Hujan di Jendela

Game Edukasi Anak Gratis di PC – Asah Otak Anak Sejak Dini

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Cover 1

Memilih game edukasi anak memang gampang-gampang susah. Sebelum memilihkan game edukasi tentu harus diketahui usia berapa anak boleh diberikan permainan atau game yang mengedukasi mengasah otak sejak dini. Perkembangan anak di masa golden time itulah menjadi pekerjaan rumah menyenangkan bagi orangtua untuk menggali otak anak dalam tumbuh kembang.

Dulu saat anak saya yang pertama Sangkala usia 4-5 tahun, saya dan suami mulai mengenalkan game dari aplikasi yang tersedia di gawai. Beragam permainan saya unduh terutama game dengan unsur edukasi. Dengan mencari game edukasi harapannya adalah anak-anak mendapatkan rangsangan otak memecahkan persoalan dari permainan.

Kini, saat saya menemukan plays.org rasa senang dan semangat langsung saya tularkan ke anak-anak saya. Ragam permainan yang ditawarkan plays.org bukan saja membuat Sangkala dan Mameru senang, sayapun ikut asyk memainkan game edukasi anak yang gratis di PC ini. Dengan harapan bisa mengasah otak Sangkala dan Mameru hingga anak-anak lainnya sejak dini.

Tahukah Kamu Siapa Penemu Video Game Pertama?

Selama ini kita hanya tahu download game di aplikasi gawai tanpa tahu siapa sih penemu video game pertama kali? Ada beragam pendapat terkait penemuan video game pertama kali, namun penemuan paling lama video game pada tahun 1940-an oleh Edward U. Condon berupa permainan tradisional batang korek api. Kemudian, ada juga pada tahun 1947-an Thomas T. Goldsmith Jr dan Estle Raymann berupa permainan menembak.

Sejak saat itu, perkembangan ilmuwan dalam menciptakan video game makin beragam. Selain beragam pembuatan game juga dikomersilkan untuk masyarakat luas agar menikmati permainan tersebut. Dahulu video game diciptakan sebagian besar untuk menghibur.

Kini pembuatan game tak hanya untuk hiburan saja, melainkan juga sebagai sarana edukasi baik anak-anak hingga orang dewasa. Produsen berloma-lomba untuk menciptakan game yang mampu memberikan edukasi sekaligus mengasah otak.

14 Manfaat Game Edukasi Bagi Anak

Tak dapat dipungkiri bahwa anak-anak lebih bersemangat belajar sambil bermain. Sebab biasanya anak-anak lebih dulu merespon bentuk permainan ketimbang fokus belajar. Untuk itu, apabila pembelajaran yang diberikan diselingi dengan permainan mereka lebih antusias memperhatikannya.

Apa saja sih manfaat game edukasi bagi perkembangan otak anak, cekidot moms:

1. Melatih Anak Dalam Memecahkan Masalah

Game edukasi biasanya memancing anak-anak untuk mencari jalan keluar dari sebuah permainan. Entah itu mencari angka atau huruf tersembunyi sehingga anak-anak akan mencari pemecahan masalah dalam game edukasi tersebut.

2. Melatih Anak Konsentrasi

Bermain game tentu saja membutuhkan konsentrasi. Dengan memberikan game edukasi kepada anak-anak, maka mereka akan dituntut untuk konsentrasi dalam bermain apalagi level semakin bertambah biasanya konsentrasi yang dibutuhkan semakin tinggi. Hal ini dilakukan guna memecahkan masalah dari game tersebut.

3. Melatih Anak Tidak Mudah Menyerah

Game edukasi biasanya membuat semangat bermain anak-anak semakin meningkat. Dalam sebuah permainan akan ada reward yang dicapai apabila permainan dapat diselesaikan, untuk itulah anak-anak biasanya bangkit semangat pantang menyerah demi mencapai tujuan dari permainan tersebut.

4. Memberikan Anak Pengalaman Kalah Menang

 Selayaknya setiap permainan ada menang atau kalah. Game edukasi akan memberikan pengalaman kepada anak-anak bahwa akan selalu ada yang menang dan yang kalah dalam setiap permainan. Dengan demikian anak-anak akan terbiasa sesekali menerima kekalahan dengan lapang dada dan mendapatkan kemenangan tanpa menjadi sombong dan besar kepala. Sifat seperti ini tentu merupakan manfaat yang baik kalau diarahkan dengan baik.

5. Mengembangkan Kreatifitas Anak

Game edukasi biasanya memiliki berbagai macam jenis. Disini anak akan dituntut untuk lebih kreatif dan imajinatif dalam melakukan permainan. Otak anak akan dirangsang lebih banyak berkreasi dalam memecahkan masalah dalam game tersebut.

6. Melatih Kemandirian Anak

Game edukasi mampu melatih kemandirian pada anak-anak. Biasanya anak bermain game tanpa ditemani orangtuanya dengan demikian hal tersebut dapat melatih kemandirian anak dalam memainkan permainan yang disukainya.

7. Melatih Perkembangan Otak dan Indra

Tanpa disadari game edukasi juga mampu membuat otak dan indra anak berkembang karena rangsangan yang diberikan dari game edukasi tersebut. Syaraf motorik dan indra akan berkembang sehingga tumbuh kembang anak menjadi meningkat.

8. Mengenali Bakat Anak

Para orangtua yang baru memiliki anak tentu bertanya-tanya bagaimana cara mengenali bakat pada anak-anaknya. Dengan bermain game edukasi para orangtua ini akan dapat mengenali bakat anak. Sebab dalam game edukasi berbagai jenis karakter game memancing anak memecahkan masalah. Misalnya anak yang menyukai melukis akan asyik dengan game edukasi melukis dan sebagainya.

9. Melatih Kecerdasan Emosi

Game edukasi juga dikatakan mampu untuk melatih kecerdasan emosi anak. Anak yang gemar bermain game edukasi akan diberikan level-level yang semakin sulit dalam memecahkan masalah sehingga emosi anak-anak akan lebih terasah. Pada awalnya mungkin anak-anak akan mudah kesal apabila kalah namun lambat laut akan terbiasa bahwa permainan selalu ada yang menang dan kalah sehingga kecerdasan emosi sang anak lebih dapat dikontrol.

10. Mengenalkan Ragam Bahasa

Sebagaimana diketahui bahwa video game edukasi masih banyak yang berasal dari luar Indonesia. Untuk itu, game edukasi juga mampu mengenalkan anak ragam bahasa dalam permainan yang dimainkannya. Contohnya saja game edukasi yang berasal dari Amerika Serikat tentu berbahasa Inggris, anak-anak yang terbiasa melihat bahasa Inggris akan terbiasa dengan bahasa tersebut.

11. Mengenalkan Teknologi

Video game yang diciptakan para ilmuwan biasanya berasal dari teknologi tingkat tinggi. Dengan bermain game edukasi anak-anak akan mengenal teknologi yang diciptakan dari sebuah game. Bagaimana game tersebut tercipta dan sebagainya.

12. Melatih Kerja Sama

Dalam sebuah permainan kadang dibutuhkan kerja sama antar pemain. Game edukasi akan melatih anak-anak untuk bekerja sama dengan orang lain. Anak-anak akan dilatih untuk bersosialisasi dengan bermain bersama. Pemecahan masalah juga harus mendengarkan pendapat orang lain agar mencapai kemenangan.

13. Melatih Anak Mengenal Ekonomi

Game edukasi terkadang melatih anak mengenal ekonomi. Anak-anak akan diberikan pengenalan tentang prinsip-prinsip dasar ekonomi. Misalnya saja dalam sebuah game penjualan atau berkebun, anak harus memikirkan strategi agar tidak rugi dalam menjual hasil kebun dan sebagainya.

14. Melatih Anak Bersosialisasi

Anak-anak yang bermain game bersama teman-teman tentu akan melatih mereka bersosialisasi. Game edukasi dapat mengajarkan tentang pentingnya sosialisasi dalam kehidupan bersama. Anak yang memiliki jiwa sosialisasi yang tinggi akan memiliki kepekaan melihat keadaan sekitarnya sehingga ia akan ringan tangan terhadap orang lain yang membutuhkan bantuan.

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Cover 2

Game Edukasi Gratis di PC Buat Asah Otak Anak

Banyak sekali aplikasi maupun website yang menawarkan game edukasi bagi anak. Salah satunya adalah plays.org yang semakin hits belakangan ini. Betapa tidak, untuk memainkan game di plays.org kita tidak perlu mengunduh game yang ada disana.

Game yang disediakan oleh plays.org pun sangat beragam jenisnya. Hampir 100 lebih permainan bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Berbagai jenis game baik edukasi, stimulasi, cartoon games, dan sebagainya yang ditawarkan oleh plays.org membuat orangtua senang memberikan game edukasi gratis di PC untuk mengasah otak anak sejak dini.

Berikut beberapa contoh game plays.org yang sayang untuk dilewatkan:

1. Guardians Defenders of Mathematica

Game edukasi dari plays.org ini sangat menarik, contohnya saja Guardians Defenders of Mathematica. Game ini mengasah otak anak karena dalam memainkan game tersebut anak harus menjawab penjumlahan didalamnya. Seru banget.

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Game 1
2. Zombie Typing

Game edukasi anak gratis di PC ini sangat bagus untuk mengasah otak anak sejak dini, contoh lainnya Zombie Typing. Anak-anak harus mengetik kata yang berjalan di bawah kaki zombie kalau tidak mau mati terbunuh oleh zombie.

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Game 2
3. Virtual Xylophone

Game edukasi Virtual Xylophone ini melatih visual dan audio anak yang masih balita atau batita. Dengan memainkan gam edukasi ini otak anak akan diasah oleh suara dan warna yang indah dalam game tersebut. Bunyi-bunyian yang timbul apabila dipencet akan memberikan anak stimulasi perkembangan syaraf dan motorik.

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Game 3
4. Math Boy

Game edukasi lainnya dari plays.org adalah Math Boy. Game edukasi ini dimainkan dengan menjawab pertanyaan berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan sebagainya. Anak-anak akan dilatih untuk terampil dalam pelajaran Matematika dalam bentuk game edukasi.

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Game 4
5. Build and Protect

Game edukasi 1 (satu) ini sangat kekinian dan banyak digemari anak-anak. Lego yang dimodifikasi oleh plasys.org seru untuk dimainkan anak-anak untuk mengasah otak membangun sebuah bangunan. Game edukasi Build and Protect ini dimainkan secara gratis di website plays.org agar anak-anak semangat belajar sambil bermain.

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Game 5
6. Penguin Cafe

Penguin Cafe melatih anak-anak menjadi pelayan yang menyediakan pesanan pelanggan. Anak-anak dilatih untuk mandiri dan bekerja disiplin. Pesanan yang diantarkan harus sesuai dengan permintaan pelanggan sebab bila tidak sesuai maka pelanggan akan kecewa dan menolaknya.

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Game 6

Game Edukasi Lainnya dari Plays.org Untuk Asah Otak Anak Sejak Dini

1. Beading Art

Game Beading Art ini merupakan game tentang seni. Game ini cocok untuk anak perempuan yang gemar menghias. Game ini seperti menyulam sebab anak diajak untuk mengkreasikan bunga yang ada dengan menambahkan manik-manik juga menjahitnya.

2. Dino Dive

Game Dino Dive adalah game tentang sekumpulan Dinosaurus dengan berbagai jenis yang ada dipinggir palung laut. Dino akan melompat ke dalam palung laut hingga batas air laut dipenuhi. Game edukasi ini menunjukkan perhitungan anak untuk menyesuaikan dino sesuai ukurannya untuk diletakkan di dalam air.

3. Spongebob Squarepants Word Blocks

Rerata anak-anak pasti menyukai karakter satu ini. Spongebob squarepants dan teman-temannya juga hadir di plasy.org dalam sebuah permainan. Game edukasi ini melatih anak mengenal kata dalam bahasa Inggris. Anak-anak harus menemukan kata di setiap kotak yang ada dan menggarisnya.

4. Elmo’s School Friends

Puzzle kekinian dalam Elmo’s School Friends ini dapat membuat anak-anak betah bermain sambil mengedukasi. Game seru dari Sesame Street ini membuat motorik dan visual anak berkembang dengan baik. Mameru menyukai game ini.

5. Super Mario Rush

Para orangtua tentu sudah mengenal game Mario yang sangat terkenal. di Plays.org Mario hadir mengingatkan para angkatan jadul untuk kembali bermain dengan gembira. Dengan settingan yang sedikit berbeda game ini tetap mampu menghibur semua.

6. Poddle Weigh In: Weight Meisuring Balance Game

Game Poddle Weigh In merupakan game tentang menentukan keseimbangan dari berat suatu benda. Menentukan keseimbangan dalam game ini dengan cara penjumlahan berat pada timbangan. Ini tentu termasuk salah satu game edukasi gratis di PC dari plays.org untuk membantu mengasah otak anak sejak dini.

Game Edukasi Anak Gratis di PC - Asah Otak Anak Sejak Dini - Cover 3
Kesimpulan

Kini, Sangkala dan Mameru tidak kesulitan lagi mencari game edukasi gratis di PC untuk membantu mengasah otak dalam bermain. Sebab plays.org menawarkan permainan edukasi artinya anak-anak bisa bermain sambil belajar melalui game. Orangtua pun ikut senang.

Buat para moms di luar sana jangan lupa tetap batasi anak-anak bermain game ya. Meskipun plays.org menawarkan game edukasi gratis di PC untuk asah otak anak, para orangtua tetap wajib mengawasi dan membatasi waktu bermain game agar tidak terlena dengan pekerjaan utama yaitu belajar dan beribadah.

Selamat bersenang-senang bermain di plays.org ya anak-anak.

Sharing is caring