Hujan di Jendela

Ekstrakurikuler Yang Bagus dan Paling Banyak Peminat

Ekstrakurikuler Yang Bagus dan Paling Banyak Peminat

Alohaa!!!

Sebentar lagi tahun ajaran baru udah mulai nih. Sibuk siapin seragam baru, sepatu baru, buku baru, tas baru semua serba baru. Etapi kalau yang lama masih bagus ya ngga usah beli lah.

Gimana dag dig dug ya, masuk kelas baru, teman baru semua serba baru. Semoga temen sebangku cocok, semoga gurunya asik-asik, temen cewek cakep-cakep, temen cowok ganteng-ganteng. Doa deh doa.

Trus pasti bayangin mau masuk ekskul apa ya biar ketemu jodoh, eh salah masih sekolah ngga boleh mikirin jodoh. Belajar woyy belajar dulu. Bingung ya milih ekskul apasih yang bagus dan banyak peminatnya.

Cuuss simak dulu tulisan ini yaa bahas Ekskul Yang Bagus dan Paling Banyak Peminat, cekidot! Atau kalau mau baca ekskul apa saja sih yang biasanya ada di sekolah bisa lihat disini.

5 Ekstrakurikuler Yang Bagus dan Paling Banyak Peminat

1. Pramuka

Pramuka biasanya menjadi salah satu ekskul yang hits banget di hampir setiap sekolah, ya ngga sih?! Iya donk iya hahaha maksa banget. Tapi serius pramuka itu sebenernya paket lengkap banget lho.

Pramuka mengajarkan banyak banget hal buat kita. Mulai dari baris berbaris ada, bikin tandu ada, latihan bangun tenda, bangun menara, sandi atau cara berkomunikasi rahasia, kepemimpinan, aduh banyak banget pokoknya yang didapat kalau ikutan ekskul satu ini. Asik banget kan.

Mirip banget kan sama ekskul lain yang di sekolah. Makanya Pramuka ini sebenernya paket lengkap banget. Semua bidang ekskul lain numplek disini. 

Pramuka juga sebagai salah satu ekskul yang sering banget lomba. Banyak banget lomba pramuka yang bisa dijadikan tolak ukur kekompakan. Ngga tanggung-tanggung wooyy kadang pramuka ngadain acara tingkat dunia. Gilss sekeren itu pokoknya.

Organisasi pramuka dianggap mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang mandiri dan berkepribadian. Orang yang dulunya ikut ekskul pramuka biasanya ketika di dunia kerja bisa banget untuk kerja tim. Karena mereka sudah terbiasa beregu dan saling bahu membahu.

Kalau kamu punya passion kemping atau berkemah, pramuka adalah pilihan yang kamu cari. Pramuka biasanya mengadakan acara di alam bebas guna melatih kemandirian dan survival di alam. Keren banget kan.

Ekstrakurikuler Yang Bagus dan Paling Banyak Peminat Cover Pramuka

2. OSIS

OSIS ini biasanya emang bagian dari perwakilan siswa di sekolah ya. Simpelnya gini kalau negara ada DPR MPR nah sekolah itu ada OSIS. Misal lho yaa kaya gitu deh, OSIS ini bagian dari perwakilan siswa.

Anak-anak OSIS biasanya didominasi sama murid-murid beken, cakep dan cantik. Mereka biasanya masuk OSIS biar beken di antara teman-teman 1 (satu) sekolah. Selain itu kadang anak OSIS punya akses ke guru-guru di sekolah lebih intens.

Banyak keuntungan bila jadi anggota OSIS karena kita jadi lebih dikenal di mata teman-teman, guru, dan perangkat sekolah lainnya. Paling ngga terasa deh bedanya kalau lebih dikenal sama yang ngga. Meski ada ngga enaknya juga sih.

OSIS ini biasanya punya program atau kegiatan yang sifatnya kepemimpinan gitu. Kadang kegiatan OSIS juga diadakan di luar sekolah. OSIS selalu tampil saat ada bencana dan musibah.

Selain PMR, biasanya saat upacara hari senin anggota OSIS juga dimintakan bantuan oleh guru. Bantuan dari anak OSIS ini berupa menjaga dan memantau teman-teman yang pingsan atau tidak kuat saat upacara berlangsung. Cool kan.

Saat terjadi bencana ataupun musibah biasanya OSIS dengan sigap akan menggalang dana dan bantuan sosial. Jadi, OSIS itu emang membentuk kepribadian kita menjadi pemimpin, mandiri, dan punya budi pekerti.

Kalau kamu punya passion sebagai pemimpin dan menghandle organisasi di sekolah, wajib banget masuk OSIS karena kamu akan merasakan gimana berada di antara orang-orang yang mewakili murid lainnya.

14 Jenis ekstrakurikuler dan alasan kamu memilihnya

3. Paskibra

Paskibra menjadi salah satu ekstrakurikuler yang bagus dan paling banyak peminat. Biasanya yang suka banget jadi pengibar bendera di sekolah pasti memilih masuk ekskul paskibra. Paskibra jadi penting banget setiap ada upacara.

Paskibra mengajarkan tentang kedisiplinan, kemandirian, dan kerja sama. Latihannya lebih banyak baris berbaris, panas-panasan, dan berjam-jam di lapangan. Fisik yang kuat dan sehat wajib banget untuk masuk salah satu ekstrakurikuler idaman ini.

Kakak senior atau pelatihnya rata-rata berbadan tinggi tegap dan gagah. Tak jarang juga lho mereka memiliki paras yang cantik dan tampan. Adik junior yang baru masuk sekolah biasanya memang mengincar ekskul dengan kakak-kakak berparas menarik kan?!hihi

Paskibra termasuk ekskul dengan kegiatan lomba cukup sering. Bila beruntung paskibra bisa menjadi paskibraka yang mengibarkan bendera merah putih di istana pada hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus. Tentu dengan persyratan yang ketat.

4. Basket

Ekskul berlatar belakang olahraga atau kegiatan fisik ini sebenarnya bukan cuma basket ya. Ada banyak jenis ekstrakurikuler bertema olahraga bisa jadi pilihan siswa. Salah satunya adalah ekskul basket.

Basket merupakan ekskul yang hampir di setiap sekolah menjadi pilihan yang banyak peminatnya. Memiliki anggota solid dari kelas bawah hingga kelas paling tinggi menjadikan basket emang layak dinobatkan sebagai ekskul yang bagus dan favorit karena paling banyak peminatnya.

Basket menjadi salah satu ekskul yang juga sering ikutan pertandingan di berbagai kejuaraan sekolah. Banyak pertandingan persahabatan antar sekolah yang menjadikan basket pilihan cabang lomba. Asik banget kan, selain badan sehat kalau beruntun bisa dapat hadiah kalau menang lomba.

5. Beladiri

Biasanya para orangtua ingin anaknya mandiri dan berani terutama bila ada keadaan yang mengharuskan si anak membela diri dalam keadaan terdesak. Untuk itu, biasanya orangtua menyarankan anaknya masuk ekskul beladiri. Dengan kegiatan beladiri anak-anak menjadi berani dan punya pertahanan diri dengan baik.
Jenis ekskul beladiri ada beberapa macam. Bisa pencak silat, taekwondo atau lainnya. Orangtua yang menginginkan anak laki-lakinya memiliki respon yang cepat, dalam keadaan terdesak, biasanya meminta anaknya untuk ikut ekskul beladiri. Keadaan terdesak misalnya bertemu dengan orang jahat yang akan memukulnya. Beladiri ini menjadi penting sebagai pertahanan diri dan jaga-jaga kalau ada orang jahat yang ingin melukai.

 

Beladiri

Kesimpulannya Ekskul Yang Bagus dan Paling Banyak Peminat

Kini, perkembangan ekskul di dunia sekolah atau kuliah semakin bertambah. Kegiatan positif yang dibentuk dalam wadah sebuah ekskul diharapkan mampu mengasah skill masing-masing peserta. 

Selepas sekolah atau kuliah pengalaman mengikuti ekskul akan memberikan nilai lebih. Sebab anak yang mengikuti kegiatan sosial memiliki kepribadian yang berbeda dengan anak yang tidak mengikuti kegiatan di sekolah.

Selamat memilih ekskul impian ya.

Sharing is caring