Cara Mencari Keyword Artikel Yang Mudah dan Efektif

cara mencari keyword artikel yang mudah dan efektif

Salah satu cara agar artikel yang dibuat mudah ditemukan di mesin pencarian adalah dengan mencari keyword yang sesuai. Untuk membuat artikel memang tidak bisa sembarangan, karena tujuan dari artikel tersebut tentunya untuk mendapatkan banyak pengunjung ke website. Cara mencari keyword artikel atau riset keyword sebaiknya perlu diketahui, itu sudah menjadi dasar dari proses pembuatan artikel yang baik.

Riset keyword adalah suatu cara yang dilakukan untuk menemukan keyword yang relevan dengan pencarian yang dilakukan orang. Dengan melakukan riset, maka akan diketahui seberapa potensial sebuah keyword berdasarkan jumlah pencarian, tingkat persaingan ataupun nilai CPCnya.

Cara Mencari Keyword Artikel yang Mudah Dan Efektif

Untuk menemukan keyword yang potensial, biasanya menggunakan keyword tool khusus. Ini lebih efektif dibandingkan dengan hanya mengandalkan ide sendiri saja. Dibutuhkan data agar suatu keyword layak untuk dibuatkan artikel, dan itu memerlukan tools khusus untuk pencarian keyword.

Google Keyword Planner

Sebenarnya, Google Keyword Planner ditujukan oleh para pengiklan Google Ads yang ingin mencari keyword untuk iklannya. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin membuat sebuah artikel, tools ini bisa digunakan untuk riset keyword. Tools ini merupakan produk dari Google, sehingga data yang ditampilkan benar-benar valid. Anda bisa menemukan keyword dengan jumlah yang banyak melalui tools ini.

Cara mencari keyword artikel melalui tools ini sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke website tersebut, kemudian memasukan keyword utama di kolom yang disediakan.

Salah satu data yang penting yakni jumlah pencarian rata-rata setiap bulannya dapat diketahui melalui tools ini. Anda bisa menargetkan suatu keyword berdasarkan data tersebut. Perlu diperhatikan, semakin banyak jumlah pencarian, dapat dipastikan tingkat kesulitannya semakin tinggi.

Google Related Search

Keyword pendek memang memberikan peluang untuk mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang banyak. Namun persaingan yang ketat kerap kali menyulitkan untuk website masuk ke halaman pertama Google. Coba untuk menggunakan keyword turunan dari keyword pendek tersebut, untuk cara mencari keyword artikel bisa menggunakan Google Related Search.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan pencarian melalui Google Search. Kemudian scroll ke bawah sampai dibagian Penelusuran terkait atau Searches related.

Tulisan berwarna biru itulah keyword yang dihasilkan dari Google Related Search. Jadikan keyword tersebut untuk sebuah artikel agar tetap mendapatkan pengunjung karena persaingannya lebih rendah.

Google Trend

Untuk melakukan riset keyword gratis, bisa menggunakan produk Google lainnya yakni Google Trend. Untuk cara mencari keyword artikel sangat mudah, Anda hanya perlu memasukan topik yang ingin dicari di kolom yang disediakan.

Anda bisa mengatur beberapa opsi seperti negara, rentang waktu, kategori maupun jenis penelusurannya. Fokus pada kueri terkait untuk menemukan keyword yang sedang banyak dicari oleh orang di mesin pencarian.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui orang dari daerah mana saja yang banyak mencari topik tersebut. Keyword tools ini disediakan secara gratis oleh Google. Untuk menggunakannya, Anda juga tidak perlu login dengan akun Google, jadi sangat simpel digunakan.

Ubersuggest

Meskipun sudah menawarkan paket berlangganan, Ubersuggest tetap memberikan akses gratis untuk para penggunannya. Cara riset keyword dengan ubersuggest bisa dilakukan dengan mudah baik melalui laptop maupun smartphone.

Anda bisa menemukan keyword potensial berdasarkan domain kompetitor maupun keyword utama yang diketahui. Agar keyword yang dihasilkan lebih sesuai, pilih negara yang berkaitan dengan keyword yang ingin dicari.

Kelebihan keyword tools ini, Anda bisa mengetahui jumlah pencarian setiap bulannya, kemudian nilai CPC hingga tingkat kesulitan dalam persaingannya. Dengan mengklik salah satu keyword, Anda bisa mengetahui website mana saja yang berada di SERP. Sehingga bisa memutuskan akan menggunakan keyword tersebut atau tidak.

MOZ

MOZ merupakan salah satu keyword tool premium yang dapat digunakan secara gratis. Memang betul, fitur yang nantinya bisa digunakan oleh akun gratis dibatasi. Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menemukan keyword yang bagus menggunakan tool ini. Sebelum menggunakannya, Anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu.

Cara mencari keyword artikel sangat mudah untuk dilakukan. Bagi pemula pun, dipastikan tidak akan kesulitan untuk menggunakan keyword tool ini. Tidak berbeda jauh dengan tools lainnya, beberapa data dapat diketahui setelah memasukan keyword utama.

Data yang dimaksud berupa jumlah pencarian bulanan, keyword turunan, tingkat kesulitan maupun kompetitor. Jika website Anda masih baru, coba untuk memilih keyword dengan tingkat kesulitan yang rendah.

Keyword Shitter

Keyword tool yang satu ini lebih cocok untuk digunakan mencari keyword turunan. Keistimewaan dari keyword turunan ini adalah, persaingannya yang lebih rendah. Beruntung jika Anda menemukan kata kunci yang belum memiliki pesaing.

Bukan tidak mungkin website Anda akan kebanjiran pengunjung. Cara mencari keyword artikel dengan keyword tool bisa dilakukan dengan memasukan keyword utama ke kolom yang disediakan, kemudian klik Start Job.

Anda dapat menggunakannya secara gratis dan tanpa perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Ribuan keyword turunan bisa ditemukan melalui tool ini. Anda bisa menggunakannya sebagai kata kunci utama maupun turunan yang nantinya dimasukan dalam artikel. Semakin relevan, artikel yang dihasilkan akan semakin berkualitas dan berpengaruh ke SEO nantinya.

KW Finder

Keyword tool yang dikembangkan oleh Mango tools ini juga efektif untuk mencari keyword artikel. Dengan keyword tool ini, Anda bisa mencari keyword berdasarkan kata kunci utama dan juga domain kompetitor. Selain itu, bisa juga diatur lokasi (negara) dan juga bahasa agar keyword yang dihasilkan lebih relevan.

Untuk cara mencari keyword artikel bisa dibilang sangat mudah, namun Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Sama seperti tools lainnya, berbagai data penting yang berkaitan dengan keyword yang dicari juga bisa didapatkan.

Jika Anda menggunakan akun gratis, ada batasan untuk jumlah pencarian keywordnya. Maka dari itu, manfaatkan sebaik mungkin fitur yang masih tersedia untuk akun gratisan, jika diperlukan mungkin Anda bisa berlangganan.

SEMrush

Di kalangan profesional, SEMrush menjadi andalan untuk mencari keyword artikel. Akan tetapi, harga berlangganan tool ini cukup mahal, sehingga banyak yang hanya memanfaatkan akun gratis. Banyak orang yang menyebutkan data yang ditampilkan keyword tool ini lebih akurat. Wajar memang mengingat, SEMrush tergolong sebagai tool premium yang berkualitas.

Untuk cara mencari keyword artikel melalui SEMrush tetap bisa dilakukan dengan mudah. Sebelumnya, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu menggunakan email. Setelah itu, Anda bisa memasukan keyword yang ingin dianalisis, kemudian akan menemukan keyword turunan dengan data-data yang berkaitan. Akan tetapi, karena akun gratisan data yang ditampilkan tidak maksimal layaknya akun premium.

Kesimpulan Cara Mencari Keyword Artikel Yang Mudah dan Efektif

Itulah beberapa cara mencari keyword artikel yang bisa dilakukan dengan mudah. Keyword tools tersebut, dapat dimanfaatkan untuk menemukan keyword yang potensial untuk website Anda. Dengan keyword yang potensial inilah Anda bisa mendapatkan pengunjung dengan jumlah yang banyak. Manfaatkan terlebih dahulu dengan menggunakan akun gratis, jika dirasa bermanfaat baru mencoba untuk berlangganan.

Baca juga: Pentingnya Optimasi SEO On Page Off Page Website

Selamat mencoba dan belajar menerapkan teori dalam penulisan. Semoga sukses dan menjadi penulis produktif selalu.

Salam hujan.

Sharing is caring