Hujan di Jendela

Maraknya Isi Galon Mudah Dipalsukan dan Dampaknya bagi Kesehatan

Tutup galon mudah dipalsukan ini kriteria air minum yang sehat dan aman cover 1

“Nda, Meru jajan apa ya siang hari, kenapa malam begini batuk-batuk.” Tanya suami suatu malam pada saya. Memang dari kedua anak saya ini, yang nomor 2 alias yang paling kecil memang lebih sensitif apabila makanan atau minuman yang masuk ke tubuhnya tidak sehat.

“Hari ini anak-anak ngga jajan atau ngga keluar rumah, bi.” Jawab saya sambil melihat suami meletakkan hp yang hendak di charge karena sudah low battery. Kami saling berpandangan mencari jawaban.

Makan masih normal saja, minum pun pasti di rumah karena anak-anak tidak saya izinkan untuk membeli minuman kemasan yang ada di warung kelontong. Saya langsung berpikir ke arah air galon kemasan.

Ya, di rumah memang kadang ibu saya inisiatif membeli air galon kemasan sebagai penambah air minum yang di masak. Sambil menghemat gas, air minum isi ulang kemasan lebih praktis katanya. Pernah saya sedikit berargumen pada ibu bahwa sebaiknya air galon kemasan isi ulang tersebut dimasak terlebih dahulu.

Saya berpikir jangan-jangan Meru sering meminum air galon kemasan isi ulang di dispenser yang belum dimasak. Ternyata memang benar, karena lebih mudah untuk menjangkaunya Meru sering meminum air galon kemasan isi ulang yang ada di dapur.

Di rumah air galon isi ulang memang hanya untuk pendamping saja, namun biasanya dimasak terlebih dahulu agar terhindar dari bahaya penyakit dan sebagainya.

Malam itu juga saya sampaikan pada Meru untuk tidak lagi minum air galon kemasan isi ulang sebab belum jelas kebersihannya. Meskipun galonnya berasal dari merk terkenal isi galon mudah dipalsukan. Dan memang di dekat rumah saya penjual air galon kemasan isi ulang memang tidak pernah mengklaim bahwa air minum yang dijualnya berasal dari merk yang tertera di galon tersebut.

Bagaimana dampak isi galon palsu bagi kesehatan konsumen? Yuk, simak pemaparan saya di bawah ini!

Manfaat Air Minum Kemasan bagi Para Ibu Masa Kini

Kriteria Air Minum yang Sehat dan Aman Dikonsumsi Agar Terhindar dari Bahaya Isi Galon yang Mudah Dipalsukan cover 2

Saya teringat betul sejak kecil ibu sering sekali meminta saya untuk menjerang air di dapur setiap pagi dan sore hari. Air minum adalah kebutuhan penting di setiap rumah. Apalagi meminum air sesuai kebutuhan tubuh sehari-hari dapat menjaga kesehatan dan menghindari tubuh dari bahaya penyakit.

Untuk itu, di rumah saya ibu menyediakan panci besar khusus untuk memasak air. Selain diisi ke teko-teko, saya juga menyimpan air panas di dalam termos-termos berukuran besar. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga ada yang membutuhkan air panas.

Dahulu air minum kemasan belum marak seperti saat ini, kalaupun ada harganya masih sangat mahal untuk keluarga saya. Namun kini, perkembangan teknologi dan investasi membuat produsen air minum kemasan semakin banyak bermunculan memproduksi air minum kemasan atau biasa kita sebut air minum galon kemasan.

Memang ditengah kesibukan air galon kemasan sangat membantu para ibu untuk lebih menghemat waktu memasak dan gas/kompor. Cukup mengeluarkan puluhan ribu rupiah sudah memperoleh air minum yang bisa langsung dikonsumsi oleh keluarga.

Berikut secara singkat manfaat air minum galon kemasan yang bisa kita peroleh:

1. Lebih Praktis

Air minum galon kemasan lebih praktis dan tidak perlu dimasak terlebih dahulu sebelum diminum. Setelah kita membeli air minum galon kemasan seluruh keluarga sudah bisa langsung minum dan merasakan manfaatnya.

2. Lebih Sehat

Air minum galon kemasan yang asli dari produsen yang terpercaya sudah tentu telah melalui uji-uji yang ketat sebelum diedarkan ke masyarakat. Sehingga air minum galon kemasan lebih sehat untuk dikonsumsi seluruh keluarga.

3. Hemat

Kalau kita memasak air di dapur selain menggunakan gas kadang kita juga memasak menggunakan kompor listrik. Dengan adanya air galon kemasan yang asli kita bisa menghemat gas atau listrik karena air galon kemasan tidak perlu dimasak kembali.

4. Tahan Lama

Air minum kemasan apabila disimpan sesuai ketentuan bisa bertahan lama dibanding air yang dimasak. Air yang dimasak menggunakan gas atau listrik terkadang menyebabkan timbulnya jamur dan kotoran apabila disimpan terlalu lama.

Dampak Isi Galon Palsu bagi Konsumen

Sejak Meru tidak mengkonsumsi air minum kemasan yang dibeli isi ulang secara langsung dan tidak dimasak terlebih dahulu sudah jarang sekali batuk. Saya pun menyampaikan kepada seluruh anggota keluarga bahwa air minum kemasan galon isi ulang harus dimasak terlebih dahulu atau hanya boleh dipakai untuk kegiatan cuci buah dan sayur saja. Tidak boleh langsung diminum.

Apalagi sekarang makin marak isi galon palsu (isinya yah bukan tutup galon palsu) yang tentunya merugikan konsumen sebagai pelaku langsung yang mengkonsumsi air minum tersebut. Bisa dipastikan pemalsuan tutup galon berindikasi pada isi galon palsu. Artinya isi galon tidak terjamin keaslian dan kemurniannya serta berbahaya bagi kesehatan.

Maraknya pemalsuan tutup galon dan isi galon palsu yang beredar saat ini membuat para ibu termasuk saya merasakan kekhawatiran akan kesehatan keluarga. Bukan tidak mungkin penyakit yang bermunculan akan semakin beragam. Belum juga usai kesedihan kita pada pandemi beberapa tahun di belakang, kini kebutuhan vital manusia melalui air minum pun banyak dipalsukan.

Akibat isi galon mudah dipalsukan membuat produsen nakal berlomba-lomba mencari keuntungan besar. Bahaya kesehatan tentu sangat mengancam kita sebagai konsumen yang sering tidak paham akan pemalsuan.

Menurut saya dampak isi galon palsu sudah sedemikian serius, berikut beberapa pendapat saya:

1. Kesehatan

Dilansir dari tribunnews(dot)com, dokter umum Yeni Wulandari menyampaikan bahwa air minum yang diperjualbelikan wajib memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Banyak tahapan sebelum akhirnya dikonsumsi oleh masyarakat. Kalau isi galon palsu maka bisa dipastikan berbahaya untuk diminum dan penyakit yang bisa menyerang antara lain diare, muntaber, tifus, dan sebagainya.

2. Finansial

Dampak isi galon yang mudah dipalsukan mengakibatkan kerugian finansial bagi masyarakat sebagai konsumen. Sudah lumrah rasanya kalau kita sebagai konsumen sebagian besar menginginkan kualitas yang baik dari setiap produk yang kita beli, apalagi yang dikonsumsi. Dengan harga murah kita kadang tergiur untuk berpindah tempat. Alih-alih ingin membeli air minum isi ulang galon murah ternyata isi galon mudah dipalsukan dan bisa berakibat buruk pada Kesehatan kita.

3. Kepercayaan

Dengan maraknya isi galon palsu tentu memberikan dampak turunnya kepercayaan masyarakat sebagai konsumen kepada pembelian air minum kemasan galon. Bisa jadi konsumen lebih memilih memasak air sendiri karena sudah tentu terjamin matinya kuman-kuman akibat pemanasan sampai suhu tertentu.

4. Kerugian

Akibat isi galon mudah dipalsukan tentu akan membawa dampak kerugian pada produsen asli. Produsen yang membuat produk dengan kualitas yang baik dan terjamin keasliannya dirugikan dengan harga murah apabila gallon yang digunakan untuk mengisi galon palsu tersebut menggunakan merk terkenal. Sebab tentu saja harga air minum kemasan galon asli dengan yang palsu berbeda. Namun kualitasnya sangat jauh bila dibandingkan dengan isi galon asli daripada isi galon palsu.

Begini Cara Saya Membedakan Galon Palsu dan Asli Supaya Terhindar dari Isi Galon Palsu

Sebenarnya bagi para ibu seperti saya yang memang sehari-harinya melakukan banyak kegiatan di rumah tangga tentu tingkat ketelitian memperhatikan barang cukup tinggi.  Perpindahan benda tertentu yang ada di rumah biasanya sangat jeli, termasuk untuk melihat dan membedakan galon palsu dan asli. Pertama, saya akan memperhatikan apakah tutupnya memang sesuai atau sama persis dengan tutup galon yang asli karena ada alatnya untuk membuka dan menutup tutup galon tanpa cacat. Tetapi kita perlu lebih hati-hati lagi karena ternyata isi galon palsu yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah lama ada di Indonesia.

Hal ini berdampak pada sulitnya membedakan mana tutup galon asli atau palsu, sebab tidak bisa dilihat dengan kasat mata dan terlihat asli serta tidak rusak. Untuk itu, produsen galon biasanya memberikan solusi dengan meminta kita melihat kode galon di website resminya, menyamakan kode di tutup galon dan di galon, meski memang sangat sulit sebab sangat kecil dan samar.

Yang lebih parah lagi, kalau kode pada tutup dan kode galon sama ternyata isi galon merupakan oplosan dan bukan isi aslinya. Solusi untuk hal ini bisa dilakukan dengan membeli produk air galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan rapi, isinya mudah terlihat agar yakin bahwa galon asli, tutup asli, serta isinya pun asli.

Kedua, saya akan memperhatikan bagian badan galon, galon palsu biasanya sudah banyak gesekan dan akan terlihat buram, sedangkan galon asli biasanya lebih terang dan minim goresan. Ketiga, biasanya saya akan jeli untuk merasakan airnya sebab pasti ada perbedaan rasa dari isi galon palsu dengan galon asli.

Kriteria Air Minum Sehat dan Aman Untuk Diminum Guna Menghindari Isi Galon Palsu

Air yang kita minum sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan tubuh sehari-hari. Air menjadi sangat penting sebab kandungan air di tubuh kita sekitar 60% sampai 70%. Organ-organ di dalam tubuh membutuhkan air yang sehat dan aman agar seluruhnya bekerja dengan baik.

Untuk itu dalam memilih dan meminum air ada 3 (tiga) kriteria penting yang harus diperhatikan sebagai berikut:

1. Tidak Berwarna

Air yang sehat dan aman untuk dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna. Ini tentu saja dapat kita lihat secara kasat mata. Air yang jernih atau bening sudah bisa dipastikan sehat dan aman untuk diminum.

2. Tidak Berbau

Kriteria selanjutnya air yang sehat dan aman untuk diminum yaitu air tidak berbau. Pernahkah kamu mencium air yang ada di perumahan sekitar tangerang sepatan, sebagian daerah sana air tanahnya mengandung besi (Fe), sehingga apabila dimasak air akan berbau.

3. Tidak Ada Rasa

Kriteria berikutnya air yang sehat dan aman untuk diminum tentu saja tidak ada rasa alias tawar. Air yang tidak memiliki rasa apapun artinya kandungannya mineral di dalamnya aman untuk dikonsumsi juga banyak kandungan oksigennya.

Dalam kasus maraknya galon palsu akibat mudahnya tutup galon asli untuk dibuka dan ditutup kembali, telah melanggar ketentuan dari hak yang seharusnya diberikan kepada konsumen sebagai penerima manfaat dari penjualan produk.

Kriteria Air Minum yang Sehat dan Aman Dikonsumsi Agar Terhindar dari Bahaya Isi Galon yang Mudah Dipalsukan cover 3
Kesimpulan

Maraknya isi galon palsu memang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan sebab isi galon yang mudah dipalsukan tentu tidak sehat dan tidak aman untuk dikonsumsi. Selain dapat menimbulkan berbagai penyakit, dampak isi galon mudah dipalsukan tentu saja merugikan banyak pihak, baik itu masyarakat sebagai konsumen atau produsen yang menjalankan usahanya sesuai dengan tahapan dan proses yang benar.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah membeli air minum kemasan galon namun ternyata isi galon palsu sebab tutup galon yang mudah dipalsukan. Sudah tentu isinya pun palsu. Isi galon palsu hanya akan membahayakan kesehatan.

Jangan lupa untuk selalu mengecek keaslian kode tutup galon dan di galonnya agar kita bisa terhindar dari galon palsu. Carilah produk yang benar-benar aman dan disegel dengan baik agar mendapat galon asli, tutup asli, dan isinya yang juga asli.

Sharing is caring