puncak-kosakora-yogyakarta-travelling-asik
Sumber: dok.pribadi
Pengalaman tinggal di Yogyakarta tidak akan pernah saya lupakan. Banyak banget cerita, banyak banget kisah. Kalau mau ditulis bisa berbuku-buku banyaknya, hehehe (lebaayy–iyaa wkwkkw)
Saat sekolah di Yogyakarta untuk menempuh program master, saya dan keluarga menghabiskan waktu dengan berbagai cara, salah satunya kami suka banget jalan-jalan ke berbagai tempat indah di Yogyakarta. Selain dapat menyegarkan pikiran, cara ini bagus banget untuk mendekatkan orangtua dengan anak-anak. Kalau istilah kerennya sih bonding. Nah, salah satu kisah perjalanannya adalah wisata alam ke puncak Kosakora di Gunung Kidul, Yogyakarta. Siapa hayo yang baru denger namanya? Kayaknya sih banyak yang belum tahu puncak Kosakora ini. Yang belum pernah ke puncak Kosakora di Gunung Kidul buruan gih ke sana. Eitss tapi baca dulu kisah saya yaa, cekibrot!

Sekilas Puncak Kosakora

Menurut kabar berita yang bukan dari kabar burung. Puncak Kosakora adalah fenomena eksokarst di Gunung Kidul. Karst itu merupakan daerah kapur. Puncak Kosakora letaknya termasuk dalam deretan pantai Gunung Kidul di Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan pantai Drini dan persis deket dengan pantai Ngrumput (psst pantai ini juga eksotis banget). Udah deh, saya nggak perlu lagi kan ngejelasin soal Yogyakarta dan sekitarnya, Wisata alamnya ya ampun, buanyaaakkk banget. Katanya nih, karena di bawah puncak Kosakora itu ada pantai Ngrumput makanya disebut juga puncak pantai Ngrumput. Menurut saya puncak Kosakora ini belum hits banget lho, jadi buruan deh ke sana. Atau mungkin tahun 2020 ini sudah mulai ramai barangkali ya. Karena kunjungan saya ke sana tahun 2018 silam.
puncak-kosakora-yogyakarta-tempat-selfie-asik
Sumber: dok.pribadi

Cara Menuju Puncak Kosakora

Karena letaknya di deretan Gunung Kidul tentu saja kita harus menuju Kawasan Gunung Kidul untuk sampai ke puncak Kosakora. Bisa pakai motor asal sabar dan tabah di perjalanan ya. Bisa juga menggunakan mobil. Tenang aja, di perjalanan itu juga indah-indah banget jadi nggak akan bosen.
Jarak puncak Kosakora dari kota Yogyakarta sekitar 75 km. Lumayan lah buat perjalanan wisata yang asik banget–ini termasuk deket kok. Patokan peta kan jaman sekarang sudah canggih ya. Jadi kalian bisa langsung searching. Nah lokasi titik tibanya di pantai Drini, dari sana harus sudah parkir kendaraan. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kaki-kaki ‘nakal’, alias jalan kaki, hihihi.
trekking-menuju-puncak-kosakora-di-gunung-kidul-yogyakarta
Sumber: dok.pribadi
Untuk menuju puncak kita harus trekking sedikit sebelum sampai ke puncak Kosakora atau bukit Kosakora. Jangan khawatir, nggak terlalu jauh kok trekking-nya sekitar 900 m–hahah segitu nggak jauh ya? hihi. Sepanjang jalan menuju puncak, akan melewati sawah dan kebun penduduk serta bebatuan khas pantai. Hati-hati. Dan rasa lelah itu akan terbayar pas udah sampai di atas puncaknya. Superrrrrrr bangeeetttt.
Saat saya mengetik ini seketika melamunkan kenangan saat berada di sana. Henti sejenak membayangkan tiupan angin sepoi-sepoi menyentuh kerudung dan pipi. Mata ini tak berkedip melihat keindahan di depan mata. Ya Rabb, betapa indah bumi ciptaan-MU. Bersamaan dengan lamunan terhenti, airmata saya menetes, haru. Saya senang sekali pernah berada di sana, indah banget.
Tak perlu risau, di atas puncak Kosakora sudah ada toilet umum. Jangan lupa jaga kebersihan ya! Ada Warung kecil ada, waktu saya kesana baru ada 1 (satu) buah warung kelontong. Nggak cuma itu, di puncak juga sudah disediakan tenda dan perlengkapan kemping ceria lainnya untuk disewakan kepada para pengunjung yang ingin menginap menikmati bintang-bintang malam hari di atas puncak. Hayooo yang pacaran harus bareng sama kawan-kawan lain kalau ke sana terutama bila kemping ceria! Jangan merusak alam dengan perilaku pendosa ya! Bisa-bisa alam murka!

 

puncak-kosakora-gunung-kidul-yogyakarta
Sumber: dok.pribadi

Tiket Masuk Puncak Kosakora

Buat yang suka jalan-jalan di Yogyakarta pasti udah tau banget deh. Kalau jalan-jalan wisata alam di daerah Yogyakarta ini 3M yaitu murah meriah menyenangkaaaan. Harga masuk ke kawasan puncak Kosakora pun sangat terjangkau. Ringan di kantong banget. Saat saya ke sana tahun 2018 biaya untuk naik ke puncak saya bayar Rp. 2000/orang. Murah banget kaaan. Oiya saya lupa di parkiran kita bayar juga ya, waktu itu saya bayar 10.000 kalau tidak salah untuk mobil.
puncak-kosakora-gunung-kidul-yogyakarta
Sumber: dok.pribadi

Keindahan Puncak Kosakora di Gunung Kidul

Saya dan keluarga memang suka banget jalan-jalan ke alam. Waktu ke puncak Kosakora tidak sempat kemping ceria karena kami tidak bawa persiapan apapun. Saya baru tahu setibanya di puncak bahwa lokasinya bisa digunakan untuk kemping. Jadi saat ke sana hanya berencana jalan-jalan saja. Anak-anak senang sekali bisa berlarian di atas puncak. Walaupun pinggiran puncak sudah diberi pagar, tetap hati-hati ya.
Demikian kisah perjalanan saya bersama keluarga ke puncak Kosakora. Buat kalian yang belum pernah harus banget dicobain bahkan kemping ceria juga bisa. Jangan lupa ekowisata yaa, jaga kebersihan alam, jangan buang sampah sembarangan. Nggak ketinggalan jangan bermalam dengan yang bukan muhrim yaa, dosa! Jangan rusak citra pecinta kemping ceria dengan kelakuan yang minim guna.
Salam ngebolang…!

 23 total views