabar, ya jangan sampai lupa. Beri kabar ke suami agar beliau tidak cemas.

Kaya istrinya paling cantik sedunia aja yaa, kayanya kok lebay banget! Ya iyalah istri itu kan bidadari suami nanti di syurga, mana ada bidadari yang buruk rupa, betul enggak!? hihi

Menjaga komunikasi yang baik antar pasangan sebenarnya kunci banget. Kunci menjaga hubungan selalu harmonis. Semua dikomunikasikan dengan baik dan dua arah. Iya harus dua arah karena menikah kan dua orang. Jadi bukan searah ya! Harus sama-sama menjalin komunikasi yang baik agar hubungan langgeng sampai kakek nenek, aamiin.

4. Saling Sabar dan Mengalah

Sadar atau enggak menikah itu akan membuat pasangan saling belajar sabar dan mengalah. Mulai dari gemesnya istri kalau liat handuk tergeletak tak berdaya di kasur. Itu hal kecil yang menguji istri dalam menjaga hubungan tetap harmonis dengan suami.

Terlebih dengan suami posesif. Hal-hal yang menurut kita harusnya biasa saja, tidak dilebih-lebihkan, lain halnya dengan pandangan suami yang posesif. Nah, harus banget ini para istri banyak sabar dan mengalah.

Inget aja dalam hati kalau suami melakukan itu semua karena cinta dan sayangnya yang begitu besaaarrrr--cieee

5. Jaga Kepercayaan Pasangan

Kalau misal suami sudah mengizinkan istri keluar rumah bukan berarti jadi ajang kebebasan tanpa batasan. Istri pun harus menjaga kepercayaan dimanapun berada. Jaga bicara atau bercandaan dengan lawan jenis--seperlunya saja. Pulang tepat waktu. Saling menjaga kepercayaan akan menjadikan hubungan suami istri jadi harmonis. Jauh dari pertengkaran.

Posesif yang Positif

Posesif sepanjang itu positif tidak perlu ditakuti. Tidak usah juga pergi ke konseling. Karena itu bukanlah kekurangan bahkan penyakit. Posesifnya seorang suami bisa jadi suatu anugerah seorang istri.

Lihat saja di luar sana, berapa banyak para istri yang mengeluh akibat memiliki suami yang terlalu cuek. Iya, saya setuju suami cuek tidak ada salahnya. Betul. Balik lagi ke teori di atas, sifat dan karakter kan berbeda-beda. Selama cueknya suami si istri nyaman ya enggak apa-apa banget.

Tapi banyak juga istri yang mengeluh saat suaminya kelebihan cuek. Nah, memiliki suami posesif tidak selalu menjadi sesuatu yang negatif. Selama posesif itu untuk kebaikan berdua, kenapa tidak?! Akhirnya pasangan selalu bisa menjaga hubungan tetap harmonis. Sang istripun selalu bahagia saat memiliki suami posesif.

Yuk, sama-sama terus belajar menjaga hubungan kasih sayang dengan pasangan. Eits, pasangan suami istri masing-masing yaaa, yang halal!.


Salam sehat dan bahagia.










Yang Belum Pernah ke Puncak Kosakora di Gunung Kidul, Yogyakarta Buruan Gih Kesana

puncak-kosakora-yogyakarta-travelling-asik
Sumber: dok.pribadi
Pengalaman tinggal di Yogyakarta tidak akan pernah saya lupakan. Banyak banget cerita, banyak banget kisah. Kalau mau ditulis bisa berbuku-buku banyaknya, hehehe (lebaayy--iyaa wkwkkw)

Saat sekolah di Yogyakarta untuk menempuh program master, saya dan keluarga menghabiskan waktu dengan berbagai cara, salah satunya kami suka banget jalan-jalan ke berbagai tempat indah di Yogyakarta. Selain dapat menyegarkan pikiran, cara ini bagus banget untuk mendekatkan orangtua dengan anak-anak. Kalau istilah kerennya sih bonding. Nah, salah satu kisah perjalanannya adalah wisata alam ke puncak Kosakora di Gunung Kidul, Yogyakarta. Siapa hayo yang baru denger namanya? Kayaknya sih banyak yang belum tahu puncak Kosakora ini. Yang belum pernah ke puncak Kosakora di Gunung Kidul buruan gih ke sana. Eitss tapi baca dulu kisah saya yaa, cekibrot!

Sekilas Puncak Kosakora

Menurut kabar berita yang bukan dari kabar burung. Puncak Kosakora adalah fenomena eksokarst di Gunung Kidul. Karst itu merupakan daerah kapur. Puncak Kosakora letaknya termasuk dalam deretan pantai Gunung Kidul di Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan pantai Drini dan persis deket dengan pantai Ngrumput (psst pantai ini juga eksotis banget). Udah deh, saya nggak perlu lagi kan ngejelasin soal Yogyakarta dan sekitarnya, Wisata alamnya ya ampun, buanyaaakkk banget. Katanya nih, karena di bawah puncak Kosakora itu ada pantai Ngrumput makanya disebut juga puncak pantai Ngrumput. Menurut saya puncak Kosakora ini belum hits banget lho, jadi buruan deh ke sana. Atau mungkin tahun 2020 ini sudah mulai ramai barangkali ya. Karena kunjungan saya ke sana tahun 2018 silam.
puncak-kosakora-yogyakarta-tempat-selfie-asik
Sumber: dok.pribadi

Cara Menuju Puncak Kosakora

Karena letaknya di deretan Gunung Kidul tentu saja kita harus menuju Kawasan Gunung Kidul untuk sampai ke puncak Kosakora. Bisa pakai motor asal sabar dan tabah di perjalanan ya. Bisa juga menggunakan mobil. Tenang aja, di perjalanan itu juga indah-indah banget jadi nggak akan bosen.

Jarak puncak Kosakora dari kota Yogyakarta sekitar 75 km. Lumayan lah buat perjalanan wisata yang asik banget--ini termasuk deket kok. Patokan peta kan jaman sekarang sudah canggih ya. Jadi kalian bisa langsung searching. Nah lokasi titik tibanya di pantai Drini, dari sana harus sudah parkir kendaraan. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kaki-kaki 'nakal', alias jalan kaki, hihihi.

trekking-menuju-puncak-kosakora-di-gunung-kidul-yogyakarta
Sumber: dok.pribadi
Untuk menuju puncak kita harus trekking sedikit sebelum sampai ke puncak Kosakora atau bukit Kosakora. Jangan khawatir, nggak terlalu jauh kok trekking-nya sekitar 900 m--hahah segitu nggak jauh ya? hihi. Sepanjang jalan menuju puncak, akan melewati sawah dan kebun penduduk serta bebatuan khas pantai. Hati-hati. Dan rasa lelah itu akan terbayar pas udah sampai di atas puncaknya. Superrrrrrr bangeeetttt.

Saat saya mengetik ini seketika melamunkan kenangan saat berada di sana. Henti sejenak membayangkan tiupan angin sepoi-sepoi menyentuh kerudung dan pipi. Mata ini tak berkedip melihat keindahan di depan mata. Ya Rabb, betapa indah bumi ciptaan-MU. Bersamaan dengan lamunan terhenti, airmata saya menetes, haru. Saya senang sekali pernah berada di sana, indah banget.

Tak perlu risau, di atas puncak Kosakora sudah ada toilet umum. Jangan lupa jaga kebersihan ya! Ada Warung kecil ada, waktu saya kesana baru ada 1 (satu) buah warung kelontong. Nggak cuma itu, di puncak juga sudah disediakan tenda dan perlengkapan kemping ceria lainnya untuk disewakan kepada para pengunjung yang ingin menginap menikmati bintang-bintang malam hari di atas puncak. Hayooo yang pacaran harus bareng sama kawan-kawan lain kalau ke sana terutama bila kemping ceria! Jangan merusak alam dengan perilaku pendosa ya! Bisa-bisa alam murka!

puncak-kosakora-gunung-kidul-yogyakarta
Sumber: dok.pribadi

Tiket Masuk Puncak Kosakora

Buat yang suka jalan-jalan di Yogyakarta pasti udah tau banget deh. Kalau jalan-jalan wisata alam di daerah Yogyakarta ini 3M yaitu murah meriah menyenangkaaaan. Harga masuk ke kawasan puncak Kosakora pun sangat terjangkau. Ringan di kantong banget. Saat saya ke sana tahun 2018 biaya untuk naik ke puncak saya bayar Rp. 2000/orang. Murah banget kaaan. Oiya saya lupa di parkiran kita bayar juga ya, waktu itu saya bayar 10.000 kalau tidak salah untuk mobil.
puncak-kosakora-gunung-kidul-yogyakarta
Sumber: dok.pribadi

Keindahan Puncak Kosakora di Gunung Kidul

Saya dan keluarga memang suka banget jalan-jalan ke alam. Waktu ke puncak Kosakora tidak sempat kemping ceria karena kami tidak bawa persiapan apapun. Saya baru tahu setibanya di puncak bahwa lokasinya bisa digunakan untuk kemping. Jadi saat ke sana hanya berencana jalan-jalan saja. Anak-anak senang sekali bisa berlarian di atas puncak. Walaupun pinggiran puncak sudah diberi pagar, tetap hati-hati ya.

Demikian kisah perjalanan saya bersama keluarga ke puncak Kosakora. Buat kalian yang belum pernah harus banget dicobain bahkan kemping ceria juga bisa. Jangan lupa ekowisata yaa, jaga kebersihan alam, jangan buang sampah sembarangan. Nggak ketinggalan jangan bermalam dengan yang bukan muhrim yaa, dosa! Jangan rusak citra pecinta kemping ceria dengan kelakuan yang minim guna.

Salam ngebolang...!





Hutan Papua Sebagai Wilayah Konservasi Dunia: Beradat Jaga Hutan Untuk Generasi Mendatang


hutan-papua-sebagai-wilayah-konservasi-dunia-beradat-jaga-hutan-untuk-generasi-mendatang
Sumber: econusa.id
"Hitam kulit...keriting rambut...kami Papua..."
Marthen: “mama, kenapa kitong pu kulit macam beda kah deng dorang Indonesia yg lain”
Mama: “kulit kitong memang beda, tapi kitong samua satu bangsa Indonesia”
Marthen: “mama, ibu guru de bilang di kampung Papua sangat indah ee dan harus kitong jaga!”
Mama: “betul, tapi kalo ko tra jaga Papua, tra akan indah lagi”
Marthen: “mama, sa ingin skali jaga Papua kitong pu kampung.”
beradat-jaga-hutan-papua-sebagai-wilayah-konservasi-dunia
Sumber: historia.id
Gugusan pulau-pulau terbentang dari ujung Utara Aceh hingga Merauke di bagian Selatan, itulah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pulau-pulau itu memiliki hutan yang terbentang memberi manfaat pada manusia. Sandang, pangan, dan papan dipenuhi. Mineral, batubara, emas digali. Hutan pun memberikan nafas pada manusia--pada dunia. Dengan adanya hutan suhu bumi terjaga, untuk manusia oksigen yang dihirup dari alam akan menjadi energi bagi tubuh. Sudahkah kita menjaganya?

Sekilas Tentang Konservasi

Hutan hujan tropis Indonesia terbesar ada di Kalimantan dan Papua. Disebut hutan hujan tropis karena terletak di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Curah hujan pada hutan hujan tropis ini berkisar antara 1.800 - 2.000 milimeter per tahun. Ini menyebabkan tingkat kelembapan hutan sangat tinggi, itulah sebabnya hutan Indonesia selalu hijau.
hutan-hujan-tropis-papua-sebagai-wilayah-konservasi-dunia
Hutan yang selalu hijau tentu kaya akan sumber daya alam. Vegetasi dalam arti jumlah makhluk hidup maupun sumber daya alam begitu melimpah. Tanah, air, udara, dan cahaya matahari menyebabkan hutan Indonesia memiliki kekayaan luar biasa. Kekayaan alam dari hutan Indonesia bahkan mampu menjadi paru-paru dunia. Untuk itu manusia harus pula menjaganya sebagai wilayah konservasi dunia. Beradat jaga hutan untuk generasi mendatang. Melalui konservasi hutan, alam akan terus memberi kebaikan.

Apa itu Konservasi ?

Konservasi berasal dari kata Conservation yang terdiri dari kata con (together) dan servare (keep/save) yang bermakna upaya memelihara apa yang kita punya (keep/save what you have).

Menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia, konservasi diartikan sebagai salah satu pengelolaan sumber daya alam yang menjamin pemanfaatanya secara bijaksana, sehingga mutu dan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan dapat dipertahankan untuk menjamin pembangunan yang berkesinambungan.

Konservasi dalam konsep peraturan di Indonesia disebut juga konservasi sumber daya alam hayati merupakan pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya (Pasal 1 angka 2 UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya-KSDAHE).

United Nations Environment Programme (UNEP) menyatakan bahwa makna konservasi meliputi konsep pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan, baik untuk generasi saat ini maupun generasi mendatang.

Tujuan Konservasi

Konservasi ini bertujuan untuk melindungi tempat hidup berbagai jenis makhluk hidup dari kerusakan, misalnya disebabkan oleh longsor, erosi, kebakaran, dan sebagainya. Selain itu konservasi bertujuan untuk melindungi tumbuhan dan hewan dari ancaman kepunahan.

Kriteria Wilayah Konservasi

Wilayah konservasi memiliki kriteria tertentu, yaitu wilayah tersebut memiliki berbagai jenis hewan, tumbuhan, dan bentang alam yang lengkap. Adapun kriteria wilayah konservasi sebagai berikut:
  1. Ekosistemnya stabil dan memiliki organisme penting di dalamnya.
  2. Wilayahnya bebas dari ancaman kerusakan.
  3. Wilayahnya memiliki keanekaragaman yang tinggi dan memiliki daya tahan tinggi pada perubahan lingkungan.
"Papua dalam bahasa melayu artinya rambut keriting" 

Hutan Papua Sebagai Wilayah Konservasi Dunia

Hutan Papua hampir 70 (tujuh puluh persen) dari luas wilayahnya. Papua memiliki luas 32,0 (tiga puluh dua koma nol) juta hektar dan sebesar 30,0 (tiga puluh koma nol) juta hektar merupakan hutan. Perlindungan atau pelestarian alam Indonesia bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja, melainkan kita semua. Untuk apa? Agar kita tetap dapat menghirup udara yang bersih, memiliki lingkungan yang sehat, dan kehidupan manusia tetap berlanjut dari generasi ke generasi selanjutnya. Menjaga alam atau istilah lainnya melakukan konservasi harus diterapkan dari Sabang hingga ke Merauke--dari Aceh hingga Papua.

Papua terletak di Pulau Nugini (New Guinea) bagian barat, kini terbagi menjadi 2 (dua) wilayah provinsi yaitu Provinsi Papua sebelah timur dan Provinsi Papua Barat atau dulu dikenal dengan Irian Jaya Barat.
peta-papua
Sumber: econusa.id
Papua kaya akan sumber daya alam mulai dari tumbuhan, hewan, dan mineral lainnya. Papua merupakan tempat tinggal bagi 15.000 - 20.000 jenis tumbuhan, 602 jenis burung, 125 jenis mamalia, dan 223 jenis reptilia. Sangat banyak bukan?! Ya, tentu saja, Papua memiliki alam dan hutan yang masih sangat terjaga keasliannya.
Cagar alam merupakan kawasan suaka alam yang karena keadaan alamnya memiliki kekhasan satwa, tumbuhan dan ekosistem atau berupa ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami (UU No. 5 Tahun 1990 tentang KSDAHE).
Untuk itulah hutan Papua merupakan wilayah konservasi dunia karena sebagian besar wilayahnya masih berupa hutan belantara dengan sumber daya alam melimpah di dalamnya. Sebagai salah satu wilayah konservasi dunia Papua harus dilindungi bersama-sama dari ancaman pencemaran dan kerusakan. Wilayah mana saja sih yang termasuk ke dalam wilayah konservasi di Papua? Berikut adalah wilayah yang termasuk ke dalam kawasan konservasi Papua berdasarkan penilaian Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (Balai BKSDA) Papua yang harus bersama-sama kita jaga agar tetap lestari dan berkelanjutan. Tentu hal ini dilakukan juga untuk generasi mendatang.

Wilayah Konservasi Papua dan Papua Barat

wilayah-konservasi-papua-dan-papua-barat-sebagai-konservasi-dunia
Sumber: econusa.id

Ekowisata Papua sebagai Destinasi Hijau

Dalam rangka melindungi hutan Papua sebagai wilayah konservasi dunia, pemerintah dan semua pihak bahu membahu menjaga kelestarian dan keberlanjutan hutan Papua. Tak dapat dipungkiri keindahan Papua terbentang dari segala penjuru wilayahnya. Keanekaragaman budaya dan bentang alam membuat Papua menjadi syurga wisata. Inilah kenapa Papua menjadi #DestinasiWisataHijau. Untuk itulah ekowisata hadir dalam kombinasi wisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial, budaya, ekonomi, masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Ekowisata mulai diterapkan pada wisata-wisata yang ada di Papua agar tetap menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan alam Papua. Berikut wisata Papua yang selalu menjadi #DestinasiHijau dengan konsep #ekowisata.

Pemandangan

Wisata pemandangan paling banyak diminati di Papua. Ini terbukti dari banyaknya destinasi hijau di sana. Konsep ekowisata pemandangan ini berupa wisata yang menawarkan objek-objek alam seperti pantai, air terjun, dan terumbu karang. Selain wisata alam, ekowisata dalam konsep pemandangan berupa wisata flora (hutan, tumbuhan langka, tumbuhan obat-obatan), fauna, hewan langka dan endemik, serta pemandangan perkebunan (misal perkebunan teh dan kopi).
hutan-papua-sebagai-wilayah-konservasi-dunia-beradat-jaga-hutan-untuk-generasi-mendatang
Sumber: econusa.id

Petualangan

Ekowisata dalam konsep petualangan tentu saja berupa kegiatan yang dilakukan di alam bebas seperti lintas alam, berselancar, naik gunung, paralayang, dan berburu misalnya berburu babi hutan. Kesemuanya ini merupakan contoh dari ekowisata petualangan.
taman-nasional-teluk-cendrawasih-di-hutan-papua-sebagai-wilayah-konservasi-dunia

Kebudayaan dan Sejarah

Ekowisata dalam rangka kebudayaan dan sejarah merupakan kegiatan wisata berupa kunjungan ke suku terasing, kerajinan tangan, peninggalan bersejarah misalnya candi, benteng, museum dan sebagainya.
noken-khas-papua

Penelitian

Ini biasa dilakukan berupa kunjungan penelitian terhadap hewan dengan melakukan pendataan, selain itu melakukan penelitian kerusakan alam, pencemaran, kebakaran, reboisasi, dan lain-lain.
deforestasi-hutan-papua-sebagai-wilayah-konservasi-dunia

Sosial, Konservasi, dan pendidikan

Misalnya pembangunan fasilitas umum di dekat objek wisata, pembuatan sarana komunikasi, kesehatan, reboisasi lahan gundul, pendidikan dan pengembangan sumber daya masyarakat.
lokakarya-econusa-dalam-rangka-jaga-hutan-papua

Bersama EcoNusa Jaga Hutan Papua

EcoNusa atau EcoNusa Foundation sebuah Yayasan Masyarakat yang mengusung visi kedaulatan masyarakat dibidang pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan. EcoNusa bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di daerah baik itu pemerintah maupun lembaga non pemerintah dengan satu tujuan yaitu mengelola hutan secara transparan dan akuntabel berbasis penguatan masyarakat lokal. EcoNusa bergerak bukan hanya di sisi kehutanan saja melainkan juga kelautan. EcoNusa turut menjaga kelautan dengan cara melakukan perbaikan tata kelola dan pengelolaan sumber daya laut yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.
"EcoNusa: Nature-Culture-Conservation"

Nilai-nilai Organisasi EcoNusa

nilai-nilai-organisasi-econusa-dalam-rangka-jaga-hutan
  1. Keadilan Sosial dan Lingkungan : EcoNusa selalu mengutamakan keadilan sosial dan kesetaran dalam setiap program-programnya khususnya bagi orang-orang yang terpinggirkan atau lemah di mata hukum.
  2. Kesetaraan : EcoNusa memahami konsep kesetaraan pada setiap orang menurut perannya masing-masing. EcoNusa selalu mengedepankan kesetaraan dan setiap orang harus dihargai dan dihormati karena setiap orang memiliki nilai-nilai sebagai manusia.
  3. Transformasi : Dalam hal tertentu EcoNusa juga menyadari diperlukan adanya inovasi dan gerakan-gerakan nyata dalam rangka perubahan ke arah yang lebih baik.
  4. Akuntabilitas : Rasa tanggung jawab menjadi nilai yang selalu EcoNusa jaga, dengan rasa tanggung jawab pada diri sendiri maka akan melahirka tanggung jawab bersama dalam segala hal, ini yang menjadi salah satu nilai dari EcoNusa.
  5. Integritas : Penuh integritas bahwa dengan nilai ini EcoNusa selalu rendah hati dan menjaga transparansi dalam setiap kegiatannya.
  6. Excellence : Selalu berusaha melakukan yang terbaik dan pantang menyerah terhadap kesulitan yang menghadang merupakan prinsip dari EcoNusa.
  7. Inclusiveness : EcoNusa terbuka bagi siapa saja dan tidak membeda-bedakan ras, suku, budaya, kedudukan dan sebagainya karena EcoNusa percaya setiap orang dapat memberikan kontribusi kepada alam dan lingkungan. Untuk itulah EcoNusa merangkul setiap perbedaan.
Visi EcoNusa: Kedaulatan Masyarakat Untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkeadilan dan Berkelanjutan
EcoNusa berdiri tahun 2017, meski baru berusia 3 (tiga) tahun, EcoNusa sudah melakukan banyak sekali kegiatan dibidang perlindungan pengelolaan hutan dan kelautan. Didirikan oleh Bustar Maitar seorang tokoh penggiat lingkungan yang lahir dan besar di Papua menjadikan EcoNusa sebagai oase baru wadah dalam menjaga kelestarian dan keberlanjutan hutan dan kelautan. Saat ini EcoNusa memfokuskan kegiatan di Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Hal ini dikarenakan daerah tersebut tutupan hutannya masih terjaga utuh sehingga harus dijaga untuk generasi mendatang.
Sumber: econusa.id
EcoNusa menyatakan bahwa Papua merupakan daerah dengan masyarakat adat terbesar di Indonesia. Kearifan lokal, budaya dan praktik menjaga hutan lahir dari masyarakat adat tersebut sejak turun temurun. Dalam menjaga hutan Papua sebagai wilayah konservasi dunia, EcoNusa mempromosikan pembelajaran dan praktek di tingkat nasional dan internasional tentang pengelolaan sumber daya alam dengan melibatkan kaum muda baik di daerah Papua serta kaum muda yang berada di perkotaan.

SED atau Sekolah Eco Diplomacy yang berdiri sejak 2018 menjadi wadah EcoNusa dalam mendidik anak bangsa dengan misi menjaga kelestarian hutan dan sumber daya alam Papua. EcoNusa yakin bahwa pemuda adalah kunci dari pembangunan berkelanjutan. Pemuda memiliki peran yang sangat besar dalam mencapai perubahan serta mempertahankan hutan untuk generasi mendatang.
sekolah-eco-diplomacy-econusa
Sumber: econusa.id
Akhir 2019 yang lalu, EcoNusa dalam rangka menjaga hutan Papua sebagai wilayah konservasi dunia mengadakan Ekspedisi Mangrove di sepanjang pesisir selatan Papua Barat. Tujuannya untuk mengidentifikasi kawasan mangrove dan potensi sosial ekonomi bagi masyarakat lokal. Selain itu EcoNusa juga melakukan survey vegetasi dan keanekaragaman hayati daerah tersebut.

Salah satu bentuk konservasi tradisional masyarakat Moi di Sorong, Provinsi Papua Barat adalah Egek. Egek merupakan ketentuan atau aturan adat yang ditetapkan secara musyawarah oleh Suku Moi Kelim. Lewat musyawarah suku Moi menentukan zona laut dan hutan yang boleh dimanfaatkan sumber daya alamnya dan hal ini diatur dalam hukum adat. Egek berlaku juga untuk kekayaan laut.

Dalam tradisi Egek ini masyarakat dilarang menggunakan alat yang dapat merusak lingkungan seperti jaring dan racun (potasium), hanya diperbolehkan menangkap ikan menggunakan kail (yikmen), memanah (yafan), dan menombak (yakalak). Dalam adat Egek tidak boleh mengambil spesies yang dilindungi dan ditetapkan aturan adat.
Sumber: econusa.id
EcoNusa mendukung perlindungan dan pelestarian hutan Papua Barat salah satunya adalah Suku Moi Kelim, Desa Malagufuk, Sorong, Provinsi Papua Barat, video singkatnya dapat disaksikan di bawah ini:

Ekowisata Kekinian Ala EcoNusa

Sebagai generasi kekinian yang hobi banget jalan-jalan, mulai sekarang harus diterapkan prinsip ekowisata saat travelling ya. Menjaga hutan dan lingkungan tidak hanya di daerah yang masih banyak pegunungan atau wisata alamnya. Masyarakat di perkotaan atau generasi millenial kekinian juga dapat bersama-sama menerapkan prinsip ekowisata dimanapun berada, apalagi saat wisata. Ekowisata ala EkoNusa ini dapat kita terapkan dan mulai kita kampanyekan bersama, antara lain dapat dilihat di bawah ini.
  1. Membuang sampah di tempat sampah.
  2. Membawa botol minuman sendiri dan kotak/bekal makanan sendiri.
  3. Membeli dan menggunakan produk lokal daerah yang dikunjungi, mulai dari makanan khas daerah, kerajinan tangan asli daerah dan lain-lain.
  4. Menjaga dan mematuhi aturan yang ada di lokasi wisata terapkan selalu peribahasa "Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung".
  5. Mengajak teman, keluarga, dan orang lain menerapkan prinsip menjaga lingkungan dimanapun berada.

Beradat Jaga Hutan Untuk Generasi Mendatang

Tak dapat dipungkiri keberadaan masyarakat adat sangat besar pengaruhnya terhadap perlindungan dan pelestarian alam. Pada masyarakat adat ada kearifan lokal dan nilai-nilai budaya dalam mengelola hutan sebagai sumber kehidupan. Masyarakat adat memahami bahwa hutan harus dijaga ekosistemnya lewat kesederhanaan, lewat nilai-nilai kepercayaan dan adat istiadat--ini yang disebut beradat jaga hutan.

Memiliki ekosistem kaya dan beragam Papua wajib kita lindungi. Banyak sekali ekosistem Papua yang harus selalu dijaga, misalnya ekosistem laut, padang lamun, hutan, bahkan gua. Kesemua ekosistem tersebut sangat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat lokal, bahkan global. Misalnya, hutan itu memelihara kualitas air dan bisa mencegah erosi tanah. Ada juga mangrove yang merupakan tempat ikan berkembang biak. Hutan pun sebagai penyerap karbon dan mengatasi perubahan iklim. Betapa hutan sangat penting untuk kehidupan kita semua. Menerapkan ekowisata mulai dari sekarang sudah bukan lagi hanya slogan. Tapi harus mulai diterapkan! EcoNusa mengajak kita semua mulai menjaga hutan antara lain dengan cara sebagai berikut:
  1. Hemat penggunaan kertas dan minyak sawit.
  2. Hemat listrik.
  3. Menanam pohon.
  4. Mengurangi sampah dan menerapkan 3 R (Reuse, Reduce, dan Recycle).
  5. Memperkaya diri dengan isu lingkungan.
  6. Mengajak teman, keluarga, dan orang sekitar untuk menjaga lingkungan.
Sebagai wilayah konservasi dunia, hutan Papua harus selalu kita jaga dengan kearifan lokal agar Papua tetap menjadi #DestinasiWisataHijau. Yuk! Bersama EcoNusa kita beradat jaga hutan demi generasi mendatang!

Buat yang penasaran apa saja sih program-program yang ada di EcoNusa dan bagaimana bergabung menjadi bagian dari salah satu penjaga hutan dan lingkungan atau berdonasi bersama EcoNusa dalam program-programnya silahkan kunjungi EcoNusa di alamat berikut ini yaaa...

Alamat:
Rumah EcoNusa 
Jalan Maluku Nomor 35 RT 6 RW 5
Gondangdia, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350

Facebook: EcoNusa Foundation
Instagram: @econusa_id
Twitter: @econusa_id
Youtube: EcoNusa_TV

lomba-blog-wonderful-papua-sebagai-wilayah-konservasi-dunia


Artikel ini saya ikutsertakan dalam Blog Competition "Wonderful Papua"

#BeradatJagaHutan
#PapuaBerdaya
#PapuaDestinasiHijau
#EcoNusaXBPN
#BlogCompetitionSeries




Fagetti Supplier Marmer Terlengkap: Marmer Impian Bukan Lagi Khayalan

fagetti-sebagai-supplier-marmer-terlengkap-dengan-motif-dan-jenis-yang-unik
Sumber: fagetti.com
Industri marmer di Indonesia menggeliat seiring bertambahnya gedung-gedung bertingkat. Sejurus itu pertambahan penduduk berbanding lurus pula dengan kebutuhan masyarakat terhadap bangunan sebutlah perkantoran, perhotelan, apartemen hingga hunian--tentu bertambah tinggi pula permintaan pada industri marmer dibuatnya. Lain orang lain pula selera dan keinginan, bagi industri marmer tentu ini menjadi tantangan sekaligus peluang.

Peluang industri marmer di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap bangunan akan selalu dekat dengan potensi kekayaan alam--rentak sedegam langkah sepijak. Keduanya akan selalu dekat. Hal ini tak lepas dari bahan baku yang diperlukan senyatanya adalah batu alam, kekayaan mineral puluhan juta tahun, yang susun menyusun tersimpan di alam.

***
Gaung tentang kekayaan alam Indonesia biasa terdengar di telinga. Negeri elok bak Zamrud Khatulistiwa ini memiliki pesona luar biasa. Berada di lintasan garis khatulistiwa membuat Indonesia menyimpan berbagai kekayaan alam beraneka. Kekayaan alam Indonesia itu terbentuk dari banyak sekali faktor alam yang saling kait mengait. Kekayaan alam atau disebut juga sebagai sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam terbagi menjadi 2 (dua) yaitu sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup contohnya manusia, hewan, tumbuhan. Yang kedua adalah sumber daya alam non-hayati merupakan sumber daya alam yang berasal dari benda mati atau tak hidup, contohnya air, udara, tanah, logam, minyak bumi, bebatuan dan sebagainya.

Gemah ripah loh jinawi, begitu istilah untuk menyebut betapa Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah ruah. Ada 3 (tiga) faktor utama yang menyebabkan sumber daya alam Indonesia sangat besar yaitu faktor astronomi, perairan, dan geologi. Misalnya saja berbagai jenis keanekaragaman hayati terbentuk karena Indonesia beriklim tropis yang mengakibatkan curah hujan tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan hidup dan berkembang biak--sisi astronomi.
Sumber: fagetti.com
Tentu masih lekat diingatan istilah "Nenek Moyangku Seorang Pelaut", istilah inipun tak lepas karena kekayaan laut Indonesia sejak dulu kala. Memiliki lautan yang sangat luas dari sebagian besar wilayahnya berdampak pada melimpahnya kekayaan terumbu karang, jenis-jenis hewan laut dan sumber mineral bawah laut yang tak kalah hebat.

Belum selesai sampai disitu, masih ada lagi faktor terbentuknya kekayaan alam Indonesia dari sisi geologi. Geologi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI disini merupakan ilmu tentang komposisi, struktur, dan sejarah bumi. Kekayaan alam Indonesia kalau dilihat dari sisi geologi terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik, inilah sebabnya banyak pegunungan yang kaya akan mineral. Salah satu mineral yang tersimpan dalam bumi dan bisa dimanfaatkan masyarakat adalah batuan alam. Batuan alam yang dulu dipakai sebagai perkakas rumah tangga pada zaman purba kini bergeser karena manusia menemukan cara membuatnya indah dan mewah. Ternyata banyak sekali jenis batuan alam yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia serta bernilai jual salah satunya adalah marmer.

Sekilas tentang Marmer

Marmer dalam bahasa Yunani disebut 'mur' atau 'murmur' atau 'murmurous' artinya batu yang mengkilap. Marmer disebut juga batu pualam merupakan salah satu jenis batu kapur atau gamping yang mengalami proses kristalisasi ribuan tahun dari batuan mineral kalsit dan dolomit--ini yang disebut batu gamping. Marmer dibentuk dari jenis batuan beku ekstrusi maksudnya disini terbentuk dari proses pembekuan magma yang merupakan cairan silikat pijar dengan suhu 1.500-2.500ยบ Celcius--disebut juga batuan vulkanik. Marmer juga masuk ke dalam jenis batuan metamorf yaitu batuan peralihan yang berasal dari batu gamping dan berubah akibat adanya perubahan suhu serta tekanan. Proses geologi hingga terbentuknya batu marmer butuh waktu 30 hingga 60 juta tahun. Dapat dibayangkan betapa lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan marmer berkualitas dan penuh dengan nilai keindahan.
"Each Slabs Has a Unique Beauty"
Di Indonesia persebaran marmer antara lain ada di daerah Provinsi Aceh, Lampung, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan. Provinsi Jawa Timur khususnya Kabupaten Tulungagung menjadi daerah penghasil marmer terbesar di Indonesia sejak zaman Belanda hingga sekarang.

Marmer banyak digunakan sebagai bahan furniture atau perkakas rumah tangga dan bangunan lainnya seperti perhotelan, perkantoran, apartemen, tempat peribadatan dan sebagainya. Contoh barang-barang yang terbuat dari marmer antara lain meja, jam, lantai, dinding, hiasan dinding, guci, lampu hias, tiang rumah. Keindahan barang-barang yang terbuat dari batu alam ini mampu memikat mata dan rasa.

Keunggulan Marmer

Jenis dan Motif Yang Unik

Marmer memiliki keindahan berdasarkan guratan atau garis-garis pada permukaannya. Setiap marmer memiliki keindahan guratan dan garisnya sendiri--ini yang membuat jenis dan motif marmer unik dan beragam. Belum lagi kebeningan pada marmer tak perlu diragukan, kadang bak mutiara berkilauan. Selain itu marmer memberikan kesejukan baik itu dilihat maupun dirasakan.

Mudah Dalam Perawatan dan Tahan Lama

Marmer yang tercipta jutaan tahun menjadikannya memiliki kekuatan terbaik. Ketahanan marmer sudah dipastikan bertahan lama. Kehalusan permukaan marmer yang digunakan tidak akan berubah dari masa ke masa. Selain itu marmer mudah dalam perawatan sehari-hari, noda dan kotoran sulit sekalipun mudah membersihkannya.

Mudah Dibentuk

Keunggulan lain dari marmer yang mendunia bahwa marmer mudah dalam pembentukannya. Berbagai bentuk yang unik, rumit, dan tipis dapat tercipta dari marmer. Hal ini yang menjadikan marmer dapat diaplikasikan ke dalam berbagai kebutuhan mulai dari rumah, hotel, apartemen, kantor dan seluruh ruangan di dalamnya.

Ramah Lingkungan

Gencarnya kepedulian menjaga lingkungan hidup tetap lestari dan berkelanjutan membuat marmer menjadi pilihan. Sebagai salah satu produk batu alam, marmer memiliki keunggulan tetap dapat digunakan berulang-ulang karena ketahanan dan kekuatannya yang tahan lama--ini mengapa marmer disebut ramah lingkungan.
fagetti-industri-marmer-indonesia
Sumber: fagetti.com
Mau tahu bagaimana proses singkat pembuatan marmer sebagai salah satu batuan alam, berikut prosesnya:
  1. Dimulai dari kegiatan penambangan yaitu mulai dieksplorasi dalam bentuk bongkahan-bongkahan besar dan kecil
  2. Kemudian akan dipotong-potong atau block cutting untuk memotong marmer menjadi slab atau papan atau istilahnya diiris.
  3. Marmer juga digergaji atau istilahnya dalam industri marmer di cross cutting pada bagian ujungnya agar rata.
  4. Proses calibrating atau diratakan permukaannya sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  5. Marmer akan didempul agar permukaannya rata dan menutupi pori-pori atau lubang-lubang kecil sehingga tampak indah dan alami.
  6. Proses poles atau polishing agar permukaan marmer licin dan kinclong.
  7. Barulah proses cross cutting tahap akhir atau pemotongan tahap akhir sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Fagetti Sebagai Supplier Marmer Terlengkap

Geliat Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap di Indonesia patut menjadi sorotan. Strategi yang digencarkan tak ketinggalan dengan perkembangan zaman dan kekinian, ini dapat dilihat dalam mahakarya yang dihasilkan. Bernaung di bawah PT Fajar Inti Gelora atau dikenal dengan nama Fagetti perusahaan marmer ini siap mengekspansi dalam memenuhi kebutuhan keindahan bangunan di Indonesia. Adalah Ferdinand Gumanti, pendiri PT Fajar Gelora Inti yang menyatakan bahwa Fagetti berdiri sejak tahun 1986 dan memiliki pangsa pasar menengah ke atas. Pangsa pasar tersebut dipilih dikarenakan persaingan terhadap produk China yang murah namun berkualitas rendah. Ferdinand Gumanti dan Fagetti berhasil mendapat julukan "Master of Art Stone" di Asia pada tahun 2014 oleh Antica Libera Corporazione Dell'Arte Della Pietra di Italia atas dedikasinya terhadap industri batu alam.
fagetti-supplier-marmer-terlengkap-di-indonesia
Sumber: fagetti.com

Dielu-elukan sebagai produsen sekaligus supplier batu alam grade premium di Indonesia, Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap menawarkan berbagai karya-karya orisinil artistik dalam mengolah batu alam antara lain onyx, granit, marble atau marmer, dan travertine. Keunikan yang diberikan oleh Fagetti mampu menggugah nilai-nilai estetika dan keindahan. Keeksklusifannya dapat dilihat dari koleksi yang ada di showroom dan juga pabrik Fagetti di Cibitung, Bekasi dengan luas area 23 hektare.
"Fagetti The Art of Natural Stone"
Berikut video singkat mengenai #FagettiWorld (sumber EDGE TV):


Fagetti Sebagai Supplier Marmer Terlengkap Dengan Jenis dan Motif Yang Unik

Manusia berdasarkan penciptaannya selalu menyukai keindahan. Hunian atau bangunan yang indah dan nyaman mampu meningkatkan motivasi positif dalam mengerjakan banyak hal. Rasa nyaman dan keindahan ditambah bonus kemewahan merupakan langkah awal Fagetti mencari kualitas terbaik dalam setiap produknya. Berikut beberapa jenis batuan alam dari mahakarya Fagetti:

Travertine

Travertine terbentuk dari batu kapur atau batu gamping. Ciri Travertine guratan atau berserat dan berpori atau lubang-lubang alami biasanya didominasi dengan warna putih, coklat, dan krem.

Onyx

Konon onyx terbentuk dari endapan silika dan rongga gas di lava sehingga menghasilkan guratan dan garis di permukaannya. Nuansa onyx bervariasi mulai dari merah, oranye, coklat, hitam, dan putih. Onyx ini dikatakan jenis batuan bening dan tembus cahaya.

Granit

Jenis batu alam satu ini keindahannya sangat memukau. Batu alam ini masuk kategori batuan beku yang bersifat asam. Dibentuk dari pembekuan magma dalam bumi. Biasanya granit ditandai dengan warna-warna netral yang cantik seperti putih dan abu-abu atau kombinasi kedua warna tersebut.

Limestone

Batu alam ini mengandung aragonit dan kalsit. Aragonit dan kalsit ini terbentuk kristal dari bahan kalsium karbonat. Menurut sebagian ahli Limestone terbuat dari rangka hewan seperti molusca, karang dan sebagainya. Warna yang mendominasi biasanya abu-abu, putih, beige dan lain-lain.

Basalt

Masuk ke dalam kategori batuan beku ekstrusif yaitu batuan beku vulkanik yang berasal dari magma di dalam bumi. Warna yang biasanya ada pada batuan beku ini adalah abu-abu dan hitam.

Quartzsite 

Jenis batu alam ini masuk ke dalam jenis batuan metamorf non-foliasi dan seluruh bagiannya tersusun oleh kuarsa. Bentukannya akibat dari panas, tekanan dan ditambah unsur kimia metamorfosa. Biasanya warna yang diberikan oleh jenis batu alam ini yaitu warna putih dan abu-abu.

Bukan Fagetti namanya kalau puas hanya dengan jenis dan motif biasa batuan alam. Tak tanggung-tanggung Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap memberikan 900 (sembilan ratus) jenis dan motif yang sangat bervariasi untuk setiap produk yang ditawarkan pada pelanggan dan ini tentu akan terus dikembangkan.

Fagetti berkomitmen terus memberikan kepuasan terhadap permintaan baik di bidang ritel dan korporasi. Aliasnya untuk pasar ritel sendiri, marmer yang ditawarkan Fagetti rata-rata digunakan untuk memperindah rumah hunian kelas menengah ke atas, sedangkan untuk pasar korporasi, marmer yang dipasarkan oleh Fagetti mampu menyempurnakan kemegahan sejumlah proyek prestisius di beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta.
"We challenge ourselves to be the forerunners, the problem solvers, the company that overcomes limits and sets the bar for quality. Wether serving designers or homeowners, we pride ourselves on our eyes for details."
Untuk Jakarta sendiri kemegahan mahakarya Fagetti dapat dilihat pada InterContinental Hotel Pondok Indah, Penthouse Menara Astra, Pantai Indah Kapuk (PIK) Office, Park Hyatt - MNC Media Tower, District 8 Office & Residence, Arkadia Tower, Jakarta Box, Apartment Casa Grande, South Quarter, Pondok Indah Residence, Anandamaya Residence, Menara Kompas, Kota Kasablanka Mall, La Vie Condominium dan International Financial Centre 2.
fagetti-supplier-marmer-utama
Sumber: fagetti.com

Keunggulan Fagetti Sebagai Supplier Marmer Terlengkap

Presisi dan Konsistensi

Fagetti menggunakan mesin dari negara Italia yang sudah terkenal kedetilan dan kesesuaian serta ukuran yang presisi berdasarkan keinginan para arsitek, interior designer, product desaigner. Dengan mesin pemotong berkecepatan tinggi, setiap potongan serta ketebalan yang diberikan begitu konsisten dan sangat tegas. Demi keseriusan Fagetti dalam menghasilkan produk berkualitas, Fagetti memiliki laboratorium sendiri dalam rangka menguji kekuatan dan kualitas batu alam sebelum diciptakan.

Desain Unik dan Ekslusif

Fagetti sangat memahami bahwa setiap potongan batu alam memiliki keunikan dan keindahannya sendiri--each slabs holds a unique beauty. Marmer memiliki keindahan dan keunikan berbeda dari semua jenis batu alam. Setiap marmer memiliki corak atau desain yang unik dan ekslusif. Hal ini membuat Fagetti unggul di pasaran karena memiliki ciri khas dan motif yang jarang ditemukan di pasar lokal bahkan internasional.

Mesin Berteknologi Tinggi

Dalam mengikuti perkembangan teknologi dan kekinian Fagetti terus belajar untuk memberikan mahakarya terbaik. Ini dibuktikan Fagetti lewat teknologi mesin dari negara Italia 5-AXIS 3D CNC yang mampu menghasilkan inovasi marmer tembus cahaya juga mampu menciptakan tekstur dari marmer polos menjadi bergaris atau bergelombang. Fagetti juga mampu memberikan keindahan marmer sampai pada potongan setipis 3 milimeter untuk dapat digunakan dalam menghias pintu, langit-langit, lantai lift dan sebagainya--ini yang Fagetti sebut sebagai marmer melayang. Fagetti menjanjikan bahwa setiap pelanggan akan selalu mendapatkan desain terbaiknya sebagai mahakarya terindah dalam hunian.

Ketepatan Waktu

Fagetti selalu mengedepankan komitmen dalam ketepatan waktu. Dengan integritas yang tinggi setiap produk Fagetti selalu siap untuk dikirimkan kepada pelanggan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Selain itu Fagetti memberikan layanan purna jual kepada pelanggan--after sales service. Patutlah Fagetti sebagai supplier marmer utama di Indonesia.

Integritas

Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap yang menjaga kepuasan pelanggan hadir dalam setiap kebutuhan dan keinginan masyarakat. Tidak saja membuat indah dan mewah suatu bangunan seperti perkantoran, perhotelan, apartemen, dan hunian, Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap juga turut andil memberikan kemegahan mahakarya dalam tempat peribadatan. Terbukti dari Masjid Suciati Saliman, Yogyakarta mempercayakan Fagetti dalam memberikan kemegahan dan keindahan bagi bangunan masjid tersebut. Tentu ini makin mengukuhkan integritas Fagetti agar selalu memberikan karya terbaik di semua bidang.

Futuristik

Tak lekang oleh waktu, produk Fagetti mampu memberikan jaminan bahwa keunikan jenis dan produknya memberikan keabadian dan selalu indah dari masa ke masa. Fagetti juga selalu mengikuti perkembangan zaman, ini dibuktikan dengan memiliki semangat kebaruan untuk terus belajar memenuhi keinginan dan kebutuhan. Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap terus mengembangkan ide-ide terbaik dari anak bangsa untuk menghasilkan produk yang memiliki keunikan dan desain ekslusif. Fagetti terus mengikuti tren-tren kekinian semata-mata agar tak ketinggalan zaman dan mengikuti keinginan pasar melalui keindahan dan kemewahan produk. Dengan teknologi jet air shapemill yang dimiliki Fagetti mampu membuat bentuk-bentuk tak biasa seperti motif bunga, burung, patung, dan berbagai bentuk relief lainnya.
desain-marmer-dari-fagetti-supplier-marmer-terlengkap
Sumber: fagetti.com

Pameran Mahakarya Fagetti Sebagai Supplier Marmer Utama

The Stone Forest

Berkolaborasi dengan desainer interior terkemuka Indonesia Alex Bayusaputro, Hadi Komara, dan Amalya Hasibuan, Fagetti mengadakan pameran megah bertajuk The Stone Forest pada tanggal 17-21 Mei 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City Hall 8-9 Tangerang. Dalam pameran tersebut Fagetti memberikan suguhan keindahan hutan dengan konsep batu alamnya. Pameran ini menyampaikan pesan bahwa batu alam yang kuat dan tegas dapat menjadi lembut bahkan bening seperti air dan ini tentu mampu menggugah rasa siapapun, inilah yang ditawarkan Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap dari setiap produknya.

Masih dalam perhelatan yang sama, Helen Gumanti sebagai Direktur Eksekutif Fagetti Group menyampaikan bahwa sebagai pembawa tren marmer di Indonesia pameran tersebut merupakan media komunikasi kepada pelanggan dan masyarakat bahwa Ferdinand Gumanti dan Fagetti akan selalu memberikan inovasi terbaik dalam dunia marmer.
pameran-the-stone-forest-dari-fagetti-sebagai-supplier-marmer-utama
Sumber: fagetti.com

The Stone Chambers

Di tahun 2018 Fagetti kembali mengadakan pameran bertema The Stone Chambers di ICE BSD City Hall 8-9, Tangerang. Kolaborasi dengan Alex Bayusaputro dari Genius Loci dan Fared Masdoeki dari Hadiprana ini mengusung tentang sinema klasik. The Great Gatsby dan Tim Burton's Alice in Wonderland begitu Fagetti menyebutnya. Konsep pameran ini memberikan kesan keindahan pada lantai dansa di era kisah klasik tersebut. Pesan yang disampaikan dalam pameran ini untuk menggugah lima pancaindra yang ada pada manusia melalui batu alam.
pameran-fagetti-sebagai-supplier-marmer-utama-indonesia
Sumber: fagetti.com

Maison 12 Suite Apartment The Colours of Indonesia

Modernisasi di segala bidang telah memberikan peluang bagi Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap dalam memenuhi keinginan pemilik apartemen terhadap keindahan dan kemewahan marmer. Dengan konsep Maison 12 Suite Apartment The Colours of Indonesia, Fagetti memberikan konsep hunian apartemen yang elegan dan detil. Kolaborasi kesederhanaan dengan modernisasi mampu lebur dalam pameran yang diselenggarakan pada 14-23 September 2018 di Senayan City, Jakarta. Fagetti ingin membangkitkan gairah pemuda-pemudi agar menyadari dan makin mencintai kebudayaan Indonesia melalui seni dan desain.
fagetti-sebagai-supplier-marmer-terlengkap

fagetti-sebagai-supplier-marmer-utamafagetti-sebagai-supplier-marmer-utama

Determining The Latest Trends In Marble Architecture

Pada pagelaran yang bertema Determining The Latest Trends In Marble Architecture ini Ferdinand Gumanti mengajak para arsitek muda yang sedang mencari referensi dan inspirasi penggunaan marmer dalam proyek yang dikerjakan. Teknologi baru dari Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap mempersembahkan bahwa Fagetti mampu membuat tampilan marmer lebih artistik dan berkelas. Pameran ini diselenggarakan pada tanggal 21-25 Agustus 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.
pameran-fagetti-sebagai-supplier-marmer-terlengkap-dengan-jenis-dan-motif-unik
Sumber: fagetti.com

The Stone Portal: Time Travels

Pandemik global wabah COVID-19 turut dirasakan oleh Fagetti. Indonesia Building Technology Expo (INDOBUILDTECH) yang sedianya akan diselenggarakan pada 1-5 April 2020 harus ditunda demi memprioritaskan keselamatan dan kesehatan peserta dan pengunjung pameran. Pameran ini rencananya akan bertajuk tematik dengan konsep The Stone Portal: Time Travels dimana pengunjung akan diajak berkeliling dalam mesin waktu dengan balutan nuansa batuan alam yang indah dan ekslusif pada masa Borobudur, Taj Mahal, dan Katedral tercipta. Untuk pameran ini Fagetti melakukan kerja sama dengan empat orang desainer berpengalaman dan bertaraf internasional selama puluhan tahun yaitu Alex Bayusaputro-Genius Loci, Faried Masdoeki-Hariprana, Thomas Elliot-PAI, dan Sammy Hendramianto-SHS. Tunggu saja kemegahan yang ditawarkan melalui perjalanan menarik ke dalam mesin waktu.
pameran-fagetti-sebagai-supplier-marmer-terlengkap
Sumber: fagetti.com

Sponsor Pameran Divine Touch 25 Years of Weaving Luxury

Menjadi Sponsor Marmer di Pameran Divine Touch, yang diselenggarakan oleh Interni Asia "25 Years of Weaving Luxury", Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap memberikan persembahan terbaiknya. Perhelatan akbar ini merupakan ajang untuk merayakan kiprah Interni Asia setalah 25 tahun menjadi distributor material interior fabric. Kolaborasi yang dilakukan pun dengan 5 (lima) desainer fashion terkemuka di Indonesia yaitu Sebastian Gunawan, Didi Budiharjo, Eddy Betty, Adrian Gan dan Rinaldy A. Yunardi. Selain itu kolaborasi dilakukan juga dengan 5 (lima) desainer interior yaitu Thomas Elliot, Sammy Syamsulhadi Hendramianto, Agam Riadi, Prasetio Budhi, dan Shirley Gouw. Fagetti menyediakan marmer dan granit dengan keunikan dan keindahan pada acara tersebut.

Fagetti Untuk Negeri

Langkah sinergi membangun negeri juga dilakukan Fagetti. Dalam rangka mendukung pembangunan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang produktif Fagetti menjalin kerja sama pembangunan pabrik dan pengelolaan batu alam di Aceh. Bukti keseriusan tersebut dapat dilihat pada kunjungan Pelaksanan Tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir. NOva Iriansyah, M.T. ke lokasi pabrik Fagetti pada tanggal 27 Januari 2019 silam. Selain mengelola sumber daya alam khususnya batu alam, Fagetti diminta untuk melakukan trasnfer knowledge sehingga sumber daya manusia Aceh lebih maju. Tidak hanya sampai disitu, Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap ingin mengembangkan bisnis pertambangan melalui pembangunan pabrik dan pengembangan bisnis tambang batu alam dengan melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan demikian, Fagetti juga memberikan manfaat yang besar untuk negeri. Selain Aceh, Fagetti pun memiliki rencana akan membangun tambang di daerah Makassar, namun ini belum dapat direalisasikan mengingat banyaknya birokrasi dan perizinan yang harus dilalui oleh Fagetti.
fagetti-sebagai-supplier-utama-marmer
Sumber: fagetti.com

Beberapa Mahakarya Fagetti Sebagai Supplier Marmer Utama (sumber: fagetti.com)

Testimoni Untuk Fagetti Sebagai Supplier Marmer Terlengkap

Sonny Nyono Riswondo

Adalah Sonny Nyono Riswondo seorang pengusaha yang memiliki kepuasaan tinggi terhadap Fagetti supplier marmer terlengkap di Indonesia. Pemiliki Golden Tulip Holland Resort Malang ini menyatakan bahwa Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap mampu memenuhi ekspektasinya terhadap keindahan dan kemewahan sebuah mahakarya. Kelengkapan jenis dan motif serta kualitas yang tak diragukan membuat penguasaha Sonny setia pada keindahan produk dari Fagetti. Fagetti mampu memberikan pelayanan dan after sales yang baik. Belanja di Fagetti bikin tenang, aman, dan puas--one stop shopping. Bahkan Sonny menambahkan setelah kunjungannya di Benua Eropa selepas melihat pameran keramik dengan lugas Sonny menyatakan bahwa Fagetti merupakan supplier marmer terlengkap di Asia Tenggara--wow hebat kan! Hal ini dikarenakan Sonny melihat dalam pameran di Eropa tersebut produk terbaik yang dipamerkan juga dimiliki oleh Fagetti sehingga konsumen Indonesia tidak perlu kesulitan harus impor dari luar negeri yang memakan biaya sangat tinggi--belilah di Fagetti.

Mira Agusnani

Arsitek perempuan yang memiliki nilai rasa tinggi terhadap keindahan ini menyatakan bahwa Fagetti memiliki kualitas terbaik pada setiap produknya. Fagetti memiliki corak yang beragam dan unik, tambahnya lagi. Sejak tahun 2006 Mira mengenal Fagetti dan setiap mengerjakan proyek rumah mewah Mira selalu merekomendasikan Fagetti sebagai pilihan utama sebagai supplier marmer terlengkap di Indonesia karena memiliki kualitas, keunikan, dan kekhasan produk yang tak diragukan. Belum lama ini Mira mengerjakan proyek rumah mewah milik seorang pengusaha di daerah Menteng, Jakarta Pusat dengan kebutuhan marmer tak tanggung-tanggung untuk rumah seluas 3.000 meter persegi--Fagettilah pemasok utama marmer rumah mewah tersebut.

Bersama Fagetti Marmer Impian Bukan Lagi Khayalan

Fagetti sebagai supplier marmer terlengkap dengan jenis dan motif unik memiliki dedikasi tinggi dan berintegritas dalam membangun negeri, Fagetti hadir dalam memenuhi aspek ekonomi bangsa dan membangun generasi muda untuk maju bersama Fagetti. Menjadi pioneer dalam industri marmer nasional maupun internasional dengan komitmen dan tanggung jawab, Fagetti sebagai industri marmer memberikan pelayanan terbaik hingga purna jual. Tak dapat dipungkiri bahwa masa depan Indonesia bersama Fagetti akan memberikan peluang cerah demi terwujudnya kesejahteraan bangsa. Kesejahteraan inilah yang menjadi impian sebagaimana produk-produk berkualitas tinggi dari Fagetti yang selalu memberikan kepuasan bagi siapapun pelanggannya. Kita bisa intip di akun instagram dan facebook Fagetti untuk lihat-lihat produknya atau menghubungi kontak yang tersedia bila hendak mengetahui perihal harga. Kini, marmer impian bukan lagi khayalan. Kalau saya dan yang lain saja sudah puas dengan produk Fagetti, kamu kapan?

Fagetti Building - Gallery
Jalan Mangga Dua Raya - Harco Mangga Dua Blok F Nomor 2-4, Jakarta 10730
Open Daily: 9 AM to 6 PM, Close on Public Holiday
Telepon: (021) 6121132
Email: info@fagetti.com
fagetti-sebagai-supplier-marmer-terlengkap-dengan-jenis-dan-motif-yang-unik
Sumber: fagetti.com 
Sumber: fagetti.com

Artikel ini saya ikutsertakan dalam Blog Competition "Fagetti Blog Competition"
yang di selenggarakan oleh PT Fajar Gelora Inti atau Fagetti.


#Fagetti
#MarmerTerbaik
#MarmerFagetti
#FagettiWold
#FagettiWorld



Referensi:


1. fagetti.com;
2.Modul Geogologi: https://www.sci.ui.ac.id;
3. Sejarah Batu Alam: https://www.ilmugeografi.com.

proud to be a part of: