14 Jenis Ekstrakurikuler dan 8 Alasan Kamu Memilih Ekskul di Sekolah

14 Ekskul dan 8 Alasan kamu memilihnya

Sekolah itu masa-masa paling indah. Serius deh, karena masa sekolah itu lebih banyak waktu mainnya–ini sih menurut saya, hihi. Hayo pada setuju enggak?

Kalau yang enggak setuju pasti jaman SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas), kegiatannya cuma 2 (dua) sekolah pulang sekolah pulang yaa!

Ngacung deh yang masa SMP-nya lebih indah dari masa SMA? Hmm, tapi bervariasi sih ya, ada juga yang masa SMA lebih berbunga-bunga karena ditembak si dia misalnya, ahaayy!

Nah, masa-masa SMP dan SMA ini biasanya di sekolah banyak banget kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan bagi siswa baru.

Para kakak-kakak kelas dari masing-masing ekstrakurikuler biasanya sudah berlatih jauh-jauh hari sebelum menampilkan atraksi atau menyebarkan formulir pendaftaran ekstrakurikuler untuk menjaring anggota baru.

Apa aja sih biasanya ekskul di sekolah? Berikut 14 jenis ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Oh iya, tiap-tiap sekolah mungkin tidak sama jenisnya.

14 Jenis Ekstrakurikuler di Sekolah

1. Pramuka

Praja Muda Karana atau disingkat dengan Pramuka atau disebut juga dengan kepanduan merupakan kegiatan ekskul tertua di sekolah bahkan di Indonesia. Pramuka sudah ada sejak tahun 1923.

Wow! Sudah lama banget kan usia pramuka ini. Kegiatan pramuka mendidik kamu untuk belajar mandiri dan mengenal sandi-sandi lewat kode morse dan lain-lain.

Kegiatan lain dari ekskul pramuka ini, kamu akan belajar tali temali atau simpul hingga bertahan hidup atau survival di alam.

Dasadarma Pramuka diharapkan akan membentuk pribadi yang memiliki nilai-nilai luhur dengan budi pekerti yang baik bagi bangsa dan negara. Ini ekskul favorit dan terbaik waktu saya SMP.

Jenis ekstrakurikuler dan alasan kamu memilihnya

2. OSIS

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau biasa dipendekkan dengan OSIS merupakan ekskul yang biasanya banyak siswa beken-nya.

Biasanya di setiap sekolah, OSIS ini diisi oleh anak-anak berparas cantik dan ganteng. Tak jarang juga mereka berprestasi di kelasnya.

Sebenarnya masih simpang siur apakah OSIS bagian dari ekskul atau kegiatan wajib. Karena anggota OSIS termasuk juga seluruh siswa sekolah.

OSIS ini biasanya terdiri dari Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara dan Koordinator masing-masing bidang. Kegiatannya seperti bakti sosial, kegiatan amal, pentas seni dan sebagainya.

14 Jenis ekstrakurikuler dan alasan kamu memilihnya

3. Paskibra

Kegiatan ekskul paskibra ini identik dengan ekskul yang mengedepankan pelatihan baris-berbaris, menaikkan bendera, dan kedisiplinan.

Ekskul paskibra termasuk ekskul yang bergengsi juga di beberapa sekolah karena ada seleksi ketat untuk ikut ekskul ini. Seleksi yang dilakukan biasanya berupa tinggi badan dan berat badan.

Apabila tim paskibra di sekolah bagus, biasanya akan diikutsertakan dalam perlombaan tingkat kabupaten, kecamatan bahkan nasional.

Selain itu, ada pula yang diikutkan dalam seleksi penerimaan paskibraka tingkat nasional.

Paskibraka tingkat nasional diberi kesempatan turut serta dalam pengibaran bendera pusaka merah putih di istana negara saat peringatan 17 Agustus.

Seru dan bangga ya! Tapi biasanya seleksi paskibraka dilakukan kalau sudah duduk di bangku di SMA.

4. Palang Merah Remaja

Buat kalian yang memiliki jiwa tolong menolong dan bercita-cita menjadi dokter, biasanya akan memilih ekskul PMR.

Kegiatan PMR memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan atau (P3K). PMR ini biasanya selalu siap siaga saat upacara bendera di sekolah.

Jadi anggota PMR diminta untuk berjaga-jaga di barisan belakang siswa yang sedang upacara.

Tugasnya mengamati dan menolong peserta upacara bila ada yang sakit, jatuh atau pingsan.

Latihan mingguannya bermacam-macam antara lain belajar membuat tandu, membalut luka dan lain-lain.

 

5. Olahraga

Ekskul olahraga bisa bermacam-macam jenisnya. Ada basket, bulutangkis, renang, sepakbola atau futsal dan lain-lain.

Misalnya basket, ini sih enggak perlu panjang lebar pasti sudah pada tahu semua. Ekskul basket ini menjadi favorit karena biasanya banyak banget cowok-cowok beken dan berbadan tinggi tegap yang ikutan.

Belum lagi kalau mukanya lucu-lucu dan seger dilihat, hayo ngaku para gadis-gadis, bener apa bener!? Yap, biasanya ekskul basket lebih didominasi dengan anak laki-laki.

Tapi sekarang sih sudah banyak banget juga anak perempuan yang ikutan basket. Malah kadang lebih jago. Buat yang senang olahraga ini patut menjadi pilihan nih ekskul basket. Basket juga sering ikut lomba-lomba antar sekolah.

6. Pecinta Alam

Ekskul ini biasanya ada di tingkat SMA. Kegiatan ekskul pecinta alam hampir mirip dengan ekskul pramuka.

Namun ekskul pecinta alam lebih mengedepankan rasa cinta kepada alam. Kegiatannya pun seperti ke gunung, kampanye kebersihan tentang sampah di gunung dan lain-lain.

Biasanya kegiatan ekskul pecinta alam banyak dilakukan di luar sekolah.

Ekstrakurikuler Pecinta Alam

7. Menari/Dance

Ekskul menari atau dance ini biasanya banyak diminati oleh perempuan. Meski ada juga anak laki-laki yang senang dengan kegiatan dance. Dengan latar belakang mengangkat tema budaya biasanya ekskul ini akan mengajak anggotanya peduli pada tarian tradisional hingga modern. Kecintaan pada Indonesia dibuktikannya dengan menari tradisional berbagai daerah. Tak jarang pula ekskul ini sering ikut serta dalam berbagai perlombaan menari.

 

8. Beladiri

Jenis ekskul beladiri ada beberapa macam. Bisa pencak silat, taekwondo atau lainnya. Orangtua yang menginginkan anak laki-lakinya memiliki respon yang cepat, dalam keadaan terdesak, biasanya meminta anaknya untuk ikut ekskul beladiri. Keadaan terdesak misalnya bertemu dengan orang jahat yang akan memukulnya. Beladiri ini menjadi penting sebagai pertahanan diri dan jaga-jaga kalau ada orang jahat yang ingin melukai.

 

Beladiri

9. Marching Band

Ekskul marcing band biasanya memiliki anggota yang cukup banyak. Latihan marching band pun dilakukan bersamaan. Untuk itu, kegiatan marching band sering diadakan di lapangan-lapangan luas karena banyaknya anggota dan alat yang dipakai. Melatih kekompakan dalam memegang alat musik serta menghasilkan harmoni musik yang indah itulah salah satu tujuan ekskul marching band. Ekskul ini pun sering ikut lomba gaess!

 

10. Robotic

Tidak semua sekolah memiliki ekskul robotic. Di Jakarta hanya beberapa sekolah yang sudah memiliki ekskul robotic. Tujuan ekskul ini mencari bakat-bakat terpendam dari anggota yang memiliki hobi dan minat membuat robot. Kemudian, tentu saja akan diikutsertakan dalam perlombaan robotic bahkan bisa sampai tingkat dunia. Keren!

 

11. Drama/Teater

Bagi yang memiliki cita-cita jadi artis dan aktor, enggak ada salahnya untuk ikutan ekskul drama atau teater. Di sana kita akan belajar tentang seni peran dan teknik pernapasan. Dua hal itu akan selalu dilatih dalam ekskul drama atau teater. Bakat-bakat terpendam biasanya bermunculan nih di ekskul teater ini. Siapa sangka suatu hari bisa jadi artis atau aktor ternama.

 

Drama/Theater

12. Seni Musik

Ekskul seni musik mengajak anggotanya belajar seputar menyanyi dan memainkan alat musik seperti gitar, drum, bass dan lain-lain. Dalam ekskul ini biasanya ada band yang dibentuk. Sebuah wadah untuk menyalurkan bakat menyanyi dan bermain alat musik berbarengan bersama. Kalau ada pentas seni biasanya banyak yang ikut serta dari ekskul ini.

 

13. Mading/Jurnalistik

Kegiatan ekskul satu ini merupakan ekskul yang enggak kalah seru. Setiap sekolah biasanya ada mading atau majalah dinding. Di mading itulah semua kegiatan siswa dan informasi yang terkait dengan banyak hal akan terpampang nyata. Bahkan karya-karya seni seperti puisi atau pengumuman kontes perlombaan dan sebagainya. Untuk itu para anggota tim mading atau jurnalistik sangat berperan dalam mengisi mading sekolah. Seru banget kan!

 

Ekskul Mading atau Jurnalis

14. Keagamaan

Ekskul keagamaan merupakan ekskul yang kegiatannya berhubungan dengan keagamaan. Di sekolah biasanya di sebut rohani islam, kristen, budha dan lain-lain. Kegiatannya adalah seputar keagamaan dan peribadatan. Biasanya ekskul ini menjadi ekskul wajib selain ekskul lain yang menjadi tambahan.

 

Manfaat Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

 

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di luar jam belajar sekolah. Manfaatnya banyak banget, antara lain:

  1. Melatih kemandirian
  2. Melatih kekompakan
  3. Melatih kepemimpinan
  4. Melatih kerjasama
  5. Melatih rasa percaya diri
  6. Melatih keberanian
  7. Membuat badan sehat

Sebenarnya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler banyak banget manfaatnya. Baik pada saat sekolah ataupun di masa depan.

Saya merasakan banget manfaat mengikuti beberapa kegiatan ekskul jaman sekolah dulu.

Saat memasuki dunia kampus dan kuliah jadi lebih berani presentasi, berani bertanya kepada dosen saat kuliah dan lain-lain.

Manfaat ekskul pun saya rasakan juga ketika saya sudah bekerja di kantoran. Membawakan presentasi di depan pimpinan, mengikuti rapat atau meeting, cara berbicara dalam forum rapat.

Semuanya itu sudah terbiasa dilakukan sejak ikut ekskul. Seru banget kan!

Nah, kamu harus tahu nih passion kamu di mana, jangan asal pilih ekskul kalau tidak sesuai dengan minat dan bakat kita.

Kalau milih yang pas dengan minat dan passion kan siapa tahu kamu bisa berhasil dan sukses di ekskul itu, terus jadi terkenal terus makin banyak teman, diundang ke berbagai acara, dikasih uang jajan, pokoknya banyak deh faedahnya.

8 Alasan Memilih Ekskul

Berikut 8 (delapan) alasan memilih ekskul di sekolah yang bikin kamu tertarik banget gabung.

1. Minat

Alasan pertama ini pasti karena kamu beneran minat sama ekskul tersebut. Bahkan sudah kamu incer banget sejak awal masuk sekolah. Jadi semangat banget untuk mengikuti ekskul yang diselenggarakan di sekolah kan.

2. Belajar Mandiri

Rata-rata alasan memilih suatu ekskul biasanya karena ingin belajar mandiri. Karena biasanya kegiatan yang diberikan dari ekskul melatih kemandirian dan kerjasama para anggota.

 

3. Menambah Teman

Tak perlu diragukan lagi sih kalau ini. Memang dengan ikut serta dalam ekskul secara otomatis akan bertambah pertemanan. Kita jadi lebih banyak mengenal sifat dan karakter teman-teman.

 

4. Karena Teman

Enggak salah sih kalau kamu ikutan ekskul karena diajak teman. Suasana nyaman dan asik kan bisa terbentuk kalau kamu punya sekelompok teman yang frekuensinya sama, betul kan?! Mau ngapa-ngapain jadi seru rasanya. Nah, saat teman kamu ngajakin masuk ekskul yang sama dengan dia, tanpa pikir panjang kamu jadi ikut-ikutan deh.
Hayooo siapa yang ikutan ekskul karena teman atau gank-gank-an? hehehe.

 

5. Sering Lomba

Banyaknya lomba yang diikuti dan sering menang juga kadang jadi pilihan seseorang untuk ikutan ekskul. Karena jiwanya bersaing dan semangat bertandingnya tinggi, dengan ikutan ekskul bisa menyalurkan jiwa berkompetisi tersebut. Misalnya Pramuka, Paskibra, Robotic, Drama, Menyanyi dan lain-lain.

 

6. Kakak Kelas

Kalau ini alasannya personal nih. Kadang ikutan ekskul karena ada kakak kelas yang lucu di ekskul tersebut. Hayoo ngaku deh! Biasanya alasan ini dilakukan sama cewek-cewek sih. Kalau cowok, masih jarang ya.
Saat mendengar kakak kelas cowok yang jadi inceran atau gebetan-nya ada di salah satu ekskul, langsung deh ikutan ekskul itu juga, hihi. Langsung senyum-senyum kan yang merasa. Enggak apa-apa sepanjang itu bisa menjadi motivasi positif, makin kreatif dan semangat, silahkan.

 

7. Pelatihnya

Alasan ini pun biasanya dilakukan oleh cewek. Karena pelatihnya cakep-cakep langsung deh ikutan ekskul itu. Biar sering liat dan bisa memandangi wajahnya meski hanya dari kejauhan–ecieee. Tapi yang perlu diingat, jangan bawa perasaan banget ya. Karena kalau terlalu bawa perasaan nanti kecewa. Ingat pesan mama papa harus rajin belajar bukan rajin pacaran.

 

8. Jalan-jalan

Banyak ekskul yang kegiatannya tidak hanya dilakukan di sekolah. Misalnya pramuka, sering ada kegiatan perkemahan sabtu minggu atau persami. Paskibra kadang ada perlombaan bahkan kalau SMA ada seleksi sampai tingkat nasional. 

Pecinta Alam tentu sering mengadakan kegiatan di pegunungan dan sebagainya. Untuk itulah, alasan sering mengadakan jalan-jalan ini menjadi alasan ekskul tersebut dipilih. Karena suka jalan-jalan sekaligus menambah pengalaman.

Selesai deh, 14 (empat belas) jenis ekstrakurikuler dan 8 (delapan) alasan kamu memilih ekskul di sekolah. Banyak enggak yang relate sama kamu?

Tapi jangan lupa ya, meski kamu suka banget masuk ekskul dan seneng sama kegiatannya, jangan sampai lupa belajar ya.

Nilai rapot jangan sampai turun gara-gara banyaknya ekskul yang diikuti. Harus imbang. Jadi mama dan papa enggak akan marah.

Salam sehat dan bahagia.

Kesimpulannya Kalau Kamu Mau Ikutan Ekskul di Sekolah

Selesai deh, 14 (empat belas) jenis ekstrakurikuler dan 8 (delapan) alasan kamu memilih ekskul di sekolah. Banyak enggak yang relate sama kamu?

Tapi jangan lupa ya, meski kamu suka banget masuk ekskul dan seneng sama kegiatannya, jangan sampai lupa belajar ya.

Nilai rapot jangan sampai turun gara-gara banyaknya ekskul yang diikuti. Harus imbang. Jadi mama dan papa enggak akan marah.

Salam sehat dan bahagia.