Sebagai pendatang atau perantau sementara di Yogyakarta, saya merasa sangat bahagia bisa mendapat kesempatan untuk melihat festival layang-layang pada hari Minggu 29 Juli 2018. Festival layang-layang ini diadakan di Pantai Parangkusumo dalam rangka Kite Festival dan memperebutkan Piala Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X serta berhadiah uang puluhan juta rupiah.
Bagus-bagus banget, jenis layang-layangnya sangat beragam, baik itu bentuknya 2 dimensi dan 3 dimensi dengan karakter berbeda-beda. Ada layang-layang berbentuk boneka, lingkaran pelangi, naga panjang yang cantik dan lain-lain.
festival-layang-layang-yogyakarta
Walaupun terik melanda dan pada saat itu air laut pantai selatan dikabarkan sedang tinggi ombaknya, namun kegiatan festival tersebut tetap berjalan dengan lancar. Indah sekali melihat pelangi layang-layang terbang di udara. Jangan tanya hasil fotonya, sudah tentu paduan langit yang begitu cerah dengan kekontrasan warna layang-layang akan membuat mata setiap kita kagum melihatnya.
festival-layang-layang-yogyakarta-indah
Festival layang-layang ini kabarnya menjadi ajang untuk melatih daerah Bantul untuk melaksanakan festival layang-layang internasional. Sudah tentu keuntungan bagi negara akan menjadi tujuan destinasi yang lebih baik lagi dengan menyelenggarakan festival tersebut.
pemandangan-festival-layang-layang-yogyakarta
Festival layang-layang ini diselenggarakan beberapa hari, saya kesana pada hari terakhir karena info yang baru saya dapat memang mepet, tapi saya tetap senang dan bangga dapat melihat festival layang-layang yang menjadi salah satu kegiatan daerah Bantul, Yogyakarta.
festival-layang-layang-yogyakarta
Semoga di tahun mendatang saya berkesempatan untuk datang ke Yogyakarta agar dapat menyaksikan festival layang-layang kembali.

 

 16 total views