oleh-oleh-khas-samarinda-kalimantan-timur
Oleh-oleh Samarinda

4 Minyak Obat Khas Kalimantan 

Kalimantan atau sering juga disebut dengan Borneo merupakan pulau ketiga terbesar di dunia setelah Greenland. Auto ingat pelajaran geografi dan sejarah ya, hihi. Pulau Kalimantan juga berada di garis khatulistiwa. Itu lho, garis yang membelah bumi menjadi dua bagian yaitu kutub utara dan kutub selatan. Nah di tengah-tengah belahan itulah kalau ditarik garis lurusnya, namanya garis khatulistiwa.

Pasar Citra Niaga Samarinda

Kali ini saya ingin bercerita tentang 4 minyak khas Kalimantan yang menurut saya harus disebarluaskan. Kalau ke Kalimantan Timur tepatnya ke Samarinda pasti sudah paham banget dengan Pasar Citra Niaga. 
Pasar Citra Niaga ini letaknya di Komplek Citra Niaga, Jalan Niaga Selatan A Nomor 33, Pelabuhan, Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.
Perjalanan saya menuju Pasar Citra Niaga pun tidak terlalu sulit. Apalagi di jaman sekarang yang semuanya bisa dilakukan melalui jempol. Tinggal pencet dan usap-usap handphone semua beres dengan sistem online. Waktu itu saya menggunakan mobil sewaan karena seharian kami berkeliling Kalimantan agak repot jadinya kalau menggunakan transportasi dengan sistem online.

Oleh-Oleh Khas Kalimantan

Sejak lama Kalimantan memang sudah terkenal banget dengan kerajinan tangannya. Produk Kalimantan bahkan sudah sampai di mancanegara. Banyak turis asing berkunjung ke Kalimantan untuk sekedar membeli pernak-pernik atau kerajinan tangan dan dibawa ke negaranya. Bangga banget ya!
Di Pasar Citra Niaga ini, para pengrajin dari berbagai daerah sekitarnya menjual barang dagangan khas Kalimantan. Mulai dari berbagai jenis kalung, anting, gelang, tempat tisu, tas, pajangan, pakaian tradisional, pahatan kayu dan sebagainya.
Bahan-bahan yang digunakan pun bermacam-macam. Ada yang berasal dari mutiara, kayu alam,  batu alam, mute/manik-manik buatan. Kalau untuk oleh-oleh ini tentu sudah sangat mainstream ya. Sudah terkenal banget dari dulu.

4 Minyak Obat Khas Kalimantan

Nah, saya mau cerita tentang 4 minyak khas Kalimantan yang saya temui di sana. Sebenarnya mungkin banyak lagi ya jenis minyak khas Kalimantan, namun saya mau cerita 4 minyak yang saya temukan. Beberapa dari minyak ini rutin saya repurchase atau membeli kembali apabila habis pakai, karena orangtua saya cocok banget pakai minyak dari Kalimantan ini.
minyak-obat-khas-kalimantan-samarinda
Minyak Khas Kalimantan
Terbuat dari bahan-bahan alami, dan diolah masih menggunakan sistem tradisional dengan kearifan lokal penduduknya membuat minyak ini memiliki banyak manfaat dan tidak tercampur dengan bahan kimia berbahaya. 
Minyak Obat Khas Kalimantan

1. Minyak Burung Bubut

Minyak burung bubut ini cocok banget sama orangtua saya. Baunya khas banget, mirip dengan minta GPU yang ada di iklan-iklan itu lho. Manfaatnya bisa meredakan sakit pinggang, rematik, pegal-pegal, gatal-gatal dan lain-lain. Kalau membaca dibotolnya sih bisa mengobati stroke bahkan lumpuh. Tapi saya belum membuktikan untuk itu. Pemakaiannya pun bukan diminum ya, tapi di oles sekaligus diurut di bagian yang sakit. Minyak burung bubut lebih panas dari minyak akar lawang. Untuk yang suka dengan rasa yang lebih hangat bisa banget memilih minyak ini. Harga sebotol kecil ini masih terjangkau banget sekitar 20-35K.

2. Minyak Akar Lawang

Minyak akar lawang ini pun sebenarnya hampir sama dengan minyak burung bubut di atas. Hanya saja minyak akar lawang ini tidak sepanas minyak burung bubut. Hangat dan mudah meresap juga tidak lengket. Karena namanya minyak gosok dan tidak terlalu panas, jadilah minyak ini bisa dipakai sering-sering bila sedang pegal-pegal dan masuk angin. Minyak akar lawang ini di bandara sangat mahal sekali. Khasiatnya sudah terkenal banget. Orangtua saya cocok banget sama minyak ini dan minyak burung bubut. Harga sekitar 25K.

3. Minyak Bulus

Minyak Bulus ini lebih unik lagi, komplit banget manfaatnya. Selain bisa untuk obat gosok minyak ini kabarnya juga bisa untuk menghaluskan kulit dan keriput di wajah. Wow! Siapa yang engga penasaran kan, apalagi para kaum hawa. Buruan deh berburu dan cobain minyak ini. Siapa tahu cocok di kulit kalian kan. Harga sekitar 30K

4. Minya Linta

Psstt…minyak linta atau minyak lintah ini khasiatnya untuk para pria nih! Kabarnya minyak satu ini banyak banget dicari sebagai minyak penambah vitalitas pria dewasa. Suami saya sih belum pernah coba karena takut minyak kan cocok-cocokan ya. Harga sekitar 35K.
Bagi teman-teman yang sedang jalan-jalan ke Kalimantan dan sedang mencari minyak urut atau minyak obat gosok bisa berkunjung ke Samarinda. Ada setidaknya 4 minyak khas Kalimantan. Mampir ya ke Pasar Citra Niaga.
Salam sehat dan bahagia.

 17 total views