Mutasi Covid dan Perkembangan Vaksin Covid di Indonesia

Mutasi Covid dan Perkembangan Vaksin Covid di Indonesia

Mutasi Baru Covid di Negara Inggris

Virus Corona atau yang biasa juga disebut Covid-19 masih belum selesai “menginvasi” manusia. Kurva penambahan korban meninggal dan sembuh masih naik turun.

Namun yang lebih mencengangkan lagi kabarnya Covid ini bermutasi. Vaksin Covid harus segera diberikan sebelum perkembangan Covid tak terkendali.

Inggris menyatakan telah menemukan varian baru SARS-Cov-2. Lebih jauh, Inggris menyatakan bahwa varian baru virus Covid ini lebih ganas dan mudah menular dibanding versi sebelumnya.

Mutasi baru Covid tersebut mulai menjangkiti negara Inggris bagian Timur dan Selatan. Lonjakan kasus infeksi Covid ini semakin bertambah. Sehingga Inggris kembali memberlakukan lockdown di negara dengan sistem kerajaan tersebut.

Adalah Matt Hancock, Menteri Kesehatan Inggris yang menyatakan bahwa telah ditemukan varian Covid baru di beberapa bagian negaranya.

Kabar lain dari Patrick Vallance yang merupakan kepala penasihat ilmiah Pemerintah Inggris juga menyatakan ada 23 perubahan genetik dari Covid tersebut.

Mutasi Baru Covid di Negara Afrika Selatan

Afrika Selatan dikabarkan menjadi negara pembawa pertama dari mutasi baru Covid. Mengapa demikian, sebab beberapa minggu sebelum Inggris menyatakan telah menemukan mutasi baru Covid, dua warga negara Inggris tersebut berkunjung ke Afrika Selatan.

Kini seluruh negara melakukan penutupan penerbangan dari atau menuju Afrika Selatan, kalaupun mendesak harus melalui pemeriksaan kesehatan ketat. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penularan varian baru Covid.

Mutasi Baru Covid di Beberapa Negara Lain

Seluruh negara di dunia sedang resah. Pasalnya mutasi baru Covid tersebut sudah ada di beberapa negara lain seperti Australia dan Italia.

Berita mengabarkan mutasi baru Covid di negara Italia tersebut berasal dari warga yang baru melakukan kunjungan dari Inggris.

Di negara Australia pun kabarnya pasien yang terjangkit mutasi baru Covid baru saja melakukan perjalanan dari Inggris.

Mutasi Baru Covid di Negara Terdekat Dengan Indonesia

Indonesia harus lebih berjaga-jaga. Pemerintah harus cepat tanggap terhadap arus wisatawan masuk dan keluar dari negara lain.

Hal ini disebabkan Singapura  dan Malaysia sebagai negara tetangga terdekat Indonesia sudah menyatakan bahwa telah ditemukan pula mutasi baru virus corona di negara tersebut.

Dugaan sementara, varian baru Covid tersebut lebih mudah menular antar manusia. Menurut Inggris, persentase menular ke manusia lebih mudah sekitar 70% untuk varian baru Covid ini.

Perkembangan Vaksin Covid di Indonesia
Mutasi Covid dan Perkembangan Vaksin Covid di Indonesia

Kabar mutasi baru Covid di berbagai negara cukup mencengangkan, Indonesia pun tak boleh lengah. Berbagai upaya tetap dilakukan bahkan diperketat. Meskipun demikian, penelitian terhadap vaksin Covid tetap berjalan.

Untuk perkembangan vaksin Covid beberapa negara telah melakukan penelitian sejak lama. Badan atau lembaga di negara-negara lain terus melakukan kajian mendalam untuk menemukan formula vaksin Covid.

Vaksin Covid yang sedang diteliti antara lain Sinovac dan Merah Putih, Vaksin Johnson & Johnson, Vaksin Moderna, Vaksin Oxford, dan Vaksin Pfizer.

Di Indonesia sendiri Vaksin yang sedang di teliti adalah Sinovac dan Vaksin G42 UAE dari Uni Emirat Arab.

Selain kedua vaksin tersebut, Indonesia juga sedang meneliti Vaksin Merah Putih buatan anak negeri. Semoga tahun depan Indonesia dapat memberikan vaksin Covid kepada seluruh masyarakat.

Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Jaga Imun Meski Belum Mendapat Vaksin Covid

1. Makan Bergizi

Makanan bergizi dapat membantu tubuh bekerja dengan baik. Dengan makan makanan bergizi serta seimbang organ di dalam tubuh terjaga fungsinya sehingga kita akan terhindar dari penyakit.

Mutasi Covid dan Perkembangan Vaksin Covid di Indonesia
2. Minum Sehat

Minum air putih dapat membantu pencernaan terjaga dengan baik. Sebaiknya dalam sehari minumlah air putih untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu minuman herbal alami seperti jamu juga sangat bermanfaat.

3. Tidur Yang Cukup

Mulailah menerapkan hidup sehat dengan tidur yang cukup. Tidur yang cukup artinya memberikan hak bagi tubuh untuk beristirahat. Sehingga keesokan harinya tubuh kembali segar.

Mutasi Covid dan Perkembangan Vaksin Covid di Indonesia
4. Rajin Berolahraga

Berolahraga menjadi salah satu kegiatan yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Pegal dan rasa lelah akibat duduk terlalu lama sangat tidak baik. Untuk itu berolahraga menjadi keharusan di masa pandemi covid ini.

5. Berjemur

Meski perdebatan waktu berjemur di Indonesia masih ada. Namun kegiatan satu ini harus tetap dilakukan. Berjemur juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya kebutuhan akan vitamin D.

Mutasi Covid dan Perkembangan Vaksin Covid di Indonesia
6. Suplemen dan Vitamin

Untuk menjaga daya tahan tubuh suplemen dan vitamin juga diperlukan. Meskipun yang alami dari buah-buahan dan sayuran lebih baik, tak ada salahnya untuk menyediakan vitamin dan suplemen di rumah.

7. Protokol Kesehatan

Selalu menerapkan protokol kesehatan di dalam (bila diperlukan) atau di luar rumah. Seperti memakai masker kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan membawa hand sanitizer.

Mutasi Covid dan Perkembangan Vaksin Covid di Indonesia
8. Stop Merokok

Pola hidup sehat memang sangat penting. Covid ini lebih berbahaya apabila terkena orang yang memiliki penyakit bawaan, lain daripada itu berbahaya pula bagi para perokok aktif.

Penutup

Informasi Vaksin Covid Terbaru di Halodoc

Masa pandemi memang membuat semua orang harus berhati-hati dan selalu waspada. Menjaga protokol kesehatan sudah menjadi kebiasan baru yang tak bisa ditinggalkan.

Mencuci tangan, menjaga jarak dan selalu membawa hand sanitizer kemanapun lazim dijumpai. Sebelum dan sesudah vaksin covid diberikan masyarakat diminta tidak lengah.

Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan dan konsultasi, Halodoc layak dicari. Aplikasi Halodoc juga bisa diunduh melalui gawai atau smartphone.

Di aplikasi Halodoc ini, kita bisa konsultasi seputar kesehatan, melakukan appoinment sebelum kunjungan, bahkan update informasi tentang dunia kesehatan terbaru. Lengkap.

Apalagi di masa sekarang hampir sebagian rutinitas dilakukan dengan jarak jauh. So, tunggu apalagi, buruan download Halodoc sekarang.

Sharing is caring