yamie-panda-wisata-kuliner-jogja
Sumber: dok. pribadi

Siapa sih yang ga kenal mie ayam ?

Kalau belum pernah makan mie ayam sungguh terlalu, memangnya hidup di jaman apa ? sampai ga pernah kenal mie ayam, hehehheheh
Penganan satu ini banyak sekali penggemarnya, tak tanggung-tanggung berbagai kalangan dari bawah, menengah, sampai kalangan atas, bahkan lintas usia sangat menggemari mie ayam.
Saya, sebagai salah satu penggila mie ayam sering berkelana mencari mie ayam enak dimanapun saya berada atau singgah.
Oke baiklah saya tahu, menurut catatan kesehatan dan berbagai saran dokter mengatakan bahwa mengkonsumsi makanan satu ini tidak boleh berlebihan, konon kabarnya tepung yang dijadikan mie ayam butuh waktu lama untuk dicerna oleh lambung kita di dalam perut, kasian kan kalau belum sempat hancur di dalam perut mie ayam sudah masuk lagi dan terpaksa mereka bekerja lebih ekstra lagi di dalam sana, hehehehhe
Saya jadi penasaran, darimana ya asal usul mie ayam ini, soalnya beberapa daerah menyatakan bahwa olahan mie ayam terenak biasanya lahir dari tangan-tangan para pedagang cina, mereka biasanya menjual mie ayam dengan cita rasa sungguh nikmat dan bikin ketagihan, lagi dan lagi.

Kisah Singkat Mie Ayam

Sejarah mie ayam mengatakan bahwa makanan berbahan dasar tepung terigu ini berasal dari negeri China, tepung diulen kemudian dibentuk panjang ketika matang biasanya ditambahkan dengan bumbu dan rempah-rempah serta ditambah topping di atasnya, kalau dari negara asalnya biasa ditambahkan dengan daging babi, di Indonesia dimodifikasi dengan ditambahkan daging ayam, jamur dll. Penyajiannya berbeda-beda, bisa langsung ditambahkan kuah kaldu atau terpisah, sesuai selera.

Yamie Panda Yogyakarta

Bagi para penggemar mie ayam di daerah Yogyakarta atau sekadar berkunjung ke DIY tak ada salahnya apabila hendak mencoba salah satu mie ayam yang paling enak versi saya ini. Namanya Yamie Panda, untuk daerah Yogyakarta, Yamie Panda ini memiliki beberapa cabang, lagi-lagi saya menulis bukan untuk kepentingan endorse, tetapi karena kesenangan berbagi hal yang menyenangkan atau sekedar pengalaman kuliner dan jalan-jalan.

Menurut saya Yamie Panda ini merupakan salah satu mie ayam terenak di daerah Yogyakarta, waktu itu saya makan di daerah Jalan Kaliurang (Jakal), ada sebuah gang yang di dalamnya terdapat cabang Yamie Panda ini. Tempatnya asik banget dan cozy untuk ngobrol-ngobrol santai bareng kawan. Nuansa China-nya sangat kental, tapi jangan khawatir, Yamie Panda ini menjamin kalau mie yang mereka hasilkan aman dan halal untuk dikonsumsi muslim atau orang islam.
yamie-panda-mie-ayam-terenak-di-yogyakarta-jogja
Sumber: dok.pribadi

Harga Semangkok Yamie Panda

Untuk Semangkok mie Yamie Panda polos (artinya tanpa topping) harga dimulai dengan 12K, ini saya lihat sekitar tahun 2018, nah harga naik terus ke atas bergantung dari tambahan pelengkap atau topping yang dipilih. Tapi jangan risau untuk harga dengan kualitas rasa, Yamie Panda tidak akan mengecewakan lidah pecinta mie ayam di seluruh nusantara. Karena rasa yang diberikan sangat enak dan sepadan dengan harga yang ditawarkan.

mie-ayam-paling-enak-di-yogyakarta-atau-jogja-adalah-yamie-panda
Sumber: dok.pribadi
Seringkali saya mendapati Yamie Panda daerah Jakal tersebut dengan antrian yang panjang. Baik itu pembeli langsung atau para abang ojek online sedang memesan untuk pelanggannya. Saran saya gunakan waktu-waktu yang tidak terlalu ramai, agar kita ga perlu antri lama. Misal sebelum jam 12 siang atau sebelum jam 18.00 sore. Kebayangkan kalau antrian panjang saat perut sudah keroncongan, alamaakk kelarrr deh bakalan kelaparan nungguin antrian yang mengular.
Disini para fakir kuota pun akan dimanjakan dengan wifi gratis, jadi sambil menyantap mie ayam kita tetap bisa berseliweran di dunia maya. Pssstt, saya kasih tau yaaa, kalau kamu jomblo dan ingin makan mie ayam di Yamie Panda, kamu ga perlu khawatir ataupun sedih, karena Yamie Panda menyediakan boneka panda besar untuk menemani kamu makan, asik banget kan, hihi
Bagi kalian penggemar mie ayam wajib coba nih kalau sedang main atau berkunjung ke Jogja
Selamat kuliner 🙂
mie-ayam-terenak-di-yogyakarta
Sumber: dok.pribadi