Anak millenial dan kekinian, inilah sebutan santer dimasa sekarang ketika kita berbicara tentang anak-anak dengan segala kesibukannya dengan gadget, gawai dan dunia teknologi lainnya. Tak dapat dipungkiri teknologi yang semakin maju dan berkembang pastilah memiliki dampak positif dan negatif. Tinggal kita para orangtua harus berusaha untuk menjadi teladan dan memberikan pandangan kepada anak tentang kebaikan dalam hidup juga tentang hal kurang baik yang harus dihindari.

Mengajarkan Anak Mengenal Alam

Saya dan suami termasuk kategori orangtua dengan kecintaan pada alam terbuka sangat tinggi, kami sangat suka bercengkrama dengan alam melalui kemping ceria, sampai-sampai saya dan suami ingin anak-anak pun mengenal alam agar mereka belajar bersyukur bahwa alam yang diciptakan Tuhan sangat indah, alam tercipta untuk di lestarikan, dijaga, dan dilindungi. Kami ingin mereka belajar mengenalnya sedari kecil, untuk itu saya dan suami selalu berusaha mengajak anak-anak melakukan kegiatan di alam.

Memiliki anak-anak dengan kecintaan bermain di alam memang mengasikkan, saya bersyukur karena tidak semua anak-anak akan merespon positif ketika diajak kemping di luar rumah, apalagi kalau mereka tipe anak mall, anak yang lebih menyukai bermain ke mall atau di rumah, tentu tidak boleh dipaksakan karena akan berakibat anak ngambek dan menangis bahkan sampai histeris.

Salah satu lokasi asik untuk kemping ceria di daerah Yogyakarta adalah Bukit Klangon di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya asik banget, kita bisa jalan setapak ke lokasi membangun tenda di atas bukit, luas dan dingin banget, apalagi kalau musim hujan kayanya. Saya beberapa kali mengajak anak-anak untuk kemping di sana.

Perlengkapan Kemping Ceria

Biasanya saya hanya menginap semalam saja ketika kemping ceria, takut kalau anak-anak bosan kelamaan, sebelum berangkat saya persiapkan semua perlengkapan kemping, antara lain:

  1. Tenda : untuk ini bisa sewa di sekitar Yogyakarta dengan range harga bervariasi, mulai dari per malam seharga 50K (50 ribu rupiah)
  2. Sleeping bag atau kantung tidur, kalau cuaca tidak terlalu dingin ini tidak diperlukan cukup membawa selimut bulu saja sudah cukup (bisa di sewa)
  3. Matras sebagai alas tidur (ini pun bisa di sewa)
  4. Perlengkapan mandi (Sikat gigi, sabun mandi, handuk, shampoo dst sesuai kebutuhan)
  5. Alat masak (tergantung kalau ingin iseng masak bisa dibawa karena ada warung di bawah bukit)
  6. Senter, lampu kemping untuk di gantung sebagai lampu tidur
  7. Jaket, pakaian ganti
  8. Sepatu, sendal, kaos kaki lebih untuk jaga-jaga kalau basah
  9. Obat-obatan pribadi termasuk sunblock biar tidak terpapar matahari terlalu berlebihan
  10. Mainan anak, barangkali anak bosan di dalam tenda, meskipun kenyataannya ketika malam masuk tenda ga lama langsung bobo
  11. Alat sholat bisa sholat bareng, beda banget rasanya berjamaah di alam dengan anak dengan berjamaah di rumah
Kemping ceria bagi anak-anak sangat mengasikkan, bermain di atas rumput, mencari kayu untuk bermain pedang-pedangan dan mengumpulkan sisa-sisa buah dari pohon yang berjatuhan menjadi kegiatan yang sangat seruu buat anak-anak. Mereka merasa keluar dari kebiasaan hari-harinya di rumah dengan kegiatan berbeda. Mereka juga belajar arti kerja sama dan gotong royong karena akan dilibatkan untuk membantu orangtua mulai dari membangun tenda, membereskan sampah dan sebagainya.

Tempat Kemping Ceria Bukit Klangon Yogyakarta

Klangon merupakan bukit indah untuk tim kemping ceria melakukan kegiatan bermalam, pagi hari kalau beruntung kita akan melihat gunung merapi yang tak pernah ingkar janji kokoh berdiri dengan indah, sebagaimana terlihat dalam foto kami, senang rasanya melihat merapi begitu indah karena untuk mendapatkan pemandangan merapi secerah itu sangat tidak mudah, apalagi bila musim hujan.
tempat-kemping-asik-buat-anak-dengan-latar-belakang-gunung-merapi-bukit-klangon

Berapa Harga Menginap Semalam di Bukit Klangon

Oiya, untuk kemping di sana ketika malam hari akan ada penjaga yang keliling ke tenda-tenda menagih sewa sekitar 15K atau 20K, mungkin untuk keamanan atau kebersihan, masih terjangkau banget kan, apalagi dibandingkan dengan pengalaman yang didapat uang seharga itu sangat sepadan.
Pastikan kalau ingin kemping ceria memantau cuaca hari itu, karena kalau suasana hujan akan repot apabila mengajak anak-anak. Untuk makanan di bawah lokasi tenda banyak terdapat warung-warung asal kita pesan biasanya diantar ke atas bukit, termasuk sarapan keesokan paginya bisa dipesan saat sore, jadi pagi-pagi ibu warung akan mengantarkan sarapan, hati senang perut kenyaangg.
tempat-kemping-anak-bukit-klangon-yogyakarta