Review Drama Korea Terbaik Tahun 2020 Sweet Home

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Wohowww setelah akhirnya mendapatkan masukan dari teman kantor bahwa ada Drama Korea Terbaik Tahun ini yang lain dari biasanya, aku penasaran. Akhirnya pas ada waktu luang, sikat deh, langsung nonton Drama Korea Sweet Home.

Thanks Dit usulannya, ku lahap abis drakor Sweet Home ini hihi.

Gimana ngga penasaran, aku tim yang selama ini seringnya nonton drakor rerata dengan tema uwuw dan percintaan benci jadi cinta (meski pernah juga tipe sedih dan serem, cuma jaraanggg banget ngab).

Akhirnya rampung sudah nonton Drama Korea Sweet Home. Aku bahkan yakin Drama Korea Sweet Home ini bisa menjadi Drama Korea Terbaik Tahun 2020. Bahkan gosipnya menjadi  Drama Korea Termahal boww, wiiihh.

Ngga percaya yukss simak review lengkap aku tentang Drama Korea Sweet Home.

Oiya, yang anti spoiler silahkan pamit mundur dipersilahkan, ekekekek. Soalnya aku mau review selengkap-kap-kapnya. Sesuka itu akutu.

Kisah Sweet Home berawal dari Serial Orisinal Webtoon dengan judul yang sama yaitu Sweet Home karya Kim Carnby dan Young Chan Hwang.

Cekidot Review Drama Korea Terbaik Tahun 2020 Sweet Home, wajib nonton yooo.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Cover 2

Pemain Sweet Home, Drama Korea Terbaik Tahun 2020 Wajib Nonton

Pemain drama korea Sweet Home ini rata-rata udah piawai banget deh dalam bidangnya. Actingnya jago-jago banget. Belom lagi wajah para pemainnya pun bikin gemesh, cantik dan ganteng.

Director Sweet Home pun telah menelurkan banyak drama sukses, sebut saja “Descendants of The Sun” pasti udah pada tahu kan kesuksesan drama satu itu.

Lainnya ada drama “Goblin” dan ” Mr. Sunshine” yang ngga kalah seru dan sempat nongol di Top Hits Drama pada masanya.

Berikut para pemain di Drama Korea Sweet Home:

Song Kang: Cha Hyun Soo

Lee Si Young: Seo Yi Kyung

Lee Jin Wook: Pyun Sang Wook / Wook Pyeon

Lee Do Hyun: Lee Eun Hyuk / Hyuk Lee

Park Gyu Young: Yoon Ji Su

Go Min Si: Lee Eun Yu / Eun Lee

Kim Nam Gee: Jeong Jae Heon

Kim Kap Soo: Ahn Gil Seop

Go Yoon Jung: Park Yu Ri

Kim Sang Ho: Han Du Sik

Genre: Thriller, Horror, Mystery

Director: Lee Eung Bok

Episodes: 10 Episodes

Tahun: 2020

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Cover 3

Karakter Para Pemain Drama Korea Terbaik Sweet Home

Cha Hyun Soo

Seorang pemuda putus asa. Hidupnya sebatang kara. Keluarganya meninggal dalam kecelakaan mobil sangat tragis. Ayah, ibu dan saudara perempuannya semuanya meninggal bersamaan.

Sejak kecil Hyun Soo selalu bertengkar dengan ayahnya. Hingga Hyun Soo sangat membenci sang ayah. Karakter yang terbentuk dari Hyun Soo adalah seorang anak pendiam yang senang dengan kesendirian, makanya Hyun Soo selalu di kamar. Introvert.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Seo Yi Kyung

Perempuan tangguh ini bermain sangat apik dalam serial Drama Korea Sweet Home. Memiliki tunangan seorang dokter yang sedang meneliti tentang monster. Monster yang menjangkiti manusia.

Yi Kyung merupakan sosok perempuan pemberani dan pantang menyerah. Yi Kyung sosok yang “sedikit bicara banyak bekerja”. Keuletannya dalam scene sungguh mencengangkan, apalagi adegan Yi Kyung menabrak monster besar saat mengendarai truk termasuk adegan lepas dari jeratan monster laba-laba sangat mengagumkan. 

Yi Kyung dalam drama ini juga memerankan perempuan yang sedang hamil.

Pemeran Drama Korea Sweet Home Seo Yi Kyung

Pyun Sang Wook / Wook Pyeon

Pembunuh bayaran. Wook Pyeon memiliki profesi sebagai pembunuh bayaran hingga suatu hari ada seorang ayah membayarnya dengan bayaran kecil untuk mencari penculik anaknya. Wook Pyeong tetap mencari penculik itu dan menyekapnya di apartemen Green Home.

Karakter yang diperankan sebagai Wook Pyeon merupakan seorang pembunuh bayaran dengan sifat dan sikap tenang.

Preman yang memiliki tingkat emosi stabil. Pembawaannya sangat tenang sampai di episode terakhir pun demikian.

Sejak awal, saat melihat peran Wook Pyeon ini jujur aku bingung dia ini penjahat atau bukan. Hingga akhir drama juga masih ngga jelas bahkan membuat penasaran.

Wook Pyeon menyukai Yu Ri.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Lee Eun Hyuk / Hyuk Lee

Hyuk Lee sosok laki-laki yang juga pendiam di drama Sweet Home ini. Bisa dibilang dia selalu ingin menjadi leader atau pemimpin dalam segala keputusan saat penyerangan monster terjadi.

Tak hanya ahli di bidang IT Hyuk Lee juga ahli di bidang kedokteran karena ada beberapa scene ia harus mengoperasi salah seorang kawan di sana tanpa peralatan yang lengkap.

Aku melihat kadang keputusannya oportunis dan tidak memikirkan nasib orang lain. Hal ini bisa dilihat waktu adegan bersama Yi Kyung.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Yoon Ji Su

Yoon Ji Su seorang pemain musik yang handal. Perempuan ini memiliki peran yang santai, senang bermusik namun pemberani dalam menghadapi monster yang berkeliaran.

Ji Su merupakan penghuni baru di Green Home, meskipun demikian sosoknya merupakan perempuan tangguh dan pemberani.

Ji Su menyukai Jae Heon.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Lee Eun Yu / Eun Lee

Dari semua perempuan dalam drama korea Sweet Home ini aku paling suka perannya Eun Lee. Eun Lee digambarkan sebagai adik perempuan Hyuk Lee dengan kepribadian yang jauh berbeda dari kakaknya.

Eun Lee ceplaas ceplos banget. Tapi perkataannya selalu benar dan tepat. Dia juga bisa memancing orang lain untuk tetap semangat dengan caranya.

Orangnya selalu bersemangat meski di dalam rapuh. Eun Lee memiliki hati yang baik dan dia jatuh cinta pada Hyun Soo.

Hobinya balerina namun kakinya cedera dan tidak bisa menari kembali, namun dia tipe yang tidak berputus asa pada drama korea Sweet Home.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Jeong Jae Heon

Jae Heon merupakan seorang Kristian yang taat. Ia juga seorang profesor yang mengajar Bahasa Korea. Jae Heon sering mengeluarkan kata-kata bijak di drama Sweet Home ini. Namun Jae Heon juga sangat pemberani dan rela berkorban.

Nasibnya dihabisi oleh monster ikan merupakan adegan yang sangat menguras airmata saya. Scenenya sedih banget. Mengharukan.

Sosoknya sangat baik dan selalu berpikir positif. Jae Heon juga menyukai Ji Su karena mereka sering bersama menghadapi monster.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Ahn Gil Seop

Gil Seop merupakan seorang ayah yang divonis akan mati. Dokter mengatakan hidupnya hanya tinggal 6 bulan saja karena semua organ tubuhnya rusak. Hidupnya disebut-sebut sudah berada di ujung tanduk. Namun, Gil Seop tak takut mati.

Gil Seop berjuang melawan monster sampai titik darah penghabisan. Bahkan tak tik-nya mengecoh beberapa penjahat di akhir episode sungguh menegangkan.

Gil Seop juga yakin bahwa ada terowongan bawah tanah di bawah apartemen Green Home. Voilaa! Ternyata benar, ia berhasil menemukan terowongan berkat kegigihannya.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Park Yu Ri

Yu Ri merupakan perempuan cantik kedua dalam drama korea Sweet Home setelah Yi Kyung. Yu Ri merupakan perempuan dengan penyakit asma yang bergantung pada alat bantu pernapasan.

Yu Ri juga memiliki sifat pemberani dan pantang menyerah. Dia mulai menyukai Wook Pyeon setelah laki-laki itu menolongnya.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Han Du Sik

Han Du Sik merupakan laki-laki cacat yang selalu berada di kursi roda. Keahliannya membuat senjata. Hingga Hyun Soo diberikan salah satu senjata rakitannya untuk melawan monster.

Laki-laki ini sudah mengetahui ada yang tidak beres di apartemen tersebut. Du Sik tak pernah keluar apartemennya. Ia sibuk di kamar merakit senjata.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Ulasan Singkat Drama Korea Sweet Home Episode 1 – 3

Adegan pertama di episode pertama adalah adegan terakhir. Sehingga alur yang dimainkan dalam drama korea Sweet Home ini merupakan alur maju mundur.

Setelah adegan terakhir ditampilkan di awal, barulah adegan pertama Hyun Soo pindah ke apartemen Green Home dimulai. Pertemuannya diawali dengan dialog bersama satpam yang sedang memotong rumput dan seketika itu juga pisau rumput yang berputar dengan mesin melompat melewati muka Hyun Soo dan tertancap di papan.

Jujur saja kalian akan langsung dibuat deg-degan sejak episode pertama. Karena di episode ini Hyun Soo ingin suicide alias bunuh diri dari lantai atas apartemen Green Home.

Hyun Soo merasa sudah tak ada arti lagi hidupnya. Bahkan ia membuat alarm jadwal bunuh diri di gadget-nya.

Percobaan bunuh dirinya gagal saat ia mendengar Eun Lee sedang menari balet. Hyun Soo turun dan menyaksikan Eun Lee berputar menari.

Ulasan Singkat Drama Korea Sweet Home Episode 4 – 7

Episode 4 diawali dengan pertemuan Du Sik dengan 2 anak dan seorang ibu yang kehilangan anaknya.

Du Sik mempersilahkan mereka tinggal di apartemennya karena berbahaya bila keluar. Monster mulai menyerang dan berkeliaran mencari manusia yang disebut protein oleh para monster.

Adegan terbaik lainnya di episode ini adalah saat Yi Kyung digantung oleh monster laba-laba dengan kondisi terbalik. Kebayangkan tegang banget. Yi Kyung kejar-kejaran dan berhasil kabur dari monster laba-laba itu.

Ahhh pokoknya bagus banget, efeknya bukan kaleng-kaleng. Sumpah bagus parah!

Episode 5 ini juga ada adegan mengerikan sekaligus mengharukan dimana ibu yang kehilangan anaknya dan bertemu dengan Ji Su berubah menjadi monster karena terinfeksi.

Wujud monster yang diperankannya adalah menjadi bayi yang sedang dalam kandungan. Tergantung di kamar mandi, entah kapan kantung bayi (monster) pecah sebab hingga di akhir episode kantung bayi monster itu belum pecah juga. Saat Du Sik melihat kejadian itu ia tak tega dan urung menembakkan senjatanya ke arah kantung bayi monster.

Episode 6 ada monster rambut. Selain itu Yi Kyung menemukan keganjilan tentang tunangannya. Yi Kyung penasaran dimana keberadaan tunangannya yang ternyata sudah terinfeksi monster. Namun, tunangannya tidak tinggal diam karena ia berusaha meneliti karakteristik dari monster tersebut yang menjangkitinya.

Episode 7 memiliki adegan paling menegangkan saat monster laba-laba menyerang Han Du Sik. Akhirnya semua penghuni apartemen bahu-membahu menolong Du Sik dari serangan laba-laba.

Pada episode 7 ini juga Ji Su harus dioperasi usus buntu tanpa peralatan rumah sakit oleh Hyuk Lee karena keadaan mendesak dan tidak memungkinkan untuk dibawa ke rumah sakit sebab banyak monster di luar apartemen.

Ulasan Singkat Drama Korea Sweet Home Episode 8 – 10

Episode 8 memiliki banyak adegan seru dan mengharu biru. Adegan paling pertama di episode ini yang membuatku takjub saat Yi Kyung melawan monster besar dengan truk besar pula.

Dalam episode ini ada scene saat Eun Lee dan Hyun Soo mengobrol bersama. Eun Lee mengajak Hyun Soo untuk berani bersikap.

Ada adegan lucu juga saat Eun Lee dan Hyun Soo berduaan. Eun Lee mengajarkan gerakan tangan pada Hyun Soo untuk membalas orang lain bila mengusiknya. Lucu banget.

Yang paling memilukan di episode 8 ini adalah saat Jae Heon melawan monster ikan busuk (satpam). Sedih banget sumpah, tangannya sampai dipotong sama monster itu karena monsternya membawa alat pemotong rumput.

Sumpah ini adegan termehek-mehek banget. Nangis akutu. Karena mereka harus membakar Jae Heon berbarengan sama monster ikan busuk.

Episode 9 sudah mendekati detik-detik akhir cerita. Adegan terbaik di episode ini yaitu saat Ji Su mengingat kembali ungkapan cinta Jae Heon kepadanya.

Adegan di episode 9 ini mereka didatangin sekelompok penjahat pencuri. Salah satu dari mereka ternyata monster juga. Kental banget nuansa pengkhianatan di episode 9 ini.

Episode 10 merupakan episode terakhir. Meskipun endingnya sangat menggantung namun aku puas dengan drama Korea Sweet Home.

Semoga kelanjutannya bakalan lebih bagus lagi dari yang sudah keren ini. Akhirnya masih menimbulkan pertanyaan dibenak penonton. Semoga segera ada kelanjutannya.

Kesan Aku Setelah Nonton Drama Korea Terbaik Tahun 2020 Sweet Home 

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Wajib Nonton

Drama Korea Terbaik Tahun 2020 bahkan drama terbaik sepanjang aku menonton drama korea. Bukan sembarang menyebut drama korea terbaik, bisa dilihat sendiri dari setting tempat, latar, efek, lighting, peran pemain, semuanya.

Pengambilan gambar di drama ini pun bisa dilihat sangat profesional, semua diolah dengan sangat maksimal.

Kesungguhan tingkat tinggi jelas banget terlihat dari pembuatan drama korea Sweet Home ini tak diragukan lagi bila per episode kabarnya menghabiskan puluhan milyar.

Salut untuk keberhasilan Drama Korea Sweet Home di akhir tahun 2020 pada masa pandemi belum juga usai.

7 Alasan Drama Korea Sweet Home Menjadi Drama Terbaik Tahun 2020 

1 Peran

Peran para pemain sangat bagus sekali. Mereka totalitas dalam memainkan perannya masing-masing. Dapat dilihat sejak episode awal hingga akhir. Bahkan peran pembantu juga memerankan perannya dengan sangat baik.

2 Jalan Cerita

Jalan cerita yang tak biasa dari drama korea kebanyakan menjadikan Sweet Home layak untuk menjadi drama korea Terbaik.

Cerita yang diberikan sangat segar meski diangkat dari kisah yang sudah lama. Namun menjadi sesuatu yang baru bagi banyak pecinta drama Korea. Akupun yakin ini akan sukses tidak hanya bagi pecinta drama Korea saja.

3 Latar 

Latar tempat dari drama Korea Sweet Home pada awalnya memang sebuah apartemen yang bernama Green Home. Namun di tengah episode mereka menggambarkan keadaan negara Korea secara keseluruhan. Ini yang menyebabkan juga biaya tinggi.

4 Biaya Tinggi

Usaha tak pernah mengkhianati hasil. Ini yang pantas diberikan bagi Sweet Home. Digadang-gadang mengeluarkan biaya tinggi, Sweet Home menghasilkan karya yang bukan kaleng-kaleng.

Semua pengambilan gambar dan efek yang diberikan menunjukkan biaya yang dikeluarkan pastilah tak murah.

5 Pesan Moral

Sweet Home pun tidak ingin memberikan suguhan tanpa “nilai” sehingga dalam drama Korea Sweet Home ini terdapat pula pesan moril yang ingin disampaikan di dalamnya.

6 Pemeran Cantik dan Tampan

Tak dapat dipungkiri pemain cantik dan tampan menjadi magnet tersendiri dalam suatu drama atau film. Sweet Home menghadirkan pemain yang segar dan sedap dilihat.

7 Teknologi

Aku kurang paham bahasanya seperti apa. Namun drama Korea Sweet Home ini kental banget teknologi canggihnya. Pembuatan monster itu real banget, keren.

Monsternya detil terlihat setiap bagian tubuhnya jadi terasa nyata banget. Tentu aja itu menunjukkan teknologi yang dipakai pasti canggih banget bisa menghasilkan monster di layar dengan sangat apik.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Cover 4

5 Pesan Moral Dalam Drama Korea Sweet Home 

1 Tetap Berbuat Baik

Hyun Soo sebagai monster yang masih memiliki hati baik digambarkan memiliki masa lalu yang sulit. Pernah menjadi anak baik dan menolong kawannya, namun akhirnya ia menyesal melakukan kebaikan itu karena dikhianati.

Hidupnya menjadi labil ditambah hubungan dengan ayahnya yang bermasalah. Hingga sumpah serapahnya menyebabkan keluarganya meninggal dalam kecelakaan.

Drama ini mengajarkan kita untuk tetap berbuat baik apapun keadaan dan masa lalu kita. Hyun Soo akhirnya membantu teman-teman lainnya di apartemen itu meski dia sudah terinfeksi monster.

2 Apa Yang Kita Tanam Itu Yang Kita Tuai

Monster yang ada dalam drama Korea Sweet Home bukan sembarangan monster. Setiap monster sepertinya punya latar belakang masing-masing.

Penjelmaan monster dari tiap orang mengingatkan aku pada film Saw yang fenomenal. Dalam Saw orang-orang diculik dan disiksa karena menyesali atau menyia-nyiakan hidupnya.

Nah, hubungannya dengan drama Korea ini, setiap orang akan menjadi monster atas apa yang dilakukannya semasa menjadi manusia. Seperti monster rambut, dulu semasa menjadi manusia sibuk dengan botaknya.

3 Kerja Sama

Kerja sama sangat dibutuhkan dalam kerja tim. Melawan monster tidak mudah, apartemen sudah tidak aman, semua orang panik.

Bahan makanan menipis. Kerja sama sangat diperlukan dalam keadaan genting tersebut.

Drama Korea Sweet Home mengajarkan kita untuk memegang prinsip kerja sama yang baik. Meskipun demikian ada juga pengkhianat dalam kerja sama tersebut.

4 Tolong Menolong

Pesan moral lainnya dalam drama Korea Sweet Home adanya rasa tolong menolong antara para pemain.

Meskipun mereka baru saling kenal, rasa tolong menolong sebagai manusia tetap ada. Scene tolong menolong yang paling membuat saya berkesan adalah saat Hyun Soo menolong 2 anak yang harus diselamatkan karena ayahnya dilahap monster.

Kemudian scene saat operasi usus buntu Ji Su yang dilakukan oleh Hyuk Lee, saat Yi Kyung menabrak monster besar dengan truk, saat Wook Pyeon menolong Yu Ri dari penjahat, saat Jae Heon menyerang monster ikan busuk di lift (paling sedih banget ini adegan).

Selain itu, kejadian saat Gil Seop mengorbankan dirinya mencari ruang bawah tanah dan scene Du Sik menolong anak kecil dari serangan laba-laba semua adegan tersebut sangat memukau dan sarat pesan moral.

5 Pantang Menyerah

Sweet Home pun sangat sarat nilai pantang menyerah. Hal ini dibuktikan dari kegigihan peran masing-masing pemain menghadapi serangan monster yang menghabisi manusia sebagai protein penambah tenaganya.

Monster itu menyerang manusia menghisap darah sebagai protein untuk kekuatan monster. Melihat adegan monster menyerap sari-sari manusia membuat perut mual.

Namun para pemain tak pernah takut, mereka tak menyerah dengan keadaan terkurung di dalam apartemen. Mereka melawan sekuat tenaga.

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Cover 5

Soundtrack Drama Korea Sweet Home

Drama Korea Sweet Home dengan genre thriller, horror, dan mystery ini tentu sudah bisa ditebak soundtracknya seperti apa.

Musiknya sedikit menyeramkan dan sarat dengan gambar menakutkan. Namun, melihat hasilnya tentu sepadan.

Berikut salah satu soundtrack Sweet Home yang benar-benar tidak sweet sama sekali, hehehe.

Kesimpulan dan Penilaian Aku Setelah Nonton Drama Korea Terbaik Tahun 2020 Sweet Home 

Review Drama Korea Terbaik 2020 Sweet Home Cover Monster Sweet Home

Kesimpulan dan penilaian aku setelah nonton Drama Korea Terbaik Sweet Home ini layak mendapatkan nilai 9 dari 10.

Super keren banget soalnya, hampir mendekati sempurna banget dari semua hal. Jalan cerita dan semua adegan serta settingan tempat apik banget.

Drama Korea Sweet Home ini wajib banget di tonton gaess, genre beda dari drakor biasanya membuat drama Sweet Home ini seger banget buat nemenin gabut.

Kalau belum nonton buruan deh ceki-ceki yaa, jangan sampe nyesel.

Sebelom kelanjutan Drama Korea Terbaik Sweet Home bakal muncul lo!

Bye…

Sharing is caring