Hujan di Jendela

Tips Belajar Nyaman dan Efektif – Ujian Sukses

Tips Belajar Nyaman dan Efektif - Sukses Ujian

Belajar bagi sebagian orang memang menjadi kegiatan yang membosankan. Untuk itu 15 tips belajar nyaman dan efektif sangat diperlukan. Betapa tidak, kegiatan berdiam diri membaca atau memecahkan suatu soal sambil duduk berlama-lama bisa membuat jenuh.

Beda lagi ceritanya, bagi yang menyukainya, belajar bisa menjadi ajang “me time“. Me time ala anak rajin ini bisa membuat mereka refresh dan kembali semangat. Biasanya curiosity anak-anak yang me time-nya belajar sangat tinggi.

Suasana belajar turut berpengaruh terhadap konsentrasi belajar. Meskipun, lagi-lagi tidak semua orang harus belajar dalam kondisi tenang. Hingar bingar suasana sektar kadang juga bisa membangkitkan gairah belajar sebagian lagi.

Belajar nyaman dan efektif harus kita ciptakan. Agar kegiatan berdiam lama-lama ini dapat meningkatkan semangat dan hasilnya mendapat nilai yang memuaskan–aamiin.

Alasan Kamu Harus Giat Belajar Untuk Ujian

Sudah sejak dulu sistem belajar di Indonesia masih menerapkan ujian di akhir kegiatan belajar. Ujian dilakukan apabila materi sampai di tahap tertentu, biasanya tengah semester dan akhir semester. Setiap materi dan teori yang dipelajari akan diuji kembali pada saat ujian.

Hasil ujian menentukan apakah materi dan teori yang diberikan selama kegiatan belajar dipahami dengan baik. Untuk itu, sebelum ujian datang harus belajar agar materi yang pernah dipelajari tidak lupa. Sehingga saat ujian datang dapat menyelesaikan semua soal dengan hasil maksimal.

Alasan kamu harus giat belajar untuk ujian bukan saja untuk mendapat nilai baik, tetapi menunjukkan bahwa kamu mampu menyerap materi pelajaran yang diberikan oleh pendidik atau guru.

Waspada Sama Pengawas Ujian Tipe Ini

Ujian tengah semester biasanya diawasi oleh guru pelajaran tersebut. Sedangkan ujian akhir semester akan diawasi dengan guru lain sesuai dengan jadwal ujian di sekolah. Jadwal pengawas biasanya tidak diberitahukan kepada para siswa atau pelajar.

Waspadalah terhadap pengawas yang “tegas”. Meski tujuannya baik untuk mengawasi siswa, tak jarang pengawas tipe “tegas” ini ditakuti oleh para siswa. Misalnya saja, apabila ketahuan mencontek, pengawas tipe ini langsung mencatat namamu di buku catatannya untuk dilaporkan. 

Bahkan ada juga yang langsung merobek kertas ujian–kini tak ada lagi. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan siapa yang jadi pengawas ujianmu agar kamu dapat menyelesaikan soal ujian dengan tenang.

Mengatasi Malas Belajar Saat Ujian

Malas memang hampir menjadi teman dekat semua orang. Apalagi malas saat harus belajar karena ujian. Mengatasi malas belajar saat ujian bisa berbeda-beda bagi setiap orang.

Ada yang mencubit diri sendiri, ada yang ingat susahnya orangtua sudah menyekolahkan, ada yang harus dimarahi baru beranjak dari malasnya belajar. Kamu harus bisa berkomunikasi dengan diri sendiri, apa tujuanmu di hari depan nanti. Apa cita-citamu.

Kalau kamu ingin meraih sesuatu, ingin lebih sukses dari orangtuamu, yakinkan diri bahwa dengan menjalani sekolah dan ujian dengan baik suatu hari jerih payah itu akan berbuah manis. Hasil belajar giatmu pada saat ujian akan menjadikanmu sukses.

Pecut diri sendiri dengan keras bahwa tak ada yang sia-sia apabila kamu tekun belajar terlebih saat ujian datang. Malas tak akan merubahmu menjadi lebih baik dari keadaanmu sekarang. Orang hebat pun berawal dari tekun dan kegigihannya.

Tips Belajar Nyaman dan Efektif - Sukses Ujian

15 Tips Belajar Nyaman dan Efektif – Ujian Sukses

Belajar adalah proses memahami pelajaran atau teori yang sudah di dapat baik itu dari guru, dosen atau dari buku-buku yang dibaca. Kegiatan belajar memang sering membuat lelah dan bosan.

Untuk itu kita harus mengenali tips belajar nyaman dan efektif agar bisa sukses saat ujian. Sebenarnya manfaat belajar nyaman dan efektif bukan hanya agar ujian bisa sukses. Dengan belajar yang baik dan memahami apa yang kita pelajari tentu akan berguna dalam pekerjaan kita kemudian.

Berikut intip yuk, 15 Tips Belajar Nyaman dan Efektif – Ujian Sukses.

1. Tempat atau Lokasi

Alasan utama yang membuat seseorang belajar dengan nyaman dan efektif biasanya adalah tempat atau lokasi belajar. Tempat atau lokasi belajar ini dapat membangun konsenterasi dengan sangat baik. Untuk itu 15 tips belajar nyaman dan efektif ini saya awali dengan pilihan tempat atau lokasi belajar.

2. Musik

Pada dasarnya sebagian besar kegiatan belajar adalah di tempat sunyi sepi. Namun sebagian lain, ada juga yang menyukai suasana belajar full musik–contohnya saya. Mendengarkan musik atau suasana sepi sama-sama bisa membangun konsenterasi saya dalam belajar.

Bagi yang juga menyukai musik, bisa belajar sambil mendengarkan lagu-lagu kesukaan. Bernyanyi sambil belajar juga sangat mengasyikkan. Hati jadi senang, hormon naik dan semangat belajar ngga kalah baik.

3. Camilan

Untuk membuatmu nyaman saat belajar apalagi saat ujian, kamu bisa menyediakan camilan. Bagi sebagian orang camilan saat belajar mampu memberikan kenyamanan dan konsentrasi karena perut kenyang. Ini bisa disiasati dengan camilan yang tidak membuat berantakan. 

Selain camilan, kamu juga bisa menyiapkan minuman kesukaanmu saat belajar. Namun, perhatikan apabila kamu memilih belajar di perpustakaan apakah boleh membawa makana atau minuman.

4. Belajar Bersama Teman

Dalam membangun kepercayaan diri saat belajar sebagian orang lebih memilih belajar bersama teman. Ajaklah teman yang se-frekuensi denganmu dalam hal belajar agar diskusi yang terjadi dua arah. Syukur-syukur teman yang kamu ajak belajar dapat membantumu dalam menjawab dan menyelesaikan contoh soal yang ada.

Cara ini bagi sebagian orang cukup efektif karena dengan belajar bersama teman ada interaksi langsung sehingga lebih praktis dalam menjawab contoh soal.

5. Buat Catatan

Membuat catatan terkadang memudahkan kita untuk mengingat poin-poin penting yang harus dihafalkan. Catatan berguna agar sesudah belajar kita dapat membaca catatan tersebut kembali. Membaca kembali catatan tentu membuat kita tak lupa dengan materi yang sudah dipelajari.

Buat catatan seefisien dan seminimal mungkin namun tetap kembangkan materi secara keseluruhan dari catatan ringkasmu.

6. Fokus Dalam Belajar

Usahakan fokus dalam belajar agar materi pelajaran dapat diserap dengan baik. Fokus belajar biasanya dengan mendisiplinkan diri agar tidak terganggu dengan hal-hal yang menjadi penyebab tidak fokus contohnya handphone.

Atur mode silent pada handphone atau matikan handphone saat belajar agar fokus. Sebab bolak balik melihat handphone tentu akan mengganggu proses belajar.

7. Gerak Tubuh Bila Bosan

Terlalu lama duduk dan belajar tentu akan mengganggu kesehatan tubuh. Sebaiknya setelah setidaknya 1 (satu) jam duduk atau pada posisi yang sama berdiri dan bergerak dengan melakukan olahraga santai. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekakuan tubuh.

Dengan menggerakkan badan sambil berdiri tentu tubuh lebih rileks dan terhindar dari sakit punggung dan sebagainya.

8. Sesuaikan Jam Belajar

Sesuaikan jam belajar agar kamu belajar nyaman dan efektif. Biasanya ada yang senang belajar saat subuh hari, malam hari atau siang hari. Manapun tipe jam belajarmu gunakan waktu tersebut dengan baik dan maksimal.

Jam belajar yang efektif dapat meningkatkan semangat belajar karena biasanya jam belajar itu merupakan waktu-waktu yang kita sediakan untuk mengulang pelajaran.

9. Baca Singkat dan Pahami

Belajar pastilah kamu akan membaca materi yang sudah pernah diberikan oleh pendidik. Tak jarang, ketika belajar karena hendak ujian, kegiatan membaca sudah tidak dilakukan lagi. Hal ini bisa disiasati dengan membaca singkat catatan dan pahami kembali.

Bacalah secara singkat kalau memang waktunya tidak cukup apabila membaca keseluruhan. Sambil dibaca pahami dengan baik materi yang sudah diberikan agar memori tidak hilang.

10. Mulai dari yang mudah dipahami

Dalam belajar kamu juga dapat mulai dengan membaca materi yang mudah dipahami terlebih dahulu. Dengan membaca dan memahami dari materi yang lebih mudah, biasanya waktu jadi lebih hemat. Untuk materi yang agak sulit bisa lebih banyak waktu di akhir belajar.

Jangan terpaku pada materi atau soal yang sulit dipahami karena itu akan menghabiskan waktumu. Gunakan waktu seefisien mungkin. Untuk itu, mulai belajar dari yang mudah dipahami lebih menghemat waktu.

11. Hafalkan Kata Kunci

Dahulu ada istilah jembatan keledai. Salah satu memudahkan menghafal kata kunci bisa dilakukan dengan membuat hafalan jembatan keledai. Misalnya untuk menghafal tipe warna dalam pelangi buatlah jembatan keledai seperti: mejikuhibiniu, kepanjangannya: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Demikian seterusnya berlaku pula pada materi yang lain. Dengan menghafal kata kunci biasanya otak merespon materi lainnya. 

12. Posisi Tubuh

Perhatikan posisi tubuh pada saat belajar. Hindari membaca atau belajar sambil tidur, menopang tangan di dagu, atau meletakkan kepala di meja. Hal itu tentu berbahaya bagi kesehatan.

Buat posisi duduk yang nyaman sehingga belajar lebih efektif dan semangat. Posisi duduk yang tepat akan mempengaruhi belajar.

13. Istirahat Bila Lelah

Belajar memang diperlukan apabila hendak menggapai cita-cita dan sukses dan ujian. Namun demikian, belajar nyaman dan efektif harus memperhatikan kesehatan tubuh. Hindari belajar sampai larut malam.

Kesehatan kita lebih utama karena apabila sakit, tentu kita bisa terancam tidak dapat mengikuti ujian. Untuk itu, apabila lelah setelah berjam-jam belajar sebaiknya istirahat agar tubuh kembali bugar keesokan harinya.

14. Jangan ragu bertanya

Meskipun sebagian besar belajar dilakukan sendiri tak ada salahnya untuk bertanya apabila menemukan kesulitan. Jangan ragu untuk menanyakan materi atau soal yang rumit kepada teman yang paham atau pengajar.

Dengan bertanya permasalahan akan lebih mudah dipecahkan sehingga apabila pertanyaan dengan tipe soal yang sama muncul saat ujian, pemecahannya lebih mudah dilakukan.

15. Berdoa dan Sedekah

Berdoa sebaiknya dilakukan setiap mengawali kegiatan belajar. Ini penting karena dengan berdoa biasanya kita menjadi lebih percaya diri dan meminta pertolongan Tuhan untuk memberikan kemudahan dalam memahami materi pelajaran.

Sedekah bagi sebagian orang dalam mengejar cita-cita merupakan syarat untuk dimudahkannya tujuan. Keikhlasan bersedekah akan memberikan kita dampak baik di kemudian hari termasuk dalam menghadapi ujian.

Kesimpulan Tips Belajar Nyaman dan Efektif

Setiap kita memang memiliki tipe belajar masing-masing. Untuk itu tips belajar yang diberikan di atas tidak semua cocok dengan setiap orang. 

Belajar sangat diperlukan setelah kita memahami pelajaran dan materi yang diberikan. Belajar juga artinya kita kembali mengingat materi agar dalam menjawab soal ujian dilakukan dengan baik. Demikian tips belajar nyaman dan efektif–ujian sukses yang dirangkum penulis berdasarkan pengalaman dan informasi teman.

Jangan lupa rajin belajar yaa.

Salam sehat dan bahagia

Sharing is caring