14 Tipe Mahasiswa di Dunia Kampus

Membahas dunia kampus dan perkuliahan memang selalu menyenangkan. Karena masa-masa kuliah biasanya menjadi ajang kebebasan berekspresi bagi siswa-siswi yang belum lama lepas dari kungkungan aturan sekolah. Biasanya aturan di kampus memang tidak seketat sekolah. Misalnya saja untuk rambut gondrong atau pakaian.  Untuk jam masuk pun bagi mahasiswa telat tidak separah di sekolah, terkadang masih diperbolehkan masuk oleh dosen yang sedang memberikan materi. Kampus memberikan aroma kebebasan untuk hal ini.

Disclaimer, tipe-tipe mahasiswa di kampus lainnya tentu bisa mirip dengan yang ada di artikel ini ya, karena artikel ini hanya berdasarkan pengalaman penulis selama berkuliah di kampusnya.

Tipe-tipe Mahasiswa di Dunia Kampus Yang Wajib Kamu Tahu, Kamu Tipe Yang Mana?

Selama 4 (empat) tahun kuliah di kampus  membuat hidup makin berwarna karena mengenal berbagai macam karakter.

Berikut ini tipe-tipe mahasiswa yang perlu kalian tahu berdasarkan pengalaman pribadi selama berkuliah, cekidot yuk:

1. Tipe High Class

Tipe high class ini biasanya memakai outfit of the day (OOTD) dari ujung rambut hingga ujung kaki seharga puluhan juta. Mulai dari tatanan rambut salon yang mahal, bajunya kadang simpel tapi harganya bisa jutaan, glek. Tas branded, hingga sepatu yang harganya fantastis. Belum lagi isi tas seperti laptop biasanya nilainya pun bisa bikin pusing kepala, bagi yang orangtuanya pas-pas-an seperti saya, hahaha.

Nah, karakternya pun beda-beda, ada yang super ramah, ada yang bila berjalan dagunya ditengadah bak ratu internasional. Kalau untuk cantik, meski menjadi makna relatif, menurutku masih sedap dipandang. Karena perawatan mahal tentulah membuat wajah siapapun sedap dipandang.

Inilah yang menjadi alasan, waktu angkatan saya, mahasiswi fakultas hukum termasuk incaran karena tampilannya yang menarik dan cantik-cantik. Tipe high class ini saya contohkan untuk mahasiswi ya.

2. 4L untuk Kegiatan Kampus

Menjadi mahasiswa baru tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk beberapa orang. Hal ini biasanya diekspresikan dengan mengikuti berbagai kegiatan di dunia kampus. Tipe 4L ini alias “Lo Lagi Lo Lagi” merupakan tipe yang aktif dalam mengikuti semua kegiatan yang ada di kampus. BEM, Mapala, dan lain-lain biasanya dia lagi dia lagi yang ikut.

Ngga ada salahnya sama sekali, tinggal pintar-pintar bagi waktu saja agar tidak bentrok ketika salah satu kegiatan akan mengadakan kegiatan atau acara. Jadi bisa maksimal dan fokus kerja timnya.

2. Tipe Kupu-kupu

Entah sejak kapan singkatan ini menjadi hits di berbagai dunia kampus. Namun demikian, benar adanya tipe ini memang berwujud nyata. Tipe siswi yang “Kuliah Pulang Kuliah Pulang” pasti selalu ada.

Biasanya tipe ini memang tidak suka berkumpul terlalu lama dengan teman-teman, kecuali bila ada keperluan tertentu saja, misalnya tugas kelompok.

3. Pengumpul Catatan Teman

Jujur saja, pasti pernah kan mengoleksi catatan atau fotokopian catatan senior sebelumnya waktu kuliah? Yap, benar sekali ini memang termasuk salah satu tipe anak kuliahan di abad modern. Apalagi tipe yang malas mencatat materi dosen. Abang fotokopi akan menjadi andalan utama untuk menyimpan materi sebelum ujian.

Tipe ini kadang bukan karena malas menulis, bisa jadi karena dia tidak sanggup mengikuti tingkat kecepatan menerangkan dosen, belum lagi apabila paparan dosen tersebut sangat cepat, kelarlah sudah. Sudah tulisan sendiripun kadang sulit dibaca ulang, apalagi harus mencatat dengan benar dosen yang menerangkan dengan cepat. Langkah fotokopi akan menjadi jalan ninja yang oke!

4. Tukang Titip Absen

Entah sekarang sistem absen di dunia kampus apakah sudah mulai finger print, rasanya belum semua ya.

Nah untuk tipe ini pasti banyak sekali tersebar di seluruh kampus di dunia bahkan ya, hahaha. Yap, tukang titip absen akan selalu mewarnai dunia perkuliahan. Betapa tidak alasannya bisa berbeda-beda untuk tiap mahasiswa. 

Alasan paling sering karena kesiangan, jadi masih di jalan terpaksa harus titip absen. Cuma tetap berangkat ke kampusm biar dikasih uang jajan sama mama, duh! Hayo ngaku yang sering banget melakukan ini?

5. Tidur di Kelas Saat Dosen Mengajar

Tipe satu ini pun paling lumrah, nggak cuma di dunia kampus di sekolahpun sangat banyak yang seperti ini. Mereka asik tidur saat dosen menjelaskan materi. Biasanya posisi duduk akan menentukan kenyamanan dan pulasnya tidur. Memilih duduk di belakang teman yang lebih tinggi menjadi pilihan yang aman buat tipe ini.

Kalau lagi “apes” dosen akan melihat dan membuat candaan atau sebaliknya memarahi. Namun bila kontranya, selama materi tidak akan kena apapun, paling-paling terpaksa bertanya pada kawan tentang isi materinya kemudian hari.

6. Penanya Sekaligus Pendebat

Pernah nggak lihat ada mahasiswa yang sering banget bertanya di dalam kelas. Ternyata ada keuntungan lho bila mempunyai teman seperti ini. Misalnya saja dosennya agak “galak” dan suka marah bila tidak ada yang bertanya. Nah, tipe teman penanya ini bisa jadi penyelamat banget kan.

Tapi kadang tipe penanya ini sekaligus suka berdebat dengan dosen atau dengan teman lainnya. Wah ini yang harus diwaspadai, lebih baik menghindar daripada terjadi keributan di dalam kelas–kalau saya.

Tipe penanya sekaligus pendebat biasanya belum puas sebelum pendapatnya dinyatakan benar. Meski ada juga sih ya, tipe pendebat yang mau berbesar hati bila pendapatnya tidak sejalan dengan orang lain.

7. IP &IPK is My Life

Ini tipe yang obsesinya terhadap nilai sangat besar. Biasanya ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengejar IPK di atas rata-rata, misalnya 3.5 ke atas.

Mahasiswa dengan tipe ini selalu rajin dan bersikeras untuk mendapatkan IP&IPK tinggi. Kadang sampai rela untuk mengulang kuliah di semester berikutnya hanya demi menaikkan nilai IPK.

Saking asiknya belajar bisa lupa teman, lupa makan, lupa tidur, pokoknya lupa segala-galanya. IPK is my life-lah judulnya.

14 Tipe Mahasiswa di Kampus Yang Wajib Kamu Ketahui

8. Introvert as Always

Tipe jenis ini mirip dengan kupu-kupu, namun untuk tipe kupu-kupu terkadang masih enjoy bila harus berinteraksi dengan teman-teman.

Untuk tipe introvert memang sering menjadi orang yang misterius, tidak pernah diketahui siapa kawan yang dekat. Bahkan terkadang nomor handphone-nya pun tidak ada yang tahu. 

Tipe ini asik dengan dunianya sendiri, terkadang lebih sering mendengarkan musik dan kemana-mana suka sendiri.

9. Bawa Buku Tebal Kemana-mana

Image anak hukum itu lekat dengan hobinya membaca. Keahliannya bisa menghapal buku bertebal-tebal, ngga habis pikir saya sebagai pembelot IPA. Mereka bisa melahap isi buku hanya dalam hitungan malam, kalah donk Roro Jonggrang, hahahah.

Tapi serius, anak hukum itu hebat-hebat banget, hapalannya kuat banget. Tak salah bila hobinya membawa buku tebal jadi andalan dan bisa jadi idaman lawan jenis juag, eaaaa.

10. Artis Yang Super Sibuk

Sudahlah cantik, pintar pula–paket lengkap. Biasanya artis sekaligus mahasiswa akan sering izin tidak masuk kuliah. Tapi karena biasanya mereka pintar tetap saja nilainya memuaskan. Kegiatan di luar kampus bukan menjadi halangan untuk nilai akademiknya.

Dulu angkatan saya didominasi oleh anak-anak pejabat tinggi negara di Indonesia, adapula artis yang sedang merintis karirnya. Mereka semua pintar, jempol deh!

11. Si Tukang Pamer

Ya tipe ini sih memang selama dunia masih berputar akan selalu ada ya nggak sih, hehehe. Tukang pamer ini bisa jadi memang orangtuanya kaya sehingga baginya wajar untuk memamerkan kekayaan. Beda tipis dengan tipe high class, karena tipe ini benar-benar tujuannya ke kampus sekaligus pamer barang-barang mahal.

Lebih senang lagi kalau teman-temannya memuji ke”pamer”annya itu. Makin senang hatinya karena keinginannya berhasil. Begitu terus setiap hari, pamer.

12. Mahasiswa Merangkap Penjual

Saya salut bila ada mahasiswa disamping berkuliah ia pun berjualan. Tentu tidak seperti jaman dahulu yang dagangannya dibawa ke dalam kelas. Kini semua jadi makin mudah dengan kemajuan teknologi.

Berjualan bukan lagi hal sulit, melalui gawai dan jempol yang sehat, setiap orang bisa punya bisnis kecil-kecilan. Nah, sebagai cara menambah uang saku kuliah atau membantu orangtua, biasanya tipe ini rajin menawarkan dagangan ke teman-temannya di kampus.

13. Penggila Game

Biasanya tipe ini didominasi oleh mahasiswa laki-laki. Karena hobinya yang tak kenal waktu terkadang di dalam kelas pun masih asik saja memainkan game di handphone saat dosen memberikan materi. Lagi-lagi jangan sampai apes bila dosen melihat bisa gawat.

14. Pemburu Beasiswa

Tipe ini mempunyai bakat untuk mencari informasi terkait beasiswa. Tidak hanya di kampusnya, biasanya ia akan mencari di fakultas lain misalnya saja beasiswa shot course, pertukaran mahasiswa dengan negara lain dan sebagainya.

Intinya tipe ini senang sekali mencari beasiswa untuk mencari pengalaman lain di luar kampusnya.

Tipe-tipe Mahasiswa di Dunia Kampus Ini Buat Panduan Pergaulan Kamu

Sebenarnya tentu masih banyak lagi tipe-tipe mahasiswa yang ada di dunia kampus, dimanapun kampus itu berada. Namun, ini sebagian besar saya rangkum dari pengalaman pribadi saya selama berkuliah di fakultas hukum universitas indonesia.

Kehidupan mahasiswa yang beragam memberikan kisah tersendiri yang selalu saya kenang sepanjang masa. Latar belakang keluarga dan serta kampung halaman yang tersebar di seluruh Indonesia menjadikan mahasiswa di sana beragam dan penuh warna.

Ayo semangat kuliah ya!