resep-mpasi-pertama
Gambar hanya contoh, foto dalam cerita masih dalam pencarian, hehehe

MPASI

MPASI atau Makanan Pendamping Asi pertama Sang aku mulai saat usia Sang 5 bulan lewat. Aku menyerah untuk memberikan makan Sang setelah 6bulan. Kalau dipikir-pikir memang 6 bulan tinggal sekejap lagi, selangkah lagi menuju Asi Ekslusif artinya 6bulan pertama hanya asi. Tidak mudah memutuskan untuk memberikan Sang makan, karena aku tetap asi sampai detik ini. Membaca artikel mengenai penelitian WHO bahwa bayi sebaiknya diberikan MPASI setelah 6 bulan karena alasan pencernaannya yang belum sempurna. Banyak kasus yang terjadi sebagian anak yang diberikan MPASI sebelum usia 6 bulan terkena sakit dan bahkan tak jarang ada yang mninggal karena tidak kuat untuk mencerna makanan/organ pencernaannya dipaksa bekerja sebelum waktunya. Organ pencernaannya diklaim belum sempurna. Akan tetapi, aku berdoa Sang sebagian yang kuat, sebagian yang tidak apa-apa untuk MPASI dini, apalagi kata sebagian kawan setelah 5 bulan lewat masih bisa ditoleransi untuk diberikan MPASI, mudah-mudahan Sang sebagian dari yang berhasil, Amiiinnn…

Alasan Pertama MPASI Sang

Alasan mengapa aku memutuskan Sang MPASI yaitu Sang sudah sangat ‘ngeh’ dengan makanan, siapapun yang dilihatnya makan ditatap dengan tatapan ingin sekali (mupeng), sudah bisa mengjangkau makanan yang dipegang siapa saja yang dilihat, selalu rewel lebih dari biasanya. Kemudian aku bertanya pada orang-orang yang berpengalaman atau lebih dulu melahirkan, sebagian memang memberikan MPASI sebelum usia 6 bulan namun sudah lewat 5 bulan. Akhirnya kubulatkan tekad, kukatakan pada suamiku bahwa sepulangnya aku dari Makassar (perjadin atau dinas luar kota) aku hendak memberikan Sang makanan pendamping asi-nya yang pertama.

MPASI Pertama Sangkala

Hari itu Sabtu tanggal 5 April 2014 adalah hari pertama Sang makan. Menu pertamanya kubuatkan puree alpukat. Kenapa aku pilih buah adalah karena menurut pengetahuan dari membaca berbagai bacaan disitus internet, buah yang paling mudah dicerna dan sesuai dengan pencernaan bayi yang masih muda. Pagi itu kukeruk sepotong alpukat, lalu dengan bermodalkan alat food maker p*geon kuhaluskan alpukat yang sudah kukeruk tadi lalu kusaring, kupompa asi sedikit untuk menambahkan asip ke dalam puree alpukat. Yumm! Aku coba lumayan, hehehe

Suami sudah siap mendudukkan Sang di baby walker, slabber siap, kamera siap untuk merekam momen berharga ini, video lewat hp. Agak deg-deg takut Sang tidak suka. Kuayunkan sendok ke dalam mulut Sang dan horeee Sang sukaaa! Alhamdulillah. Tak disangka tak dinyana Sang lahap memakan makanan pendamping asi pertamanya, syukurlah.

Menu MPASI banyak banget macamnya dan buat buibu yang mo ceki-ceki bisa liat di website the asian parents atau website mamapapa.

MPASI pertama Sang sukses!!!

 11 total views