Hujan di Jendela

Panduan Memilih Web Hosting Bagi Pemula Bersama Neo Web Hosting

Panduan Memilih Web Hosting Bagi Pemula Bersama Neo Web Hosting

Sebagai ASN yang berjiwa muda saya gemar menulis apa saja. Buah pikiran hingga curhatan, ranah hukum hingga parenting, semua begitu menyenangkan untuk dituangkan ke dalam tulisan. Kegemaran saya menulis dimulai sejak saya duduk dibangku Sekolah Dasar. Puisi merupakan tulisan saya yang pertama.

Singkat cerita, di akhir masa SMA saya memutuskan untuk membuat blog sendiri sebab saya ingin berbagi cerpen dan semua tulisan saya melalui dunia maya atau internet. Saat itu dengan bekal pengetahuan seadanya dan rekomendasi kawan hadirlah hujandijendela(dot)com. Saat membuat hujandijendela(dot)com, saya bahkan belum paham apapun tentang hosting, domain dan segala istilah dalam internet.

Kini panduan memilih web hosting bagi pemula mudah saja kita temui didunia maya. Internet memudahkan kita mencari tentang apa itu blog, website, hosting, domain dan segala printilan-nya. Berikut sharing saya mengenai panduan memilih web hosting bagi pemula bersama neo web hosting. Yuk cekidot!

Panduan Singkat Bagi Pemula Mengenal Hosting dan Domain

Sebelum membuat hujandijendela(dot)com saya tidak memahami perbedaan domain dan hosting. Ternyata domain itu merupakan alamat website seperti hujandijendela(dot)com, hujandijendela(dot)id, dan sebagainya. Bentuk akhiran “com”, “id”, dan sebagainya itu disebut ekstensi domain.

Sedangkan hosting merupakan tempat dari sebuah website, dalam hal ini tempat bagi hujandijendela(dot)com, tempat bagi hujandijendela(dot)id dan seterusnya. Hosting merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah domain. Saling berkaitan satu sama lain.

Memilih alamat website dan tempat bagi domain memang bukan perkara mudah namun demikian asal mau membaca dan memahami tentu bisa saja, paling tidak rajin-rajinlah berselancar didunia maya. Maksudnya tidak perlu menjadi seorang ahli teknologi internet untuk memahami apa itu hosting dan domain. Apa perbedaan keduanya dan sebagainya, kini mudah dipelajari melalui internet.

Panduan Memilih Web Hosting Bagi Pemula Bersama Neo Web Hosting

Bagi pemula membuat blog atau web sendiri tentu harus memperhatikan beberapa hal penting. Siapa yang tidak ingin websitenya berlari kencang dan tempatnya nyaman. Meskipun kuota juga sangat mempengaruhi kinerja internet, tak ada salahnya kita mengenal trik-trik apa yang wajib diketahui sebelum memilih web hosting untuk menulis. Berikut tips saya memilih web hosting bagi pemula bersama neo web hosting, cekidot!

1. Jenis Website

Tentukan jenis web hosting yang akan digunakan. Hujandijendela(dot)com merupakan blog pribadi dimana saya selalu menuangkan apa saja disini. Untuk itu jenis web hosting yang saya pakai tujuannya bersifat pribadi bukan untuk jualan.

Sebelum memilih web hosting, perlu dipertimbangkan jenis web hosting apa yang akan dibuat, apakah untuk pribadi atau untuk bisnis atau jualan. Oleh karena itu, sangat penting menentukan jenis website yang akan digunakan mengingat kapasitas keduanya berbeda.

Misalnya untuk blog pribadi seperti hujandijendela(dot)com mungkin hanya membutuhkan kapasitas hosting 20GB sedangkan web bisnis membutuhkan kapasitas hosting sebesar 50GB.

2. Kualitas Server

Kualitas server tentu saja tidak bisa diabaikan dalam memilih web hosting terbaik. Blog atau website yang sulit diakses akan menghambat pekerjaan dan bisnis. Tentu saja ini akan berdampak pada peningkatan blog atau website serta pendapatan—kalau website sebagai penghasilan tambahan.

Kualitas server yang terbaik biasanya berada tidak jauh dari pelanggannya. Untuk itu pilihlah web hosting dengan lokasi server yang tidak jauh atau masih berada di satu negara dengan pelanggan. Hal ini berguna untuk peningkatan kecepatan layanan.

3. Harga Nyaman di Kantong

Sebagian besar pelanggan biasanya menganggap harga patokan utama. Karena sebagus apapun kualitas yang diberikan kalau harga tidak nyaman di kantong percuma. Meski ini sifatnya relatif atau berbeda untuk masing-masing orang.

Sebelum membeli ada baiknya membandingkan beberapa web hosting yang menawarkan produk serupa dengan harga berbeda. Survey ini penting agar dikemudian hari tidak menyesal memilih salah satu web hosting untuk dipakai selamanya. Dengan membandingkan jadi tahu keunggulan dan kelemahan masing-masing web hosting.

4. Costumer Service

Layanan costumer service yang ramah dan responsif penting bagi saya. Tentu hal ini juga berlaku bagi semua orang dalam berbisnis atau jual beli. Apalagi bagi pemula dalam dunia menulis, memilih web hosting yang terbaik dan cocok untuk dikelola membutuhkan layanan cepat tanggap apabila menemui kendala.

Responsif disini merupakan reaksi cepat dalam merespon setiap keluhan dan pertanyaan seputar web hosting yang dibeli. Sebab, banyak sekali pemilik blog atau website tidak memahami kendala teknis secara mendalam. Untuk itu, bantuan dari costumer service sangat diperlukan.

Biasanya layanan costumer service dalam bentuk email, kini sudah semakin banyak penyedia web hosting yang memberikan layanan pelanggan melalui whatsapp hingga telepon atau hotline service.

5. Pentingnya Keamanan

Mengingat bloger atau berjualan online dengan website menggunakan internet tentu sistem keamanan bukan hal yang bisa dikesampingkan. Pentingnya keamanan dalam memilih web hosting disebabkan maraknya kebocoran data base pelanggan pada sebagian situs. Dampaknya sangat merugikan.

Pastikan dalam memilih hosting memiliki fitur dan keamanan yang jelas. Sebab hal tersebut dapat menghindari dari ancaman malware, antivirus dan kejahatan lainnya. Serta pastikan ada backup berkala. Tanyakan secara detil mengenai keamanan tersebut sebelum memilih web hosting.

6. Shared Hosting

Ada beberapa tipe layanan hosting yang perlu diketahui secara singkat. Shared hosting, dedicated hosting, dan virtual private server. Biasanya untuk pemula cocok dengan tipe shared hosting. Shared hosting biasanya lebih terjangkau untuk harga dan memiliki ciri terdiri dari akun dalam satu tempat secara bersamaan.

Dedicated hosting biasanya hosting dengan tingkat harga yang lebih mahal. Hal ini disebabkan dedicated hosting memiliki 1 server dengan 1 pelanggan saja. Dedicated hosting memiliki kualitas yang lebih baik dari tipe lainnya.

Virtual private server menggunakan server dengan virtual machine. Tipe ini berbeda dengan shared hosting yang bisa berbagi lebih banyak. Kini bahkan para pegiat bisnis layanan hosting berlomba-lomba menawarkan shared dedicated hosting terbaik dengan segala keunggulannya. Salah satunya Biznet Gio.

Alasan Neo Web Hosting Menjadi Web Hosting Pilihan Bagi Pemula dan Semua

Sebagai blogger dengan kesibukan lain yang juga tinggi, tentu dalam memilih web hosting terbaik sangat penting. Untuk itu, tak salah kalau saya merekomendasikan Neo Web Hosting dari Biznet Gio sebagai jawaban panduan terbaik memilih web hosting bagi pemula bahkan untuk semua. Begini keunggulan neo web hosting.

1. Unlimited Network Traffic

Neo web hosting dari Biznet Gio didukung penuh dengan jaringan Biznet bandwidth super besar. Hal ini berpengaruh pada akses ke website , email atau aplikasi bisnis dengan cepat dan tentu saja anti lelet.

2. Sistem Keamanan Terbaik

Dengan fitur SSL yang terbukti memberikan keamanan terhadap seluruh informasi dan data pribadi penggunanya. Fitur ini sangat penting mengingat sekarang marak kebocoran data pribadi melalui dunia maya.

3. Free Domain dan SSL

Siapa yang tidak tertarik dengan gratisan. Neo web hosting pun memberikan domain dan SSL secara cuma-cuma alias gratis tanpa syarat apapun. Renewal domain diberikan selama masa berlangganan. Menarik bukan!

4. Enterprise Grade SSD

Menulis jadi makin semangat tanpa hambatan kecepatan atau ngga lelet lagi. Performa website dan aplikasi jadi lebih cepat dengan Enterprise Grade SSD disetiap paket neo web hosting.

5. Control Panel User Friendly

Neo web hosting memberikan kenyamanan dalam hal pengelolaan. Pengelolaan seluruh kebutuhan web hosting dalam 1 (satu) dashboard yang saling terintegrasi.

6. Litespeed Enterprise (HTTP/3, QUIC& BROTLI)

Akses website jadi semakin optimal dengan web server tercepat di dunia dan mampu menampung traffic dalam jumlah besar. Neo web hosting ngga ada lawannya!

Promo Menarik dari Neo Web Hosting Untuk Panduan Memilih Web Hosting

Setelah membaca berbagai keunggulan dari Neo Web Hosting di atas, siapa sih yang tidak tergoda migrasi. Tak usah galau dan ngga perlu bingung, apalagi ada promo menarik yang ditawarkan oleh neo web hosting sebagai berikut:

 

  1. Diskon berlaku untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting;
  2. Kode Voucher NEO Web Hosting: NEOWH25 (Sudah Termasuk Domain);
  3. Kode Voucher NEO Dedicated Hosting: NEODH25;
  4. Kode Voucher dapat diaktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022 di https://web.neo.id
  5. Diskon hanya dapat digunakan untuk billing cycle annual;
  6. Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru; dan
  7. Kode promo hanya dapat di-redeem sebanyak satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar.
    Panduan Memilih Web Hosting Bagi Pemula Bersama Neo Web Hosting

    Kesimpulan Buat Neo Web Hosting Sebagai Web Hosting Pilihan Bagi Pemula dan Semua

    Menulis memang hobi yang sangat menyenangkan. Apalagi menulis di dunia maya atau internet dengan fasilitas dan layanan prima dari hosting terbaik merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para blogger seperti saya. Sistem keamanan hingga kecepatan sangat mempengaruhi mood menulis.

    Semua yang ditawarkan Neo Web Hosting memang layak untuk dimiliki. Keunggulan yang diberikan mampu memberikan kepuasan pada setiap jenis pelanggan baik itu perorangan maupun bisnis seperti olshop dan sebagainya. Ditambahkan lagi Neo web Hosting milik lokal Indonesia dan memiliki server di dalam negeri.

    Jadi kapan migrasi? Apalagi promo masih terus diberi, buruan jangan tunda lagi!

    Sharing is caring