Hujan di Jendela

Tips Belanja Online, Agar Tidak Mudah tertipu

Tips Belanja Online Agar Tidak Mudah Tertipu Cover 1

Di era modern seperti sekarang untuk melakukan sesuatu hanya perlu menggunakan internet. Tidak hanya mengirim pesan, melakukan belanja kebutuhan rumah juga bisa melalui internet. Semua makin mudah.

Kemudahan ini tidak terlepas dari berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun. Kemajuan teknologi berdampak pada makin pesatnya sistem belanja online. Makin banyak penjual yang bergadang memalui dunia maya ini menjadikan pengguna situs belanja bertambah banyak.

Bahkan pengguna situs belanja online mencapai 300 juta pengguna, dengan tingginya angka pengguna ini maka angka kriminalistas juga tinggi. Seperti toko online penipu, atau bahkan barang yang dikirim tidak sesuai yang tertera di situs onlie. Berikut tips belanja online yang bisa kamu simak

Manfaat Belanja Online Saat Pandemi

Belanja kebutuhan apa saja biasanya dilakukan secara langsung. Transaksi jual beli tersebut kadang diikuti dengan tawar menawar antara penjual dan pembeli. Namun sejak maraknya sistem belanja online, kini pembeli berpindah ke situs-situs belanja online terpercaya.
Pandemi menambah peningkatan kebutuhan pembeli untuk melakukan pembelian barang kebutuhan melalui online karena menghindari dampak virus corona atau Covid-19.

Pembeli akan melakukan banyak hal untuk menilai apakah suatu situs belanja online memang situs belanja terpercaya agar tidak kecewa. Sebab belanja online pembeli tidak bisa memegang barang yang akan dibelinya. Itu menjadi salah satu kekurangan.

Meskipun demikian, salah satu manfaat dari belanja online apalagi dimasa pandemi seperti ini. Pembeli tidak perlu datang ke lokasi pertokoan tertentu untuk membeli barang. Cukup melihat-lihat beranda toko online, membaca review atau kolom penilaian, kalau yakin bisa langsung membeli.

Berikut Tips Belanja Online Yang Bisa Kamu Simak

1. Cek Identitas dari Penjual

Ketika kamu berbelanja secara online, selalu cek website untuk memverifikasi data kontak yang terdaftar benar-benar ada. Hal yang perlu jelas dituliskan adalah nama perusahaan, alamat, email, dan nomor telepon.

Jangan langsung percaya dengan website yang memiliki nomor dengan ekstensi luar negeri karena belum tentu perusahaan itu berlokasi di sana.

2. Jangan Memberikan Informasi Pribadi yang Berlebih

Ketika membayar dengan kartu kredit, informasi yang dapat kamu berikan adalah detail kartu kredit (nomor kartu, CVV, dan tanggal expired kartu), alamat, dan nomor telepon. Jika website yang kamu kunjungi meminta informasi tambahan yang tidak perlu, kamu perlu mencurigainya. Jangan pernah memberikan data lain, terutama OTP yang dikirimkan ke nomor ponselmu pada siapa pun.

3. Selalu Cek Ulasan

Sudah jelas, semua aplikasi, toko atau apa pun itu yang berhubungan dengan belanja secara online, pasti terdapat bagian ulasan pelanggan. Ini harus diberlakukan agar pelanggan baru bisa memastikan bahwa yang mereka hadapi adalah toko atau perusahaan yang tepercaya.

Pastikan kamu membaca opini atau ulasan sebelum kamu membeli sesuatu secara online. Ulasan yang kamu lihat juga harus kamu perhatikan apakah itu ulasan asli atau palsu. Jadi, coba lebih teliti lagi ya!

4. Baca Kebijakan Toko atau Perusahaan

Perusahaan atau toko yang memiliki reputasi yang baik, mereka akan selalu memiliki kebijakan yang berlaku. Ini hal yang penting untuk mencari tahu bahwa perusahaan atau toko akan menggunakan informasi pribadi kamu hanya sebagai transaksi dan tidak menyalahgunakannya.

5. Cek Kebijakan dan Hak Pelanggan pada Toko atau Perusahaan

Penjual online harus menyediakan informasi yang jelas dan betul mengenai hak dan kebijakan sebagai pelanggan. Sebagai contoh, kamu memiliki hak menukar barang dalam kurun waktu 14 hari atau garansi setidaknya 2 tahun.

Jika toko atau perusahaan tidak memiliki atau tidak menyebutkan hal itu di dalam website-nya, coba pertimbangkan kembali untuk belanja di toko tersebut. Seharusnya kamu sebagai pelanggan memiliki hak untuk menukar barang jika dikirimi barang yang salah atau bukan pesananmu.

Kesimpulan Tips Belanja Online, Agar Tidak Mudah Tertipu

Itulah tips yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu, pastikan sebelum Belanja Groceries Online kamu juga sudah menentukan apa yang ingin kamu pilih dan sudah tau bentuk dan detail barang yang ingin kamu beli. Jika kamu menggunakan Astro terdapat pilihan produk banyak untuk referensi kantung belanjamu.

Sharing is caring