25 Tanda Kamu Jatuh Cinta

dan Tips Menghadapinya

25 Tanda Kamu Jatuh Cinta dan Tips Menghadapinya

Aku penasaran deh sama penemuan kata “jatuh cinta” pertama kali. Siapa ya yang menemukan istilah suka sama seseorang itu disebut “jatuh cinta”.

Padahal, ngga ada yang jatuh ya kan, hahaha kenapa harus disebut “jatuh cinta”. Cuss, yang penasaran google, yang udah tau ngga usah ngeledekin aku, weee.

Perasaan “jatuh cinta” hadirnya ngga akan bisa diperkirakan. Ada yang sejak Sekolah Dasar katanya sudah mulai “jatuh cinta”. Ada yang mulai merasakan “jatuh cinta” saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama atau kelas 7, 8, atau 9 kalau sekarang.

Bahkan ada juga, yang merasakan “jatuh cinta” ketika di Sekolah Menengah Atas atau SMA istilahnya kelas 10, 11 atau 12. Sehingga perasaan suka dengan lawan jenis ini emang berbeda-beda saat datangnya.

Terus, kalau kamu mulai kapan? Hayo ngaku deh, jangan cuma senyum-senyum aja baca ini, wekawekaweka.

Nah, berikut ini aku mau berbagi kisah aku, kisah sahabat aku, kisah kakek nenek aku (jauh amad) tentang Tanda Kamu Jatuh Cinta Pada Seseorang dan Tips Tetep Santuy.

Maksudnya biar kamu ngga jadi keliatan grogi banget, ngga keliatan bucin banget gitu kan depan si dia.

Lagi-lagi ini mah berdasarkan pengalaman aku dan pengalaman orang-orang di sekitar aku. So, cekidottt braayy!

Terusnya lagi urutan nomor di bawah ini bukan menunjukkan prioritasnya ya, jadi ngacak aja gitu, bukan berdasarkan poling bahwa nomor 1 paling banyak dan seterusnya. Blink!

Tanda-tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta

1. Deg-deg-an alias Jantung Berdebar Kalau Bertemu

Hayo deh yang mulai senyum-senyum lagi. Coba diinget-inget lagi pas ketemu sama si dia yang kamu taksir. Padahal jaraknya radius berapa puluh kilometer (lebay banget hahahah).

Ngga sih berapa meter gitu misalnya jarak kita liat dia nun jauh di seberang sana, tapi tau-tau kok di dada tuh rasanya detaknya jadi makin keras. Ya ngga sih ya ngga sih wakakakaka.

Nah, itu tandanya bisa jadi kamu mulai jatuh cinta sama si dia. Pas kamu pegang dadamu tepat di posisi jantung nempel itu detaknya menjadi beberapa kali lipat. Ya udah itu fix kamu mulai jatuh cinta. Ecieee

2. Suka Senyum Sendiri

Tanda kalau kita sedang “jatuh cinta” juga bisa dicirikan dengan suka senyum-senyum sendiri. Ini emang aneh banget sih, tapi pasti sering ngerasain kan kondisi begini.

Ya mirip lah sama orang yang sedang punya masalah kejiwaan di jalanan. Suka ketawa sendiri dan senyum-senyum sendiri. Bedanya kalau orang “jatuh cinta” ada warasnya, hehehehe.

25 Tanda Kamu Jatuh Cinta

3. Penularan Otomatis

Pernah ngga nih, misal kamu lagi di sekolah ya kan. Kamu sekelas sama orang yang kamu suka. Trus pas istirahat kan biasanya ada yang ngobrol-ngobrol sebentar sebelum ke kantin.

Nah, pas kamu liat dia senyum, nular aja gitu ke kamu secara otomatis senyum-senyum sendiri juga. Bener apa bener ngaku deh, hahaha. Itu penularan yang aneh tapi bener banget, hal itu menandakan kamu mulai menumbuhkan benih-benih suka sama dia.

4. Sering Terbayang Wajahnya

Ini pasti udah pada tahu semua kan. Kalau lagi suka seseorang pasti kita sering banget terbayang-bayang wajahnya.

Mau makan inget dia, mau bobok inget dia, mau minum inget dia, mau e*k inget juga sih katanya gitu (sorry vulgar hehehe).

Semua orang yang sedang “jatuh cinta” katanya sering terbayang wajahnya. Ini nih yang dikatakan sedang suka sama si dia alias “jatuh cinta”.

5. Mulai Mimpiin si Dia

Poin 5 ini berhubungan sih ya kayaknya sama poin ke 4 di atas. Karena sering terbayang wajahnya sampai ketika tidur pun si dia masuk ke dalam mimpi.

Mana ngga permisi pulak, main masuk aja dia ke mimpi kita, padahal kemarin belum rindu, eaaaa.

Ngga semua yang masuk dalam mimpi bisa dikatakan orang yang kita suka, lihat dulu aja konteks dan alur mimpinya heheheh.

6. Susah Tidur

Ada pada beberapa orang ketika “jatuh cinta” atau mulai suka itu ditandai dengan kesulitan untuk tidur. Mata susah banget dipejam, maunya mikirin dia terus.

Meskipun udah menghitung domba sampai seribu tetap aja mata ngga bisa dipejamkan. Nah, inilah salah satu dampak dari “jatuh cinta”

Ini tidak bagus untuk kesehatan yaa, jadi usahakan harus tidur yang cukup, biar besok ketemu dengan dia fresh lagi, ya kan.

7. Bawaannya Kenyang

Bedakan dengan keadaan “patah hati” yang jadinya kadang ngga nafsu makan ya. “Jatuh cinta” ini bikin kita selalu kenyang lho.

Untuk sebagian orang, saat sedang menyukai seseorang, makan sedikit rasanya udah kenyang banget. Entah kenapa ya, apa karena perasaan selalu happy jadi hormon kenyang tampil lebih terdepan mungkin ya hahahah.

8. Curhat di Buku Harian atau Diary

Untuk tipe ini biasanya sih lumrahnya dilakukan sama cewek, tapi bukan tidak mungkin cowok juga ada. Biasanya kalau sedang “jatuh cinta” langsung pengen curhat aja gitu ke diary atau buku harian.

Langsung deh nulis “dear diary” hari ini aku lihat dia di depan ring basket, bla bla bla

Semua dicurhatin, mulai dari ootd-nya, senyumnya, tingkahnya, apa aja isinya diary itu ya tentang dia. Kadang sampai berbuku-buku, hehehe

9. Jadi Pujangga Dadakan

Beuh ini sih bukan ngadi-ngadi lagi. Semua cowok nih biasanya kalau “jatuh cinta” pasti langsung jadi pujangga dadakan. Cewek juga sih yaa, kayak aku upss hahahaha.

Yap, ngga cuma lagi putus cinta hasrat dan bakat berpuisi akan meronta-ronta keluar. Lagi “jatuh cinta”-pun pasti bakat terpendam itu bermunculan.

Lihat bulan langsung buat puisi, lihat bunga buat puisi, lihat hujan langsung bikin bait puisi, semua-semua deh puisi bertebaran kalau lagi “jatuh cinta”.

10. Rajin Dateng Duluan

Ngga cuma ke sekolah, kalau sedang “jatuh cinta” dan di komunitas kamu ada si dia, kalau pada janjian maunya buru-buru dateng duluan.

Berharap banyak waktu untuk ngobrol barengan, ya meski ngga berdua kan rame. Tetep aja udah seneng banget kan begitu.

11. Sok Jadi Hero

Biasanya kalau lagi berbunga-bunga pink perasaan tuh emang macem-macem. Kadang untuk cowok jadi sok hero gitu deh, kalau si cewek minta anterin selalu siap sedia.

Kalau cewek, pagi-pagi ke sekolah suka bawa makanan dan inisiatif aja gitu nawarin dia untuk cobain makanan itu. Alasan biar deketan aja sih ini biasanya hahaha.

12. Usahain Tukeran Nomor Handphone

Kalau belum ada nomor kontak gawai si dia biasanya berusaha cari cara untuk dapetin. Bisa dengan cara tukeran nomor atau bertanya sama kawan lain yang tahu nomornya.

Pas udah dapet nomor handphone-nya deg-deg-an lagi deh tuh pas mau mulai chat atau telepon. Hahaha ribet yaaa kalau lagi bagitu.

Maju mundur ngetiknya, kadang tulisan yang udah diketik dihapus lagi, ketik lagi, gitu aja terus hahahaha.

13. Curhat Terus ke Sohib

Bener ngga bener ngga?! Biasanya kalau sedang “jatuh cinta” ada aja deh yang dicurhatin ke sohib, sahabat, temen, tetangga, nyokap siapa aja deh.

Suasana hati lagi happy banget, jadi perasaan selalu berbunga-bunga. Bawaannya pengen ditumpahin ke siapa aja.

Ada juga sih yang dipendam sendiri, ngga semuanya juga yang punya karakter kalau sedang suka seseorang pengennya dicurhatin.

14. Kasih Kado Walau Ngga Ultah

Ngga harus pas ultah, kalau lagi “jatuh cinta” mah yaa, setiap hari rasanya pengen aja kasih kado ke dia. Mau udah jadian atau belum kadang ada juga yang ngelakuin ini.

Hasrat untuk memberikan kado ini awalnya agar dia rindu sama kita, dan kalau lihat barang yang kita kasih otomatis inget sama orang yang ngasih, hahahahah aku ngga tahan mau ketawa deh bayangin ini.

15. Selalu Bayarin Duluan

Keenakan banget donk ya ini yang dibayarin, lah iya, hahaha. Inisiatif bayarin ini kalau emang lagi kumpul-kumpul barengan temen-temen lainnya atau pas ketemu di kantin.

Tau-tau makanan kita udah ada yang bayar aja gitu kan, ternyata dia yang bayarin, modus banget deh.

16. Ngajak Barengan

Ngajak barengan ini bisa berangkat sekolah atau kegiatan lainnya. Misalnya mau ke ekskul atau kegiatan di luar sekolah kumpul bareng dan lain-lain.

Biasanya kalau lagi suka sama seseorang tandanya bakalan ngajakin jalan atau berangkat barengan. Trus pas sampai di tujuan suka kesel sendiri kenapa waktu jalannya cepet banget tau-tau udah sampe, amsyong hehehe.

17. Pengennya Sekelompok

Kalau lagi suka sama seseorang dimanapun maunya deket terus. Termasuk di sekolah misalkan guru bikin tugas kelompok langsung deh berdoa banget biar bisa 1 kelompok sama si dia.

Hal ini bisa terjadi kalau sekelas sama orang yang kita taksir. Kalau ngga sekelas biasanya berharap sekelompok pas kegiatan ekskul

18. Semangat Belajar

Nah, harus selalu dibangun dampak positif dari suka sama seseorang, contohnya ya ini jadi semangat belajarnya. Apalagi kalau orang yang kita suka itu pinter, wah jadi semangat banget belajarnya kalau begini.

Terus suka cari-cari alasan biar belajar barengan, ngerjain PR barengan, ngerjain soal sebelum ujian barengan pokoknya rasanya jiwa jadi semangat membara buat belajar.

19. Suka Titip Salam

Sekarang sih jamannya udah canggih ya, kalau lagi suka kadang di media sosial suka stalking, nge-ping si dia gitu. Tapi tetap aja sih kadang nitip salam aja udah seneng banget.

Biasanya kita nitip salam melalui sahabat atau temannya nih. Besoknya kita tanyain lagi sama temannya itu, jawabannya apa waktu disampaikan salam dari kita. Terus ketawa dan senyum sendiri kalau dibalas.

20. Speak Pinjem Buku Catatan

Alasan atau speak banget deh suka pinjem buku catatan padahal mau nyelipin sesuatu di dalam buku kita. Tau-tau pas bukunya balik ada bunga lah, ada puisi, ada coklat dan lain-lain.

Ini masih ngga ya jaman sekarang, hahaha karena dulu banyak yang ngelakuin trik ini kalau lagi suka atau “jatuh cinta” sama seseorang.

21. Baikin Adik atau Kakaknya di Sekolah

Trik ini mungkin jarang banget ya sekarang, tapi cara ini pernah ada juga lho di masa lalu. Ada beberapa curhat kawan lama yang bilang saat suka seseorang maka dia akan mendekati saudara dari orang itu (misalnya masih 1 sekolah).

Nah, saat orang yang dia sukai melihat dia dekat dengan adik atau kakaknya kan meleleh tuh hehehehe

22. Ngajak Main

Kalau orang yang disukai adalah teman sendiri biasanya suka alasan ngajak main ke rumah teman lainnya. Ini jadi alasan paling aman buat barengan si dia.

Kalau sudah ngajak main biasanya jadi lupa waktu. Kadang bisa becanda barengan, atau sambil curi-curi pandang dari jauh liat dia ketawa atau tersenyum.

23. Stalking Media Sosial 

Orang yang lagi “jatuh cinta” biasanya suka pengen tau aja yang disukain lagi ngapain. Nah Biasanya suka ngintip alias stalking akun-akun media sosial si dia tuh.

Hayo deh yang suka stalking media sosial dia ngacung! Pasti hampir semuanya pernah ngelakuin ini kan.

24. Jadi Sering Melamun

Namanya juga lagi “jatuh cinta” ngapain aja selalu kebayang wajah si dia. Termasuk lagi melamun juga mengkhayal kalau jadian sama dia, jalan sama dia, ketawa barenga dan lain-lain.

Kegiatan melamun ini akan lebih sering saat seseorang lagi “jatuh cinta”. Serasa masuk ke dunia lain aja gitu.

25. Selalu Liat, Like, dan Komen di Status WA dan Medsos-nya

Sebenernya ini tanda paling gampang banget untuk ditebak. Kalau lagi suka seseorang pasti mau status wa, fb, ig semuanya diperhatiin dan dikomen apalagi dilike.

Pokoknya selalu jadi top komenlah di akun medsos si dia.

25 Tanda Kamu Jatuh Cinta dan Tips Menghadapinya

Kesimpulan dan Tips Menghadapi Tanda Kamu Jatuh Cinta

Dari 25 Tanda Jatuh Cinta di atas bisa jadi tidak semuanya berlaku pada orang yang sama. Kejadiannya bisa berbeda untuk setiap orang. 

Untuk tips menghadapi perasaan jatuh cinta yang hadirnya ngga akan pernah kamu duga ini harus pinter-pinter nih. Kamu harus tetap memakai logika (auto nyanyi lagu agnezmo, cintaaaa ini…!)

Kamu harus tetap berpikir waras dan jaim, jangan langsung jadi bucin. Belajar harus tetap nomor satu, sekolah dulu yang bener (lahh langsung ceramah, hehehe).

Pokoknya kalau kamu ngerasa mulai “jatuh cinta” jangan sampai perasaan itu membawa kamu ke hal-hal yang negatif, harus selalu menjadikan perasaan yang tumbuh itu ke arah positif, misal semangat sekolah, semangat belajar dan lain-lain.

Ahh jatuh cinta memang berjuta rasa.