Hujan di Jendela

Aplikasi Siap Kerja QuBisa, Persiapan Masuk Kerja Terpercaya

Aplikasi Belajar Online QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - cover

Jangankan aplikasi belajar online seperti QuBisa, dulu, hendak mengetik surat lamaran kerja menggunakan komputer saja saya harus menempuh beberapa ratus meter ke warnet alias warung internet. Setibanya di warung internet kadang masih harus mengantre menunggu komputer yang kosong. Tidak berhenti disitu saja, pastikan bertanya kepada penjaga warnet, komputer mana yang waktunya segera habis–kalau tidak mau menunggu lama.

Dahulu, sarana belajar menggunakan aplikasi online untuk persiapan masuk kerja belum ada. Di internet, sarana belajar masih tersebar dalam bentuk teori singkat dan pengalaman dari seseorang yang berbagi melalui blog, website, dan sebagainya. Saya ingat betul, sebelum masuk dunia kerja dan melamar di suatu badan usaha, harus bersusah payah mencari profil tentang badan usaha tersebut sebagai persiapan masuk kerja.

Kini, melalui aplikasi belajar online dan aplikasi siap kerja dapat membantu kita meningkatkan skill baik itu soft skill maupun hard skill. Saat sudah bekerja pun skill yang ada masih harus diasah melalui metode upskilling maupun reskilling.

Persiapan Masuk Dunia Kerja Bukan Hanya Tentang IPK dan/atau Nilai Rapot Semata

Banyak orang berpikir sebelum masuk ke dunia kerja nilai rapot dan/atau IPK alias indeks prestasi kumulatif yang diraih di kampus sangat penting. Eitss, nanti dulu, pada kenyataannya ketika sudah terjun di dunia kerja nilai dan IPK yang tinggi tidak menjamin seseorang mampu menerapkan ilmu teori ke dalam praktek dunia kerja.

Nilai dan atau IPK yang tinggi harus diseimbangkan pula dengan kemampuan soft skill dan hard skill-nya. Sebab dalam dunia kerja persaingan tak mungkin dihindari. Kalau skill tidak diasah maka akan tertinggal.

Inilah yang menyebabkan banyak fresh graduate dengan nilai atau IPK tinggi membutuhkan peningkatan kemampuan diri dalam dunia kerja dengan cara training dan workshop saat pertama bekerja.

Tips Upgrade Skill Sejak Wawancara Persiapan Masuk Kerja

Skill menurut pandangan ahli merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu. Kata lainnya adalah keahlian, keterampilan dan sebagainya. Skill tidak selalu bermakna kemampuan akan sesuatu yang rumit atau sulit contohnya kemampuan melipat pakaian.

Skill terdiri dari soft skill dan hard skill. Soft skill biasanya ditandai dengan kemampuan personal atau berasal dari dalam diri seseorang. Sedangkan hard skill kemampuan spesifik tertentu seperti kemampuan bahasa, komputer dan sebagainya.

Dalam dunia kerja skill atau kemampuan pelamar kadang bisa dilihat dan dinilai sejak wawancara. Meskipun demikian, saat sudah bekerja penilaian tersebut juga dapat dilihat oleh pimpinan.

Berikut ini pengalaman saya saat wawancara tahap akhir sebelum bekerja di salah satu kementerian di Jakarta. Sebelum aplikasi siap kerja seperti QuBisa, saya hanya belajar tips wawancara dari orang yang sudah berpengalaman bekerja.

1. Pelajari Profil Tempat Kerja

Meskipun banyak yang bilang interview tahap akhir merupakan ajang bercerita dan berkisah tentang dirimu secara pribadi, bukan tidak mungkin pertanyaan yang akan dilontarkan pewawancara seputar profil tempat kerja. Bacalah bidang usaha apa saja yang ada di sana. Apa kekhasan yang ada di tempat kerjamu sehingga kamu memilih melamar di sana.

Mengenal profil tempat kerja dan menjelaskannya dengan penuh semangat akan membuat pewawancara terpukau. Kamu dianggap serius melamar posisi tersebut. Sampaikan bahwa kamu layak untuk berada di sana sebab profil tempat kerjamu akan bersinergi positif dengan kemampuanmu–kelak.

2. Hindari Grogi

Hampir setiap orang yang melakukan wawancara mengalami grogi untuk pertama kali. Bahkan terkadang berkali-kali mengalami grogi atau canggung. Hal ini lumrah namun tentu bisa disiasati.

Tarik nafas dalam-dalam, hembuskan perlahan. Kalau perlu tutup matamu dan berusaha tenang. Bayangkan kamu hanya akan mengobrol santai.

Bila perlu makan permen terlebih dahulu sebelum wawancara. Kamu harus berlatih menghindari grogi agar ucapan yang terdengar tidak terbata-bata. Bayangkan bahwa pewawancara adalah kawan sebaya yang sedang bertanya.

3. Eye Contact dan Gesture Tubuh

Wawancara tahap akhir biasanya menjadi penentu pemberi pekerjaan untuk melihat apakah si pelamar memang layak untuk bergabung membangun badan usaha. Sebagai pelamar sebaiknya gunakan eye contact saat pertanyaan dalam wawancara diberikan kepadamu. Tatap mata pewawancara dengan sopan dan percaya diri.

Berikan gesture tubuh yang tegas sopan. Duduk tegak akan membuat gesture tubuh terlihat percaya diri dan tidak minder. Bila suka memainkan tangan usahakan jangan berlebihan. Intonasi suara yang tegas dan jelas akan membuat kita lebih percaya diri dalam menjawab setiap pertanyaan.

4. Jawab Pertanyaan Dengan Maksimal

Tak ada jaminan semua pertanyaan pasti akan kita jawab secara benar dalam wawancara, namun demikian apabila kita memang menemui kebuntuan dalam menjawab pertanyaan wawancara sampaikan apa adanya dengan jawaban diplomatis. Misalnya:

“Saya belum mempelajari hal tersebut secara mendalam, namun saya siap untuk belajar lebih baik lagi agar memahami konsep dan prospeknya ke depan.”

5. Percaya Diri

Rasa percaya diri memang tidak memiliki ukuran pasti. Namun, dalam wawancara pastikan kamu berusaha menjawab seluruh pertanyaan pewawancara dengan baik, sopan, dan tegas. Kepercayaan diri merupakan kunci bahwa pelamar yakin pada dirinya sendiri dan hal itu akan berdampak dalam melakukan setiap pekerjaan.

6. Bahasa

Kalau tempat pekerjaanmu menuntut untuk lihai berbahasa lain selain bahasa Indonesia, tak ada salahnya kamu berlatih agar lancar menggunakan bahasa asing saat wawancara.

Pengalamanku Saat Persiapan Masuk Kerja Pertama Kali

Pertama kali lulus kuliah sarjana saya belum tahu kemana saya akan melamar pekerjaan. Jurusan hukum yang saya ambil memang memiliki pilihan pekerjaan cukup beragam. Bisa di kantor hukum atau lawfirm, kementerian atau lembaga negara, bank dan sebagainya.

Dahulu saya tidak menemukan aplikasi siap kerja seperti QuBisa, untuk itu saya pun tidak memiliki pengalaman upgrade kemampuan sebelum melamar pekerjaan. Sampai akhirnya saya memberanikan diri mendaftar CPNS.

Saya tertarik untuk melamar calon pegawai negeri sipil atau CPNS dengan alasan bahwa perempuan menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) lebih memiliki banyak kesempatan untuk mengapresiasikan diri. Sebab yang saya dengar bekerja di swasta rawan untuk dipecat atau di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).

Singkat cerita saya berhasil masuk ke salah satu kementerian negara di ibukota. Bukan tidak deg-degan, saya ingat betul malam hari sebelum esoknya saya mulai pertama bekerja grogi menyerang hebat. Saya takut bila besok bertemu dengan pimpinan akan diserbu dengan berbagai pertanyaan teknis.

Bisa dibayangkan, seorang sarjana hukum yang diterima di kementerian dengan bidang usaha perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan unit penegakan hukum harus memahami peraturan perundang-undangan di bidang lingkunga hidup dan kehutanan. Padahal, saat kuliah tentu berbeda dengan dunia kerja. Di kampus kita hanya mendapat materi hukum lingkungan dari pakarnya berupa teori-teori saja, itupun tidak mendalam.

Mau tidak mau saya belajar dari nol mengenai teknis lingkungan seperti apa itu bahan berbahaya beracun, apa itu pencemaran, apa itu kebakaran dan seterusnya. Semua itu berbeda dari sekadar teori di perkuliahan. Untuk itu, kunci utama yang saya alami ketika hendak masuk dunia kerja pertama kali adalah jangan pernah segan atau malu untuk bertanya kepada senior.

Biasanya para pekerja saat pertama kali bekerja akan mendapatkan shock culture di tempat kerja. Misalnya saja di saat hari pertama bekerja saya kira saya akan dihadapkan pada analisa pasal per pasal, ternyata jauh panggang dari api. Saya ingat betul hari pertama bekerja pimpinan meminta saya untuk membuat surat undangan dan nota dinas–administratif persuratan.

Saat itu saya sama sekali tidak tahu bagaimana membuat surat undangan dan nota dinas bahkan tidak ada dalam aplikasi siap kerja. Sebab redaksional surat undangan atau nota dinas berbeda dengan analisa hukum atau legal opinion. Saya yang semasa kuliah mendapat tugas membuat legal drafting dan legal opinion mau tidak mau harus membuat surat undangan dan nota dinas.

Akhirnya, saya dekati salah seorang senior di sana dan meminta masukan dari beliau terkait surat undangan dan nota dinas tersebut. Selain itu, pimpinan pun tak segan untuk mengajak diskusi di hari pertama saya bekerja. Menjadi diri sendiri dan tidak memaksa untuk terlihat sempurna akan membuat kita nyaman. Untuk itu, jadilah diri sendiri sejak pertama masuk dan memulai bekerja.

Pentingnya Upskilling dan Reskilling Dalam Bekerja

Untuk meningkatkan skill sumber daya manusia yang ada di perusahaan biasanya badan usaha akan memberikan pelatihan atau training sebagaimana juga diajarkan dalam aplikasi QuBisa. Hal tersebut biasanya menjadi bagian tak terpisahkan dari rencana tahunan perusahaan. Perusahaan akan mendapatkan karyawan yang semakin meningkat skillnya sementara itu karyawan pun diuntungkan sebab menambah ilmu–win win.

Seperti aplikasi siap kerja QuBisa yang juga mengajarkan kita cara meningkatkan upskilling dan reskilling. Apasih makna kedua kata yang berpengaruh dalam dunia kerja ini?

1. Upskilling

Upskilling merupakan proses meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan. Dari kata “up” maknanya kemampuan yang sudah ada ditingkatkan. Misalnya pelatihan komputer tingkat advanced atau tingkat mahir.

Dari yang sebelumnya hanya belajar dasar-dasar komputer di-Upskilling oleh perusahaan dengan pelatihan komputer yang lebih tinggi. Tentu saja harapannya akan menguntungkan perusahaan ke depannya.

2. Reskilling

Reskilling merupakan proses meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan dengan kemampuan baru. Reskilling ini berbeda dengan kemampuan awal. Contohnya seorang karyawan dengan keahlian atau kemampuan ilmu hukum diberikan pelatihan berupa manajemen keuangan dengan alasan akan naik menjadi manajer.

Manajer diharapkan mampu memahami keuangan yang jauh berbeda dengan latar belakang sekolahnya. Alhasil kemampuan baru dengan metode reskilling tersebut mampu memberikan keuntungan pada perusahaan.

Metode upskilling dan reskilling dalam dunia kerja sangat penting. Sebab dengan kedua metode tersebut perusahaan akan meningkat dan berkembang ke arah yang lebih baik. Kedua metode peningkatan kualitas SDM tersebut pun dianggap sebagai bentuk perhatian perusahaan terhadap karyawan.

Selain meningkatkan kinerja karyawan dengan upskilling dan reskilling tentu juga akan memberikan kepuasan pelanggan. Hal ini menjadi salah satu tujuan dari dibentuknya perusahaan tersebut. Kini, ditengah gencarnya dunia digital bentuk peningkatan kualitas karyawan bisa melalui kursus online atau webinar dan sebagainya.

Pentingnya Aplikasi Siap Kerja Online QuBisa Dalam Menghadapi Dunia Kerja Era Digital

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat kemudahan-kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Contohnya dulu orang menanak nasi menggunakan kompor dengan beberapa kali tahapan. Kini tinggal colok dan pencet nasi sudah matang dan siap disantap.
Contoh lain dari perkembangan teknologi yaitu sebelum pandemi orang masih tabu dengan belajar sistem online. Saat pandemi covid-19 menyerang dunia, Indonesia mulai mengenal belajar daring atau via online. Bukan perkara mudah, pro kontra mengudara dimana-mana.
Meskipun demikian, akhirnya Indonesia memahami pentingnya sistem pembelajaran online ke depannya termasuk dalam persiapan masuk dunia kerja. Tak ada salahnya mengintip salah satu aplikasi mumpuni QuBisa dalam keberhasilannya menyediakan aplikasi siap kerja di Indonesia.

a. Kemampuan Dasar

QuBisa sebagai aplikasi belajar online memiliki berbagai kriteria dalam rangka mempersiapkan personal menghadapi dunia kerja. Salah satunya kemampuan dasar yang harus dimiliki bagi pelamar. Program keterampilan dasar ini memiliki banyak pilihan materi seperti materi tentang asuransi bagi pemula, belajar motret, investasi saham pertama, dan sebagainya. Harganya bervariasi dari yang gratis hingga berbayar, pastinya terjangkau dan worth it.
Aplikasi Siap Kerja QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - Kemampuan Dasar

b. Agilitas

Kemampuan agilitas ini membuat kita mampu mengetahui motivasi diri dalam meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan mengikuti perkembangan sesuai profesi di berbagai bidang. Aplikasi belajar online di QuBisa kategori agilitas antara lain “Kiat Memasuki Dunia Kerja di Era Digital”, “Tips Persiapkan Diri Masuk Perusahaan Besar”. Saya bisikin, untuk kedua contoh pelajaran online di QuBisa tersebut gratis tis tis. Asyik ya!
Aplikasi Siap Kerja QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - Agilitas

c. Kepemimpinan

Siapa sih yang karirnya ngga ingin terus melesat? Pastinya setiap pekerjaan menyelipkan harapan untuk terus menaiki tangga karir. Nah, QuBisa juga memberikan materi tentang bagaimana menjadi pemimpin dan bisa berpengaruh pada perusahaan dalam kebaikan. Banyak sekali kursus belajar online di QuBisa.
Aplikasi Siap Kerja QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - Kepemimpinan

d. Inovasi

Kalau permasalahan di suatu perusahaan mentok biasanya inovasi diperlukan sebagai solusi. QuBisa memberikan sarana belajar terkait pemecahan solusi apabila ditemui dalam perjalanan pekerjaan. Kita diberikan pemahaman bagaimana menganalisa masalah hingga mencari solusi bahkan inovasi dalam pemecahan masalah tersebut.
Aplikasi Siap Kerja QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - Inovasi

e. Keseimbangan Diri

Materi keseimbangan diri disini maknanya bahwa kita diarahkan bagaimana memiliki kepercayaan diri. Kita diajarkan untuk merdeka dalam menyampaikan argumentasi, persepsi, dan pendapat secara objektif. Artinya secara psikologis kita juga diberikan bekal untuk lebih mencintai diri sendiri dengan merdeka.
Aplikasi Siap Kerja QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - Keseimbangan Diri

Tingkatkan Soft Skill dan Hard Skill di QuBisa

Dalam dunia kerja kemampuan soft skill dan hard skill menjadi aspek yang paling mendasar yang harus dimiliki setiap pelamar. Bahkan, bagi yang sudah bekerja pun kemampuan soft skill dan hard skill ini tetap harus ditingkatkan. Dengan aplikasi siap kerja QuBisa, saya melihat kedua aspek tersebut padu padan ditawarkan.

Dengan berbagai pilihan baik kursus, microlearning, webinar dan sebagainya membuat pencari kerja dapat menimba ilmu tak hanya melalui tatap muka saja. Adapun pengenalan yang saya dapat melihat website dan aplikasi siap kerja QuBisa saya menemukan 2 (dua) aspek penting ini di QuBisa.

1. Soft Skill

Sebagaimana kita ketahui bahwa kemampuan soft skill merupakan kemampuan yang bersifat pribadi. Soft Skill adalah kemampuan dalam pribadi atau kepribadian seseorang. Soft skill ini bersifat personal contohnya bagaimana kamu berinteraksi dengan rekan sesama kerja, dengan pimpinan, bahkan dengan pihak ketiga di luar kerja.

Kemampuan soft skill ini juga berusaha disasar QuBisa untuk dibagi kepada semua orang yang sedang mencari pekerjaan atau untuk meningkatkan posisinya di pekerjaan. Salah satu contoh materi tentang soft skill di QuBisa yang bisa kita ikuti yaitu “Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Konsep 3K”, “Meningkatkan Komunikasi Efektif” dan sebagainya.

2. Hard Skill

Dalam dunia kerja kemampuan hard skill biasanya ditandai dengan selembar ijazah atau lebih. Hard skill merupakan pengakuan tertulis tentang kemampuan kita. Hard skill bisa dilihat dari jurusan studi misalnya akutansi, hukum, dokter dan lain lain. Kalau sekolah kejuruan contohnya sekretaris, administrasi perkantoran dan sebagainya.

QuBisa pun menawarkan berbagai jenis pelatihan terkait peningkatan hard skill. Misalnya saja kursus tentang “Belajar Analisis Data dengan Google Sheets”, maka kita akan dipandu oleh pengajar profesional terkait kemampuan tersebut. Banyak lagi jenis pelatihan yang meningkatkan hard skill di QuBisa.

Aplikasi Siap Kerja QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - kursus online 4

Pengalaman Belajar di QuBisa dan Alasan QuBisa Jadi Aplikasi Siap Kerja Terpercaya

Pertama kali melihat website QuBisa saya langsung penasaran download aplikasinya. Belajar gak ribet karena sistem online. Pandangan pertama melihat banyaknya pilihan jadi semangat. Ibaratnya kalau kita ke warung tentu senang dengan banyaknya pilihan jajanan ketimbang sedikit pilihan.

Senang sekali mendengar QuBisa menawarkan banyak sekali materi pembelajaran. Aplikasi belajar online dan aplikasi siap kerja QuBisa memberikan materi pembelajaran bagi siapa saja. Mulai dari pembelajaran bagi yang masih sekolah atau yang siap mencari kerja.

Dengan 200+ jenis kursus, 300+ instruktur, 2000+ microlearning, dan lebih dari 120.000+ murid yang terdaftar membuat QuBisa menjadi salah satu platform yang menawarkan cara belajar efektif. Tipe belajar ngga ribet yang ditawarkan QuBisa tentu meningkatkan kemampuan dan semangat belajar hingga upskilling dan reskilling menjadi terasah.

Melihat pengalaman di belakang, dimana sistem belajar tatap muka masih dominan, QuBisa mampu menghadirkan cara belajar efektif dan ngga ribet. Ini merupakan salah satu cara meningkatkan personal branding. Berikut pengalaman saya belajar dan kursus tentang “Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Konsep 3K”.

Senangnya lagi kursus online gratis di QuBisa kita bisa dapat sertifikat juga lho. Kursus aplikasi persiapan kerja di QuBisa menjadi salah satu cara meningkatkan personal branding. Pengalaman dan sertifikat tentu menambah nilai lebih biodata pribadi kita.

1. Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Dalam dunia kerja ada saja masalah yang akan tiba. Munculnya masalah biasanya harus dicarikan solusi baik itu segera atau berjangka. Terkadang kemampuan soft skill seseorang yang tidak mumpuni akan panik bila masalah menyerang.

Dalam kursus online gratis “Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Konsep 3K” kita diajarkan 3K aspek penting dalam pemecahan masalah yaitu 3K konteks, konten, dan konklusi. Memahami konteks maka kita akan bisa memahami konten dan tentu akan menemukan konklusi atau kesimpulan.

Misal konteks itu adalah latar belakang, pengantar atau kondisi yang kita bicarakan. Konten misalnya apa yang akan dibicarakan terkait latar tersebut, termasuk tips-tipsnya dan sebagainya. Kesimpulannya atau konklusi dari konteks dan konten yang sudah kita dapat. Biasanya dalam konklusi kita sampaikan solusinya bahkan dapat berupa policy brief (misalnya) dalam menindaklanjuti konteks dan konten.

2. Melatih Kepercayaan Diri Dalam Menghadapi Masalah

Saya juga melihat dalam Kursus “Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Konsep 3K” merupakan salah satu cara melatih diri untuk meningkatkan soft skill kita dalam menghadapi masalah di dunia pekerjaan. Kepercayaan diri ini dibangun melihat aspek 3K tersebut. Situasi dan lingkungan yang bisa kita baca akan mampu membuat kita memahami langkah apa yang akan kita ambil dalam pemecahan suatu masalah.

Dengan demikian, menurut saya tak ada alasan untuk tidak belajar dan menimba ilmu dari aplikasi QuBisa. Semua kemampuan baik soft skill dan hard skill ditawarkan dengan profesional dan baik.

Aplikasi Siap Kerja QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - cover

Kesimpulan Alasan QuBisa Jadi Aplikasi Siap Kerja Terpercaya

Sebagaimana Einstein berkata:

“Education is not the learning of facts, but the training of the mind to think”.

Pendidikan bukanlah belajar tentang fakta, melainkan pelatihan pemikiran untuk berpikir. Maknanya ada kemampuan soft skill dan hard skill di pernyataan yang Einstein sampaikan. Kita belajar bukan hanya mengejar selembar ijazah namun bagaimana kita mengasah dan meningkatkan kemampuan dalam diri untuk bermanfaat bagi pekerjaan dalam kebaikan.

Yuk, buruan download aplikasi siap kerja QuBisa dan segera ikuti kursus, webinar serta microlearning yang ada sebagai persiapan masuk kerja terpercaya atau dalam rangka peningkatan skill saat sudah bekerja. Belajar gak ribet di QuBisa. Kamu bisa langsung download di Appstore atau Playstore.

QuBisa juga sedang menyelenggarakan Kompetisi Blog dengan tema Memulai Karir Lebih Percaya Diri bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa. Total hadiahnya sepuluh juta rupiah. Buat kalian millenial, pelajar, blogger, umum dan semuanya bisa menjajal peruntungan di kompetisi blog ini.

Dengan aplikasi QuBisa kita tingkatkan kemampuan, tingkatkan personal branding melalui belajar efektif, belajar gak ribet dengan upskilling dan reskilling. Kalau aku bisa, kamu pasti bisa!

Aplikasi Belajar Online QuBisa Persiapan Masuk Kerja Terpercaya - lomba blog
Sharing is caring