sebingkai-kisah-kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan-bersama-dompet-dhuafa
Menebar Kebaikan | Kebaikan Berbagi Dalam Kesulitan

Sebingkai Kisah Kebaikan Berbagi Dalam Kesulitan

Izinkan saya menghirup napas panjang sebelum mulai menorehkan kisah ini ke dalam tulisan. Karena bila ingat kembali kisah kebaikan berbagi yang diperlihatkan ibu saya, rasa haru selalu datang. Kucuran air dari mata pun berlinangan. Maha Besar Allah atas segala janji-Nya pada manusia yang bersabar saat deraan musibah menghantam.

Sebelum menikah dengan ayah, ibu sudah mulai menjahit. Di kampungnya, ranah minang, ibu sering menerima jahitan dari tetangga sekitar rumah. Mulai dari menjahit kebaya, blus perempuan atau baju kurung.

Keterampilan menjahit ibu dapatkan pada masa sekolah. Perempuan yang hanya tamat sekolah dasar ini sangat menekuni kegiatan menjahit. Setiap pagi, saat sang fajar belum terbit di ufuk timur ibu sudah bangun untuk menjerang air dan menanak nasi. Setelah semua tanak, barulah ibu berangkat ke sekolah–berjalan kaki.

Sepulang sekolah ibu pergi ke rumah Mak Tuo. Masih segaris kerabat dengan Uwo–panggilan untuk nenek saya. Pada Mak Tuo itulah ibu belajar menjahit. Selesai belajar menjahit, ibu menjual nangka kupas dibentuk sate dan sala lauak milik Mak Tuo, guru menjahitnya. Hal itu dilakukan ibu sebagai pengganti bayaran belajar menjahit.

Hari berganti bulan dan bulan digantikan tahun. Ibu meminang ayah karena latar belakang matrilineal masih melekat di adat. Tak lama berselang, mereka berdua merantau ke Jakarta. Tempat segala bentuk usaha bisa mendatangkan rupiah–katanya. Bermodal uang seadanya ibu membeli mesin jahit bekas, kemudian mulai menjahit kecil-kecilan di rumah yang disewa beberapa puluh ribu perbulannya.

Siang malam ibu bekerja menjahit pesanan. Ayah membantu saat malam tiba bergantian. Terus tak menyerah demi menghidupi kami anak-anaknya. Semua dilakukan dengan penuh keyakinan bahwa anak-anak harus hidup dan sekolah dengan layak.

Bertahun-tahun ibu menekuni usaha menjahit untuk membantu ayah mencari nafkah. Hingga mempekerjakan beberapa penjahit dari kampung.

sebingkai-kisah-kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan-lomba-blog
Kebaikan Berbagi Dalam Kesulitan

Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Semua berubah saat gempa terjadi di Padang pada tahun 2009 silam. Usaha ibu gulung tikar. Hal ini dikarenakan penjahit yang ada harus kembali ke kampung mengurus orangtuanya yang terkena bencana. Usaha menjahit ibu berhenti.

Hampir sepuluh tahun berhenti, kini ibu ingin memulai lagi menjahit kecil-kecilan di rumah. Ibu bilang nanti kalau sudah jalan usaha menjahitnya biar diteruskan oleh anak-anak. Tepat di awal bulan Januari tahun 2020, ibu mulai menjahit mukena atau alat sholat untuk perempuan–dengan beberapa mesin jahit yang tersisa.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” QS: Al-Baqarah ayat 155
Allah subhanahu wa ta’ala selalu menyayangi umatnya, maka itu Allah akan terus memberi ujian pada umat-Nya. Bukti kasih sayang Allah pada ibu dan keluarga saya ujian kembali datang menghampiri. Wabah virus covid-19 atau virus corona memberikan dampak besar pada usaha ibu.
Kesabaran dan keikhlasan kembali diuji. Jahitan ibu terpaksa berhenti lagi. Sebagian mukena yang sudah dikirim ke pedagang di Pasar Tanah Abang belum seluruhnya dibayar. Tak lama berselang, pemerintah mengeluarkan maklumat untuk menutup dan menghentikan kegiatan jual beli di Pasar Tanah Abang tersebut. Penjualan berhenti. Pembayaran ikut tertunda. Semua sengsara.

“Kamu akan benar-benar diuji pada hartamu dan dirimu.” QS: Ali Imran ayat 186

Benar nasihat orang shalih, saat kita terbiasa menerima ujian dengan penuh sabar dan ikhlas maka hati tak akan bersedih lama. Sebab dalam tiap-tiap kesulitan pastilah datang kemudahan. Demikian janji Allah pada hambanya yang bersabar.

Ibu sedih tapi tidak menyerah. Ibu yakin pada janji Allah. Di tengah kesedihan yang menimpanya ibu malah menyedekahkan puluhan mukena ke tetangga sekitar rumah dan keluarga terdekat yang hidup sederhana. Izinkan airmata saya sejenak berlinangan mengingat kisah ini lagi.

Sebagaimana hadist Rasululloh menyatakan setiap kebaikan adalah sedekah, apa yang ibu lakukan di tengah musibah ini pastilah berharap ridho Allah. Satu per satu mukena ibu antar dengan senyum merekah. Ada yang menangis bahagia diberikan mukena. Ada juga yang langsung bertakbir saking senangnya saat ramadhan tiba mendapat mukena baru yang bisa dipakai untuk beribadah.

Saya bertahmid lirih dalam hati. Betapa mulia hati orang yang melahirkan hamba ke dunia lewat #kebaikanberbagi yang dicontohkannya. Betapa akhlak dan perilaku yang baik teramat mudah menyentuh hati–inilah teladan nyata. Bukan hanya mendidik, tetapi ibu memberikan bukti bahwa kebaikan berbagi dapat dilakukan dalam keadaan sulit sekalipun.

Suatu malam beliau bercerita, ibu berencana akan memberikan 50 mukena lagi untuk orang-orang sekitar yang kurang beruntung. Total mukena yang akan diberikan berjumlah 100 potong. Setahu saya harga jual satuan mukena seharga Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per potong. Ibu akan memberikannya dengan cuma-cuma.

lomba-blog-sebingkai-kisah-kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan-bersama-dompet-dhuafa
Menebar Kebaikan

Saya tercekat, tak sanggup berkata-kata. Mendung menggelayut di mata saya. Di ujung mata serasa ada yang hendak tumpah. Saya lafazkan doa diam-diam. Hingga hanya Allah yang dapat dengar. Sehatkan ibu saya Ya Robbul Izzati. Sebingkai kisah kebaikan berbagi di masa sulit yang ibu perlihatkan membuat saya menangkupkan kedua tangan penuh haru.

Setiap Kita Bisa Menebar Kebaikan

Kebaikan berbagi tak mengenal siapa, dimana, dan kapan. Keluhuran akhlak ini lahir dari jiwa-jiwa yang takut kekurangan bekal akhirat. Tak ada orang baik yang merasa dirinya baik. Tak ada orang beriman yang merasa imannya sudah cukup untuk dipertanggungjawabkan saat kematian datang.

Saya jadi teringat kata-kata seorang ustad, bahwa konsep dasar kebaikan dalam Islam ada beberapa nama yaitu al-hasanat, al-ma’ruf, al-khairat dan al-birr. Ketiga kata itu lahir dari kata as-salihat yang artinya “yang sesuai”, “yang baik”, dan “yang bermaslahat”.

Konsep kebaikan yang diajarkan dalam Islam sungguh lengkap. Baik bukan sekadar baik, ia haruslah sesuai, berasal dari yang baik pula dan memiliki manfaat bagi orang lain. Kebaikan berbagi tidak harus dari seorang kaya. Allah lebih senang bila kebaikan itu lahir disaat kekurangan. Maha Benar Allah atas segala firman-Nya.

Kebaikan Berbagi Bersama Dompet Dhuafa

Hadist berdalil kata bermisal, agaknya konsep ini pula menjadikan Dompet Dhuafa membangun wadah untuk membantu kaum dhuafa beroleh manfaat. Prinsip kebaikan berbagi dalam Islam begitu luhur diterapkan Dompet Dhuafa bagi sesama. Tentulah kebaikan berbagi sebagaimana ibu saya miliki, melekat pula pada jiwa-jiwa pendahulu Dompet Dhuafa. Hingga kepedulian Dompet Dhuafa pada umat yang papa terwujud nyata.

lomba-blog-dompet-dhuafa-kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan
Visi Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa lahir pada tahun 1993 dengan program utama ingin mengentaskan kemiskinan. Beliau adalah Parni Hadi, seorang inisiator, pendiri, juga sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan Dompet Dhuafa.

“Jangan Takut Berbagi: Yakinlah bahwa kita tidak akan terjatuh dan bersedih karena berbagi.  Karena hal kecil yang kita bagikan bisa jadi suatu yang sangat berarti dan membahagiakan bagi orang lain.”

Dompet Dhuafa merupakan sebuah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welas asih atau kasih sayang) dan usaha sosial profetik (prophetic socio-technopreneurship).

Sejak berdiri tahun 1993, Dompet Dhuafa kini memiliki 27 cabang di Indonesia dan 5 cabang di beberapa negara yaitu Amerika, Hongkong, Jepang, Korea, dan Australia. Program Dompet Dhuafa beragam, mulai dari kesehatan, ekonomi, pendidikan, sosial dan dakwah, serta budaya.

lomba-blog-kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan
5 Pilar Program Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa membantu mewujudkan niat kebaikan berbagi melalui zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF). Tak perlu khawatir, Dompet Dhuafa selalu menjaga amanah dengan menjunjung tinggi prinsip tranparansi melalui laporan yang dibuatnya setiap tahun.

“Kebaikan yang Tuhan berikan untuk kita akan menjadi lebih bermakna dan bermanfaat jika tidak hanya berhenti pada diri kita sendiri. Tebarkanlah dan raihlah kebaikan berkali lipat.”

Menebar Kebaikan Berbagi Dari Rumah Saja Bersama Layanan Dompet Dhuafa

Wabah virus corona yang masih berlangsung membuat kita harus mengurangi kegiatan di luar rumah. Tapi meski di rumah saja, kita tetap bisa berbagi kebaikan untuk sesama. Mau ikutan berbagi kebaikan bersama Dompet Dhuafa meski di rumah saja? Tak usah bingung dan tak perlu ragu, langsung saja salurkan melalui donasi Dompet Dhuafa.

kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan-layanan-dompet-dhuafa
Layanan Dompet Dhuafa

Donasi Dompet Dhuafa selain bisa dilakukan melalui transfer bank, kini bisa dilakukan melalui online payment seperti LinkAja, Dana, Ovo, Cimb Cliks, IB Muamalat, dan kartu berlogo Mastercard atau Visa. Tinggal mainkan jempol, sudah bisa berdonasi kapan saja dan di mana saja. Praktis bukan!

Dalam rangka membantu para tenaga medis yang sedang berjuang di garda terdepan melawan virus corona, kita juga bisa berbagi kebaikan melalui Dompet Dhuafa. Salah satunya program “1000 APD Untuk Tenaga Medis” yang bisa kita salurkan melalui Ovo.

Caranya mudah saja, berikut saya bagikan:

1. Silahkan buka aplikasi Ovo, pilih menu “deal” di bagian bawah yang saya lingkari.

2. Ketik Dompet Dhuafa di kolom pencarian “cari Merchant”.

sebingkai-kisah-menebar-kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan-bersama-dompet-dhuafa
Donasi Covid-19 Dompet Dhuafa di Aplikasi Ovo | Step 1 & 2

3. Banyak pilihan donasi Dompet Dhuafa, namun untuk donasi “1000 APD untuk Tenaga Medis” pilih yang berlogo hijau Dompet Dhuafa.

4. Pilih Vouchers.

sebingkai-kisah-menebar-kebaikan-berbagi-bersama-dompet-dhuafa
Donasi Covid-19 Dompet Dhuafa di Aplikasi Ovo | Step 3 & 4

 

5. Kolom ini berisi penjelasan singkat mengenai donasi covid-19 “Bersama Kita Lawan Corona 1000 APD Untuk Tenaga Medis”.

6. Konfirmasi serta kontak whatsapp Dompet Dhuafa. Klik “Beli Sekarang” yang bertanda panah ya.

sebingkai-kisah-kebaikan-berbagi-dompet-dhuafa-melalui-ovo
Donasi Covid-19 Dompet Dhuafa di Aplikasi Ovo | Step 5 & 6

7. Klik “Bayar”

8. Berhasil mendonasikan uang sebesar Rp. 20.000 (dua puluh ribu rupiah).

sebingkai-kisah-kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan
Donasi Covid-19 Dompet Dhuafa di Aplikasi Ovo | Step 7 & 8

9. Nomor Referensi dan Detail Pembayaran. Mudah bukan! Tinggal gunakan jempol pada gawai, kita sudah bisa membantu Tim Medis memperoleh APD untuk perlindungan diri melawan corona. Semoga wabah covid-19 segera usai, aamiin.

menebar-kebaikan-berbagi-dalam-kesulitan-bersama-dompet-dhuafa
Donasi Covid-19 Dompet Dhuafa di Aplikasi Ovo | Step 9

Dompet Dhuafa juga memudahkan kita membayar zakat fitrah di bulan ramadhan. Berikut ini sharing betapa mudahnya zakat fitrah di Dompet Dhuafa melalui online payment Dana, simak caranya bersama-sama yuk!

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.” QS: Al-Baqarah ayat 43

1. Buka aplikasi Dana, kemudian pilih bagian “see all” seperti di lingkaran.

2. Geser ke bawah sampai ada pilihan “Donation”, pilih Dompet Dhuafa.

kebaikan-berbagi-dompet=dhuafa-zakat-fitrah-melalui-aplikasi-dana
Zakat Fitrah Dompet Dhuafa di Aplikasi Dana | Step 1 & 2

3. Pilih Zakat Fitrah bila hendak membayar Zakat Fitrah.

4. Tulis nama, niatkan membayar Zakat Fitrah karena Alloh, kemudian centang dan klik bayar/pay zakat. (pembayaran Zakat Fitrah bisa lebih dari 1 orang)

zakat-fitrah-dompet-dhuafa-di-aplikasi-dana-kebaikan-berbagi
Zakat FItrah Dompet Dhuafa di Aplikasi Dana | Step 3 & 4

5. Klik bagian bawah “Pay Rp. 50.000”.

6. Selesai deh! Payment Success, alhamdulillah.

pembayaran-zakat-fitrah-dompet-dhuafa-di-aplikasi-dana
Zakat Fitrah Dompet Dhuafa di Aplikasi Dana | Step 5 & 6

7. Berikut rincian detail pembayaran Zakat Fitrah yang sudah dilakukan. Mudah sekali ya, masyaAllah.

menebar-kebaikan-berbagi-zakat-fitrah-dompet-dhuafa-di-aplikasi-dana
Zakat Fitrah Dompet Dhuafa di Aplikasi Dana | Step 7

Alhamdulillah Dompet Dhuafa memudahkan kita menebar kebaikan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. InsyaAllah berapapun yang kita berikan akan menjadi ladang pahala di akhirat kelak, aamiin. Yuk, ikut berbagi kebaikan bersama Dompet Dhuafa buat saudara-saudara kita yang membutuhkan di luar sana. Ditunggu ya!

Bila hendak berkunjung ke Kantor Pusat Dompet Dhuafa, silahkan datang ke:

Philanthropy Building
Jalan Warung Jati Barat Nomor 14, Jati Padang
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540
Telepon: 021.7821292/Fax: 021.7821333

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa.”

 

#MenebarKebaikan
#LombaBlogMenebarKebaikan
lomba-blog-dompet-dhuafa-tahun-2020-menebar-kebaikan
Lomba Dompet Dhuafa 2020 “Menebar Kebaikan”

 

Referensi Artikel:

  1. Al-Quran al-Karim
  2. https://www.dompetdhuafa.org