Hujan di Jendela

Tips Merawat Sepeda Motor Suzuki Yang Wajib Anda Simak

Tips merawat sepeda motor suzuki yang wajib anda simak

Sepeda motor Suzuki adalah salah satu kendaraan yang diminati oleh masyarakat, terutama mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Harganya yang lebih terjangkau daripada mobil serta praktis untuk dibawa melibas jalanan kota yang macet, menjadi alasan utama sepeda motor kerap jadi kendaraan sehari-hari. 

Sebagai kendaraan andalan untuk beraktivitas tiap hari, servis rutin atau tune up sepeda motor tak boleh dilewatkan bagi Anda para pemilik si kuda besi ini. Perawatan apa saja yang biasanya yang tak boleh dilewatkan setiap Anda melakukan tune up sepeda motor? Berikut ini rangkumannya

1. Ganti oli motor

Oli mempunyai peranan penting pada mesin sepeda motor agar tetap terlindungi dari dari gesekan. Tanpa oli baik itu oli mesin maupun oli transmisi, komponen yang ada pada motor akan berisiko aus dan rusak. Kualitas oli juga harus diperhatikan, karenanya ganti oli motor secara berkala termasuk sebagai perawatan mobil yang tak boleh Anda lewatkan. Lakukan penggantian oli mesin dengan jarak tempuh tiap 2500km hingga 3000km, sementara untuk ganti oli transmisi interval yang direkomendasikan adalah tiap 8000km.

2. Periksa Rantai Sepeda Motor

Meski terlihat sepele, perawatan rantai sepeda motor sangat penting bagi Anda para bikers. Kondisi rantai sepeda motor yang sudah rusak akan mempengaruhi kenyamanan bahkan keselamatan pengendara. Karena lakukan perawatan seperti memeriksa kekencangan rantai, pastikan tidak terlalu kencang atau longgar. Kemudian setelah menyetel rantai, berikan pelumas agar rantai terlindungi dari gesekan dan jangan lupa untuk memeriksa kondisi rantai secara berkala.

3. Cek kondisi Rem

Komponen sepeda motor yang satu ini merupakan komponen yang penting bagi keselamatan setiap berkendara. Tanpa kondisi rem yang baik, Anda akan kesulitan mengontrol laju sepeda motor dan bahkan bisa membahayakan pengguna jalan yang lainnya. Karenanya, pemeriksaan rem motor tidak boleh terlewatkan setiap kali Anda melakukan tune up sepeda motor. Lakukan pembersihan pada kampas rem secara rutin, kemudian posisinya kampas rem sudah benar. Cek apakah antara kampas rem dengan piringan cakram terdapat jarak, jika mendapati keduanya terlalu rapat segeralah untuk memperbaiki posisinya. Kampas rem dan piringan cakram harus berjarak agar keduanya tidak bergesekan dan mudah rusak. Kemudian lakukan juga pemberian pelumas pada bearing atau laher, serta cara lain agar kondisi rem lebih awet hindari juga terlalu sering melakukan pengereman mendadak saat berkendara.

4. Periksa kondisi ban

Ban sepeda motor adalah komponen yang bergesekan langsung dengan medan jalan. Tak jarang jalanan yang Anda lalui juga terjal, bergelombang, berlubang, bahkan penuh dengan benda-benda asing seperti kerikil tajam hingga ranjau paku. Karenanya, memeriksa kondisi ban menjadi agenda penting yang tak boleh dilewatkan. Lakukan perawatan sederhana seperti memeriksa tekanan angin apakah sudah pas, tidak terlalu tinggi atau kempes. Kemudian rutin membersihkan dari debu dan kotoran yang menempel, serta lebih berhati-hati dalam menggunakan sepeda motor seperti tidak membawa barang muatan berlebihan atau menghindari parkir motor di bawah matahari langsung. Perawatan pada ban motor yang disebutkan tadi akan menjaga ban jadi tetap awet.

5. Pemeriksaan kondisi lampu-lampu dan speedometer

Lampu motor juga merupakan bagian penting demi keselamatan berkendara. Tanpa lampu yang berfungsi dengan baik, jarak pandang akan terganggu dan membahayakan Anda serta pengendara lain. Tak hanya lampu utama, periksa juga kondisi lampu sign depan maupun belakang serta pastikan semua lampu sudah terintegrasi ke panel speedometer. Hal ini bertujuan agar Anda bisa dengan mudah memastikan apakah seluruh fungsi lampu sudah sesuai hanya dengan mengeceknya dari dashboard.

Itulah beberapa tips merawat sepeda motor Suzuki yang tak boleh dilewatkan setiap Anda melakukan tune up sepeda motor. Lakukan perawatan sepeda motor Suzuki kesayangan Anda hanya di bengkel resmi Suzuki.

Sharing is caring