Hujan di Jendela

Pentingnya Sertifikasi Kompetensi – Be Qualified Bersama MyEduSolve

Pentingnya Sertifikasi Kompetensi - Be Qualified Bersama MyEduSolve - cover 1

foto: canva elemen, edit: hujandijendela.com

Saya ingat betul suatu hari pimpinan saya menghampiri saat saya bekerja seraya bertanya, “Lidia, ke depan sepertinya untuk membuat draft penting ini di kantor kita membutuhkan staf yang memang qualified dan sertified.” Sambil menunjukkan draft keputusan di tangannya, saya mendengarkan dengan saksama. Bukan tanpa alasan memang terkadang bagian inspektorat atau pengawasan menanyakan hal tersebut saat dilakukan pemeriksaan.

Tak lama berselang, beberapa staf termasuk saya diminta mengikuti berbagai pelatihan kompetensi kerja untuk mendapatkan sertifikasi di bidang pekerjaan yang kami geluti. Sertifikasi kompetensi kerja masa kini semakin dibutuhkan, mengingat pekerjaan dan karyawan masih belum berbanding lurus hingga perusahaan biasanya masih sulit memperoleh karyawan yang tepat untuk suatu bidang pekerjaan yang spesifik.

Tidak hanya itu, pentingnya sertifikasi kompetensi tentu akan bermanfaat sebagai bentuk profesionalisme pekerjaan dan merupakan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya. So, we all must get sertified to be qualified for the job you want.

Sertifikasi Kompetensi

Menurut Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Sistem Standardisasi Kompetensi Kerja Nasional dalam Pasal 1 angka 9 menyatakan bahwa, “Sertifikasi Kompentensi Kerja adalah proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan objektif melalui uji kompetensi sesuai SKKNI, Standar Kompetensi Kerja Internasional dan/atau Standar Kompetensi Kerja Khusus.

Sertifikasi kompetensi merupakan surat atau berupa sertifikat yang menunjukkan kemampuan seseorang pada bidang pekerjaan tertentu. Sertifikasi kompetensi menjadi pegangan bagi seseorang dalam melakukan pekerjaan spesifik sedangkan bagi perusahaan menjadi salah satu acuan dalam merekrut atau memberikan pekerjaan yang tepat untuk orang yang tepat pula. Sertifikasi kompetensi dikeluarkan oleh lembaga resmi dibidang pendidikan, sekolah atau lembaga lainnya yang ditunjuk untuk melakukan sertifikasi dengan kemampuan tertentu.

Beberapa Pekerjaan di Kantor Saya Yang Membutuhkan Sertifikasi Kompetensi

Saya yakin beberapa tahun mendatang setiap tenaga kerja profesional akan membutuhkan sertifikasi baik itu sertifikasi kompetensi dibidangnya atau sertifikasi pendukung bidang pekerjaannya. Tuntutan memiliki sertifikasi kompetensi menurut saya memang sudah sedemikian pentingnya. Hal ini juga disebabkan oleh pendidikan atau pelatihan yang didapatkan di bangku sekolah atau kuliah tidak sama.

Dalam dunia sekolah kejuruan atau dunia kampus, terkadang ada yang disebut magang hingga KKN alias Kuliah Kerja Nyata, kegiatan tersebut untuk melihat kemampuan teori diaplikasikan dengan dunia kerja sebenarnya atau bahkan menjadi salah satu syarat kelulusan. Hal ini sedikit berbeda dengan sertifikasi kompetensi, dimana sertifikasi kompetensi merupakan legalitas seseorang dalam mengerjakan suatu bidang pekerjaan dan itu tentu saja dibuktikan dengan sertifikat keahlian.

Misalnya saja bagi saya seorang sarjana hukum di sebuah perusahaan, maka saya membutuhkan sertifikasi legal drafter saat saya dituntut untuk membuat konsep legal opinion atau bahkan draft gugatan pengadilan. Selain itu, sertifikasi kompetensi kerja yang ada di kantor saya adalah pekerjaan dibidang komputerisasi database dan seputar itu. Tentu saja sertifikasi kompetensi dibidang microsoft dan sebagainya sangat dibutuhkan.

Mengingat pekerjaan saya dibagian pengawasan terhadap perusahaan di seluruh Indonesia terkait perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, kini Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 mensyaratkan untuk seluruh perusahaan memiliki Sumber Daya Manusia bersertifikasi dibidang pengelolaan limbah B3, SDM bersertifikasi dibidang pengendalian pencemaran air dan sebagainya.

Misalnya saja terkait SDM bersertifikasi pengendalian pencemaran air gunanya untuk legalitas pengambilan uji air limbah yang dilakukan secara rutin. Jadi, selain legalitas pengambilan sampling yang dilakukan oleh laboratorium di luar perusahaan, perusahaan tersebut juga dituntut untuk memiliki tenaga kerja bersertifikat dibidang yang ditentukan.

Apa Saja Manfaat Sertifikasi Kompetensi Kerja Buat Kita?

Sertifikasi kompetensi sangat bermanfaat bagi kita yang sedang mencari pekerjaan atau bahkan sedang bekerja di sebuah perusahaan. Sebab sertifikasi kompetensi sifatnya bukan hanya sebagai syarat diterimanya bekerja di suatu perusahaan melainkan prasyarat saat masih bekerja namun dibutuhkan sertifikasi sebagai spesifikasi keahlian dari bidang pekerjaan yang digeluti.

Berikut beberapa manfaat Sertifikasi Kompetensi untuk kita:

1. Legalitas

Sertifikasi kompetensi dalam suatu pekerjaan menjadi sebuah legalitas atau keabsahan terhadap kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seseorang. Sertifikasi ini akan menjadi pegangan kedua belah pihak baik pekerja ataupun yang memberikan pekerjaan. Legalitas ini bisa menjadi pengakuan dari berbagai pihak bahwa kita memang memiliki kemampuan spesifik.

2. Spesifikasi

Sebagai sebuah legalitas atau keabsahan tentu ada sesuatu yang berbeda apabila ada 2 (dua) orang dengan lulusan jurusan yang sama namun salah satu memiliki sertifikasi lebih spesifik terkait pendukung pekerjaannya. Misalnya 2 (dua) orang yang sama memiliki ijazah Sarjana Teknik Lingkungan, di perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, maka dibutuhkan sertifikasi pengelolaan limbah B3 sementara salah satunya belum memiliki sertifikasi.

3. Gaji Yang Sepadan

Tak jarang di beberapa perusahaan seorang pekerja harus merangkap pekerjaan lainnya. Sementara mungkin gajinya masih sama dengan rekan sesama kerja. Namun demikian, ketika ia memiliki sertifikasi kompetensi yang lebih spesifik dengan kemampuannya, pimpinan menaikkan gajinya lebih besar dari rekan sesama yang belum memiliki sertifikasi.

4. Nilai Lebih Bagi Perusahaan

Perusahaan yang memiliki tenaga kerja ahli dibidangnya akan memberikan nilai lebih serta meningkatkan produktivitas perusahaan. SDM unggul yang memiliki sertifikasi kompetensi di suatu perusahaan akan memberikan banyak manfaat.

5. Memperkecil Kesalahan Pekerjaan

Dengan spesifikasi dan sertifikasi kompetensi kerja dibidangnya diharapkan mampu memperkecil kesalahan dalam pekerjaan yang dilakukan. Terkadang apabila menempatkan tenaga kerja dengan sertifikasi kompetensi yang sesuai maka tidak perlu dilakukan pengawasan secara menyeluruh tentu saja ini dapat menghemat waktu.

Pentingnya Sertifikasi Kompetensi - Be Qualified Bersama MyEduSolve - cover 2

Cara Saya Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi Kerja

Mengingat saya adalah seorang lulusan sarjana hukum maka di kantor saya bekerja seputar pembuatan draft hukum yang sifatnya dapat menjadi objek gugatan di peradilan tata usaha negara atau sebagai objek TUN. Sertifikasi kompetensi yang saya butuhkan tentu saja seputar legal drafting, fasilitator dan sebagainya.

Saya sudah pernah diikutsertakan dalam perolehan sertifikasi dibidang legal drafting bersama beberapa rekan kerja lainnya. Ke depan pimpinan saya akan memberikan peluang untuk kami memperoleh sertifikasi dibeberapa bidang kekhususan untuk menambah spesifikasi pengetahuan dalam pekerjaan.

Berikut beberapa tips memperoleh sertifikasi kompetensi.

1. Sertifikat Berlogo BNSP

Bagi kalian yang belum familiar dengan BNSP, lembaga ini merupakan lembaga resmi yang dibentuk sebagai wadah atau Badan Nasional yang menangani Sertifikasi Profesi. Lembaga BNSP bertugas memberikan standar atau pedoman atau patokan terhadap lembaga lainnya sebagai penyelenggara kegiatan sertifikasi.

2. Hati-hati Dengan Sertifikasi Palsu

Di era yang semakin canggih ini tentu banyak orang akan berlomba-lomba menjadi yang terbaik di kantornya. Hal ini menyebabkan pemenuhan segala kebutuhan pun menjadi beragam, termasuk sertifikasi kompetensi. Misalnya saja sertifikasi palsu, alasannya lebih cepat dan efisien. Hal ini haruslah dihindari agar tidak terjadi masalahn dikemudian hari.

3. Cek Lembaga Sertifikasi Yang Dipilih

Semua orang kini mudah mengakses informasi dan berbagai macam berita. Sebelum mengikuti sertifikasi kompetensi di suatu lembaga tak ada salahnya bila kita melakukan pengecekan terhadap lembaga sertifikasi yang dipilih. Apabila memang terpercaya maka kita bisa memperoleh sertifikasi kompetensi secara sah.

Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Bersama MyEduSolve – Get Sertified Be Qualified

MyEduSolve merupakan salah satu lembaga yang memberikan sertifikasi di beberapa bidang spesifik ilmu. Teknologi pendidikan yang diusung oleh MyEduSolve sejak mulai berdiri pada tahun 2019 adalah menjawab tantangan pengangguran di Indonesia dengan rentan usia 15 – 24 tahun. MyEduSolve menginginkan kaum muda khususnya dapat belajar, tumbuh, dan mengejar mimpinya.
Untuk itulah dengan adanya literasi teknologi, MyEduSolve menginginkan setiap kaum muda belajar hal yang skill mendasar sebagai kebutuhan siap bekerja sehingga masa depan cerah akan makin terbuka. 
Pendidikan yang diberikan oleh MyEduSolve tidak hanya seputar ilmu teori saja, namun diberikan juga pelatihan seputar karir, sertifikasi serta kerja tim yang solid.

Program Apa Saja Yang Ditawarkan MyEduSolve

Beberapa program terbaik digital literacy yang ditawarkan oleh MyEduSolve sebagai berikut:

1. Adobe Certified Profesional

Program ini tentu akan memberikan skill secara mendalam terkait Adobe Profesional, dengan mengikuti program ini tentu akan sangat bermanfaat ketika di aplikasikan ke dunia kerja. Dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang contohnya mengenai Adobe Illustrator, banyak sekali praktek dan ujian yang diberikan guna mengasah kemampuan setiap peserta.

2. Microsoft Office Specialist

Tak dapat dipungkiri microsoft office hampir digunakan di semua perusahaan yang bergerak di berbagai jenis industri. Agaknya microsoft office ini merupakan skill dasar yang haruslah dimiliki para pencari kerja. Dengan program microsoft office specialist tentu akan lebih meningkatkan spesialisasi keahlian. Sertifikasi kompetensi kerja ini sangat dibutuhkan.

3. Microsoft Certified Fundamental

Sama seperti program lainnya, untuk microsoft certified fundamental pun ada beberapa pelatihan yang dapat diikuti yaitu teori dan praktek, ujian serta di akhir pelatihan atau pengajaran maka akan diberikan sertifikasi.

Selain ketiga program di atas ada lagi program yang ditawarkan MyEduSolve yaitu Microsoft Certified Educator, Project Management Ready, dan Information Technology Specialist.

Adobe Bootcamp dari MyeduSolve juga memiliki program yang menarik dan sayang banget untuk dilewatkan. Untuk program Adobe Bootcamp kita bisa belajar Photoshop, Illustrator, InDesign, Animate dengan jadwal pembelajaran dan level yang akan menyesuaikan dengan tingkatan kita.

Conclusion, Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Kerja 

Skill dan kemampuan seseorang terkadang memang harus diasah terlebih dahulu sehingga baru terlihat. Begitu pentingnya Sertifikasi Kompetensi Kerja di tahun tahun mendatang memberikan persaingan baru yang tak dapat dihindari. Setiap kita para pekerja ataupun pencari kerja dituntut untuk mengasah skill dan kemampuan spesifik agar pimpinan dapat melihat kemampuan kita secara menyeluruh.

Jadi tunggu apalagi buruan gabung bersama MyEduSolve dan dapatkan sertifikasi sebagai bekal kita bekerja ke depan yang lebih baik, Get Sertified Be Qualified bersama MyEduSolve pentingnya sertifikasi kompetensi agar kamu ngga kalah saing.

See yaa…

Sharing is caring