pendidikan-sebagai-kunci-penguatan-peran-perempuan-di-era-modern
Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Ideologi kuat yang menjadikan perbedaan peran perempuan dengan laki-laki adalah konsep dalam ranah publik dan privat. Perempuan dikatakan hanya terlingkup dalam ranah privat atau di rumah saja sementara laki-laki memiliki peran besar dalam ranah publik atau di luar rumah.

 

Agaknya ini menjadi faktor yang membuat sebagian besar daerah me-minor-kan peran perempuan dalam ranah publik. Padahal peran perempuan dalam peradaban suatu bangsa memiliki andil sangat besar.

Ditarik ke masa kini, peran perempuan bukan semakin surut. Gaung kesuksesan perempuan melahirkan orang-orang besar menjadi semakin terdengar. Tersebutlah Barack Obama, Habibie, dan sebagainya lahir dari perempuan-perempuan hebat.

Menolak lupa, lihatlah Michelle Obama perempuan lulusan Harvard ini aktif mendampingi suami dalam berbagai acara kenegaraan saat masih menjabat sebagai presiden dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap banyak orang. Jacinda Ardern Perdana Menteri Selandia Baru yang dinobatkan sebagai 100 orang paling berpengaruh versi Time atas usahanya dalam penanganan terorisme serta empatinya yang tinggi terhadap korban dan umat Islam.

Michelle Obama dan Jacinda Ardern | Sumber: biography.com & lester.com

 

Indonesia sendiri tak kalah hebat. Susi Pudjiastuti mendapat Peter Benchley Ocean Awards atas kinerja terbaiknya dalam dunia perikanan dan kelautan. Siapa yang tak kenal dengan sosok Sri Mulyani. Beliau berhasil menyabet penghargaan Statesperson Award atas keteladanan di bidang pemerintahan dan pelayanan publik.

Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani | Sumber: instagram dan kemenkeu.go.id

Tak terkecuali saya, lahir dari garis keturunan matrilineal kental. Pariaman menjadi salah satu daerah dengan kebudayaan memayorkan kaum perempuan. Namun, nyatanya pendidikan tetap menjadi hal yang sulit direngkuh.

Adalah ibu saya seorang perempuan dengan semangat baja. Memiliki semangat dan keyakinan bahwa pendidikan akan memberikan jalan keberhasilan bagi anak perempuan satu-satunya.

Bermodalkan mesin jahit ibu berhasil meluluskan saya sebagai Sarjana hingga Master dari salah satu kampus favorit di Indonesia. Apakah jalan yang ditempuh mulus dalam beroleh pendidikan bagi anak perempuannya? Tentu tidak jawabnya.

Jalan berliku dan ujian pun selalu diterjangnya karena ibu yakin pendidikan menjadi kunci bagi saya untuk menjadi perempuan yang memberikan banyak manfaat bagi keluarga dan orang lain.

Menarik untuk dikaji terkait faktor penyebab rendahnya penghargaan pada perempuan di masa lalu. Perempuan dianggap tak lebih dari sekadar penjaga rumah dan tidak memiliki hak untuk berkegiatan di luar rumah.

3 (Tiga) Ciri Yang Melekat Pada Perempuan Di Masa Lalu

Pada era terdahulu, perempuan sulit memiliki pendidikan tinggi. Pendiskreditan ini dibangun tanpa dasar yang jelas. Berikut beberapa ciri yang melekat pada perempuan di masa lalu.

1. Kebodohan

Perempuan sangat identik dengan kebodohan dan keterbelakangan berpikir. Kaum perempuan dibentuk dengan stigma tak perlu memiliki pendidikan tinggi. Sebab perempuan hanya akan melakukan kegiatan di sumur, dapur, dan di kasur.

2. Kemiskinan

Perempuan dianggap tak memiliki kontribusi terhadap sosial dan ekonomi. Sehingga para perempuan di masa lalu masih hidup dalam kemiskinan. Perempuan dianggap tak dapat melakukan apa-apa dalam rangka perbaikan perekonomian rumah tangganya.

3. Ketidakadilan

Diskriminasi serta ketidakadilan yang dirasakan perempuan dalam banyak hal. Ketidakadilan dalam rumah tangga, hukum dan pemerintahan selalu menjadi mimpi buruk bagi perempuan di masa lalu. Hal ini terjadi jauh sebelum era reformasi.

Perempuan dan pendidikan harus mendapat sokongan yang besar dari berbagai lini. Karena perempuan merupakan tonggak perubahan.

Perempuan pun menyimpan kekuatan besar dalam dirinya. Sementara pendidikan menjadi jalan penguat perannya dalam kehidupan keluarga bahkan berbangsa.

Pendidikan dengan perempuan bagai pilinan yang kuat. Entah akan berkarir dalam rumah tangga atau bekerja di luar rumah, nyatanya pendidikan tak pernah sia-sia bagi peran seorang perempuan.

Pentingnya Pendidikan Sebagai Kunci Penguat Peran Perempuan

Pada era modern ini tak ada lagi batasan perempuan hanya layak menjadi subyek pada ruang privat saja. Perempuan dapat berperan dalam ruang publik serta memiliki pengaruh yang kuat. Adapun sebab pentingnya pendidikan sebagai kunci penguat peran perempuan sebagai berikut:

1. Guru atau Pendidik Pertama

Tak dapat dipungkiri peran perempuan sebagai ibu dalam rumah tangga memiliki pengaruh besar dalam dunia pendidikan anaknya. Ibu akan menjadi guru pertama bagi anaknya mengenal dunia dari ketidaktahuan. Guru pertama ini tentu saja menyimpan kekuatan dari kesabaran dan ketenangannya mendidik anak-anak yang kelak akan menjadi agen perubahan bangsa.

2. Motivator Ulung

Penyemangat terbaik di seluruh dunia sudah pasti dari seorang ibu, ialah perempuan. Saat anak-anaknya bahkan suaminya berada di titik terendah kehidupannya, cukup seorang ibu dan istri saja untuk mengembalikan rasa percaya diri. Betapa peran seorang perempuan sangat besar dalam menjadi motivator ulung.

3. Multitasking Handal

Mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan itulah hebatnya perempuan. Para ahli genetika sudah menyatakan perempuan memiliki kromosom yang dapat mempengaruhi kemampuannya dalam multitasking. Hal ini yang menjadikan perempuan mampu memiliki integritas tinggi bila didukung dengan pendidikan yang mumpuni.

4. Teladan Nyata

Tak dapat dipungkiri perempuan atau seorang ibu akan menjadi idola atau teladan nyata bagi anak-anaknya. Salah satu kampanye terbaik adalah lewat seorang ibu. Semua kebaikan yang keluar dari seorang ibu biasanya akan diikuti oleh anak-anaknya. Penentu perubahan tak dapat dijauhkan dari peran perempuan sebagai teladan nyata dalam kehidupan.

EduCenter Sebagai Solusi Pendidikan di Era Modern

Menjadi oase di bidang pendidikan era modern EduCenter mendukung kesetaraan pendidikan bagi semua anak bangsa. Dengan mengusung One Stop Education of Excellence Under One Roof! EduCenter hadir mendobrak konsep pendidikan sebagai kegiatan mengasyikkan dan tidak terbatas pada ruang dan waktu tertentu.
Sudah saatnya kita mendukung konsep belajar dengan cara efisien dan memaksimalkan waktu bagi anak-anak dan tentu menghargai kesibukan para orangtua.
Trend pendidikan EduCenter akan menjadi terobosan segar di tengah padatnya penduduk dan tingkat kemacetan yang semakin bertambah.

EduCenter sebagai pusat edukasi pertama dan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 20 institusi lembaga pendidikan ternama. Lokasi strategis dan dikelilingi dengan 45 (empat puluh lima) institusi pendidikan serta 4 (empat) cluster perumahan elit di sekitar Bumi Serpong Damai (BSD) menjadikan EduCenter unggul berdiri.

Tidak hanya mengajarkan anak-anak dibidang akademik, EduCenter juga membantu mengembangkan kecerdasan dan kreatifitas anak.
EduCenter memberikan fasilitas bagi orangtua yang menunggu anak-anaknya dengan menghadirkan 5 (lima) pilihan cafe dan restoran untuk bersantai sambil menyantap makanan.
educenter-sebagai-solusi-pendidikan-era-modern
EduCenter Sebagai Solusi Pendidikan di Era Modern

Lembaga pendidikan yang bernaung pada EduCenter antara lain Apple Tree Pre-School, Flamingo Studio, Flybest Flight Academy, Kumon, Calculus, UIC College, Uniprep, Farabi Music Education Center, Wow Art, Binary Kiddo, Shane English Center, FarEast Education Language and Cultural Center. Sedangkan untuk restoran EduCenter memiliki beberapa tenant antara lain Hays Bakery, Dentalosophy, K salon, Viva Avere.

EduCenter

Dengan hadirnya EduCenter pada era modern saat ini, keluarga Indonesia yang menginginkan fasilitas pada lembaga pendidikan dalam satu atap bukan lagi impian, melainkan kenyataan. Selain bertujuan meningkatkan fokus belajar anak, efisien waktu dan biaya pun bersahabat. Hal ini dikarenakan lokasi kegiatan berada pada satu tempat modern dan menarik yaitu EduCenter.

Pendidikan anak adalah investasi bagi orangtua. Harapan orangtua pada anak tentulah bermanfaat bagi keluarga dan bangsanya. Bagi perempuan, pendidikan akan menjadi kunci penguat dalam perannya di kehidupan.

Jadi, tunggu apalagi? Segeralah bergabung bersama EduCenter dalam mewujudkan peran pendidikan  bagi anak-anak serta sebagai kunci penguat peran perempuan di era modern.

EduCenter One Stop Education of Excellence
#educenterid

Alamat EduCenter:

Jalan Sekolah Foresta Nomor 8, BSD City
Tangerang, Banten, 15331
Telp. 021-50835678
Email: info@educenter.id
Buka: Senin-Jum’at, 08.00-17.00

 31 total views