Hujan di Jendela

Jujur Guna Banget Travelling dan Perjalanan Bisnis Pakai Traveloka PayLater

Jujur Guna Banget Kalau Travelling dan Perjalanan DInas Pakai Traveloka PayLater cover

Seekor jendil (pangasius nemurus, ikan asli sekitaran Jawa Tengah–Sukoharjo) berenang cepat menjauhi semburat kehitaman yang kian pekat. Mulutnya megap-megap berusaha kuat menahan masuknya cairan hitam berbusa dan berbau menyengat. Sungai bertambah pekat, di seberang sana pun sebagian busa telah menggunung menutup pandangan mata–pedih.

Jendil tak mampu melihat sekeliling. Habitatnya tercemar lagi, setelah pada tahun 2018 silam terjadi pencemaran besar-besaran sepanjang sungai Bengawan Solo. Tempat tinggal jendil dan kawannya tak lagi bersih seperti dulu.

Pengaduan yang masuk dari masyarakat ke kementerian lingkungan hidup dan kehutanan tentang pencemaran Sungai Bengawan Solo ini sungguh pelik. Tahun demi tahun ada saja pelaku yang lagi-lagi abai pada lingkungan. Imbasnya pimpinan kadang menugaskan kami, tim audit terbang langsung menuju lokasi pengaduan.

Kalau semua serba mendadak tentu persiapan mendesak. Persiapan keberangkatan seperti surat penugasan, berkas-berkas, booking hotel dari Jakarta hingga pemesanan pesawat yang kadang penuh bila terlalu mepet keberangkatan. Jujur guna banget kalau perjalanan dinas pakai Traveloka PayLater, sebab bisa pesan terlebih dahulu bayarnya later.

Seperti jendil, manusia membutuhkan air untuk hidup. Sebanyak 71% air yang menutup permukaan bumi juga merupakan sumber kehidupan bagi manusia, hewan, dan tumbuhan yang ada di dalamnya. Air selayaknya ekosistem lainnya di bumi menjadi penyeimbang bagi makhluk hidup. Ia menjadi hak asasi manusia yang tertuang jelas dalam dasar negara Indonesia–Pancasila.

Undang-Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 pada Pasal 28 huruf H menyatakan bahwa:

“Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh layanan kesehatan.”

Makna dalam Pasal tersebut menjadi salah satu landasan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak atas lingkungan hidup yang sehat, mendapat perlindungan kesehatan, berkelanjutan hingga generasi berikutnya. Air pada sungai yang sehat menjadi sumber kehidupan manusia secara berkelanjutan sebab merupakan hak setiap anak bangsa untuk hidup dan bertumbuh di masa kini dan mendatang.

Mengutip dari peraturan mengenai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia, pengertian lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, dan keadaan dan makhluk hidup, termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Maknanya lagi adalah bahwa keberlangsungan seluruh ekosistem baik itu tumbuhan, hewan, dan segala isi lingkungan saling terkait satu sama lain. Untuk itulah wajib dilestarikan. Salah satunya perlindungan terhadap sungai yang menjadi objek pencemaran air limbah industri di sekitarnya.

Terbang Demi Jaga Lingkungan dari Bahaya Pencemaran

Sebagai salah satu bagian dari masyarakat yang memiliki peran melindungi dan menegakkan hukum lingkungan hidup terhadap perusakan dan pencemaran lingkungan, saya menyadari bahwa pekerjaan ini tidaklah mudah. Amanah yang saya emban membutuhkan integritas. Harapan masyarakat, terlebih lingkungan menjadi salah satu kekuatan saya dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara.

Lingkungan sebagai salah satu subyek hukum yang juga memiliki hak untuk dilindungi dan dilestarikan inilah yang menjadi kekuatan saya dalam menegakkan hukum dibidang lingkungan hidup.

Pencemaran air sungai Sukoharjo di Provinsi Jawa Tengah yang disebabkan oleh limbah produksi dari penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan juga harus menjadi perhatian semua pihak. Dampak pencemaran air limbah tidak saja berbahaya bagi manusia yang menggunakan air sebagai sumber kehidupan tapi juga ekosistem di dalam air akan mati.

Chemical Oxygen Demand menjadi salah satu parameter kunci terjadinya pencemaran air pada lingkungan. Apabila kadar COD melebihi baku mutu maka air tersebut berpotensi tercemar. Baku mutu yang diatur pemerintah dalam peraturan perundang-undangan dengan tegas menjadi acuan bagi seluruh penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan dalam menjalankan roda usahanya–patokan kadar yang dibolehkan masuk ke dalam badan air, sungai dan sebagainya.

Selain kandungan chemical dan biology tinggi, pencemaran juga bisa disebabkan akibat pipa air limbah yang bocor, contohnya kasus yang diamanahkan pada saya ini. Kajian mendalam saat berada di lokasi haruslah dilakukan. Termasuk pengambilan sampling air yang terkontaminasi limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) wajib untuk di ambil.

Setelah pengambilan sampling yang dilakukan oleh pihak laboratorium dengan disaksikan seluruh tim, maka kami akan menunggu hasil uji dari laboratorium untuk melihat hasilnya. Apabila menemukan kelebihan baku mutu yang ditetapkan, penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan akan dikenakan sanksi baik itu sanksi administratif, sanksi perdata, atau juga bisa dikenakan sanksi pidana–sepanjang memenuhi unsurnya.

Lelah sehabis melakukan audit dan memeriksa pengaduan lingkungan biasanya saya dan tim akan beristirahat di hotel terdekat. Kalau tidak ada hotel yang representatif kami pun harus rela menginap di losmen-losmen sederhana demi menjalankan tugas negara. Inilah sebabnya penting untuk melakukan booking hotel sebelum keberangkatan sebab kadang saat tiba di lokasi hotel yang didatangi sudah terisi.

Jujur Guna Banget Kalau Travelling dan Perjalanan DInas Pakai Traveloka PayLater cover 2

Drama Pemesanan Tiket Pesawat dan Booking Hotel Saat Perjalanan

Pentingnya memesan atau booking hotel sebelum keberangkatan perjalanan bisnis atau travelling sama pentingnya dengan melakukan pemesanan pesawat sebelum berangkat. Saya ingat betul awal pandemi tahun 2020 silam, jadwal pesawat berubah total. Yang tadinya setiap hari ada beberapa jadwal penerbangan dengan maskapai yang sama tidak demikian adanya ketika pandemi.

Satu maskapai per hari di masa pandemi kadang hanya ada satu jadwal keberangkatan saja. Itupun sering fullbooked. Sementara tugas dari pimpinan lebih sering dadakan (seperti tahu bulat, upss tentu bukan). Kalau sudah demikian tim harus cekatan memesan hotel dan pesawat agar aman.

Aman karena drama pesan tiket pesawat sebelum berangkat sulit ditebak. Selang 1 (satu) jam saja yang tadinya seat pesawat masih ready banyak, dalam sekejap lenyap. Mau tidak mau harus ganti maskapai lainnya.

Permasalahan menginap di hotel saat perjalanan bisnis pun lain lagi dramanya. Kadang pesan dari lokasi keberangkatan pun kalau peak season atau weekend gampang penuh. Selain itu kadang kalau nekat langsung mencari hotel di lokasi tujuanpun sudah terisi penuh juga. Alhasil harus ikhlas menginap di hotel yang masih tersedia meski tak sesuai selera.

Biasanya jadwal perjalanan bisnis atau perjalanan dinas di kantorku sudah dibuat 1 (satu) bulan sebelumnya. Namun demikian, kalau ada pengaduan yang mendesak, tim yang ditunjuk harus segera melakukan persiapan keberangkatan. Tim langsung membagi tugas siapa yang bertugas melakukan pemesanan tiket pesawat, siapa yang memesan hotel, siapa yang menyiapan berkas, dan sebagainya.

Perjalanan Bisnis Sambil Travelling – Bayarnya Nggak Pusing

Sistem pembelian tiket pesawat di kantor saya tidak langsung dibayar. Tim yang berangkat biasanya bisa memesan langsung di travel agent langganan dan bayarnya kemudian. Kini Traveloka PayLater juga memiliki sistem seperti ini tentu makin memudahkan konsumen untuk memesan dan membeli segala keperluan.

Salah satu keuntungan penggunaan traveloka paylater tentu kita bisa mandiri mengecek dan memesan sesuai kebutuhan. Tak perlu menunggu lama dari teman ke teman untuk mendapatkan kabar jadwal pesawat atau hotel yang tersedia. Anti ribet karena semua bisa dilakukan mandiri.

Terbang dahulu bayar kemudian. Menginap dahulu, cicil kemudian. Alat bayar anti ribet ini ke depan akan jadi pilihan menjanjikan sebab pembayarannya bisa di belakang. Memang benar banyak juga yang kadang menyangsingkan legalitas tentang paylater.

Sebagaimana disebutkan bahwa sejak Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan diterbitkan, geliat transaksi finansial semakin berkembang. Pembayaran tak lagi harus bertatap muka atau face to face. Hingga munculnya transaksi paylater.

Konsep transaksi paylater di Indonesia diatur wajib memenuhi beberapa aspek yaitu legalitasnya. Pengaturan mengenai legalitas paylater ada dalam Pasal 2 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77 Tahun 2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang menyatakan bahwa penyeleggara dinyatakan sebagai Lembaga Jasa Keuangan Lainnya.  Hal ini termasuk Traveloka PayLater.

OJK juga telah membentuk Satuan Tugas Pengembangan Inovasi Digital Ekonomi dan Keuangan untuk mengawasi pelaku fintech. Peraturan OJK di atas juga mengatur mengenai penyediaan, pengelolaan, dan pengoperasian Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Kebijakan ini tentu akan memberikan rasa nyaman pada masyarakat dalam bertransaksi yang juga dilindungi oleh peraturan perundang-undangan.

Paylater juga didukung oleh PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas) sebagai salah satu pemegang lisensi peer-to-peer lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Adapun para pihak sebagai entitas dalam sistem paylater sebagai berikut.

Penerbit

Pihak yang menerbitkan sistem paylater sebagai alat transaksi elektronik. Misalnya Traveloka.

Acquirer

Bank atau lembaga selain bank yang melakukan kerja sama dengan para pedagang dengan penerbit. Misalnya pihak agen travel tiket pesawat dan sebagainya.

Merchant (Pedagang)

Pihak yang melakukan penjualan kepada pihak pemegang melalui kerja sama.

Pemegang (Nasabah paylater)

Nasabah pengguna paylater.

Nah, sekarang sudah jelas dan terang kan tentang keabsahan ataupun legalitas mengenai sistem paylater ini. Masyarakat pun harus diberikan sosialisasi dan edukasi yang mendidik mengenai sistem pembayaran later ini. Sebab apa, banyak sekali salah penafsiran akibat beberapa oknum yang menyebarkan informasi yang salah atau bahkan disebabkan ketidakdisiplinan konsumen itu sendiri dalam menggunakan sistem paylater sehingga citra buruk semakin berkembang.

Kepoin Yuk, Tentang Traveloka PayLater

Travelling while working menjadi kegiatan yang sulit saya hindari. Sebagai perempuan sekaligus ibu dua anak laki-laki, saya harus bekerja 5 (lima) hari dalam seminggu atau terkadang hingga 7 (tujuh) hari di hari sabtu dan minggu bila harus melakukan perjalanan dinas ke suatu daerah. Hal ini disebabkan pekerjaan saya dibidang pengawasan terkait lingkungan hidup dan kehutanan terhadap perusahaan-perusahaan di seluruh Indonesia.

Berpindah dari satu pesawat ke pesawat lain menjadi hal yang biasa. Selain perjalanan dengan pesawat kadang setibanya di darat harus dilanjutkan menggunakan transportasi air seperti speedboat, ferry bahkan perahu klotok serupa sampan dan sebagainya. Mobilitas tinggi memang membuat saya harus melakukan persiapan yang masak sebelum berangkat.

Pernah suatu hari pimpinan menugaskan saya untuk pergi ke salah satu pulau terpencil di ujung barat Indonesia, tepatnya di bawah pulau Nias yaitu Kabupaten Nias Selatan. Pulau kecil yang hanya sebuah titik di peta memang memberikan pengalaman baru di hidup saya. Saya dan tim kesulitan mengecek jadwal pesawat dan memesan hotel di lokasi tujuan. Harusnya saya buka aplikasi Traveloka guna melihat manfaat transaksi disana, apalagi ada fitur Traveloka PayLater, bisa beli dulu bayarnya belakangan.

Sejak diluncurkan pada Juni 2018, Traveloka PayLater semakin berkembang pesat hingga sekarang. Sistem “Beli Dulu Bayar Belakangan” menjadi fasilitas keuangan dari Traveloka yang memberikan kemudahan melakukan transaksi dengan cicilan tanpa kartu kredit seperti tiket pesawat, hotel, dan lain-lain. Produk yang dikecualikan dari Traveloka PayLater yaitu beberapa produk pembayaran tagihan dan top-up pulsa.

Pengguna akan diberikan limit hingga Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) untuk digunakan dalam transaksi di Traveloka. Asal disiplin dan komitmen tentu pembayaran pun tak menjadi kendala. Bagaimana cara mendaftar di Traveloka PayLater, simak ulasan singkatnya berikut ini.

Cara Daftar Mudah dan Cepat

  • Siapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Pastikan kamu berumur 21 – 70 tahun.
  • Download aplikasi Traveloka di appstore atau playstore.
  • Masuk ke bagian beranda dan pilih/klik PayLater di bagian atas kanan aplikasi.
  • Ikuti langkah memasukkan data kamu hingga berfoto dengan KTP.
  • Kamu cukup menunggu 60 menit hingga Traveloka Paylater-mu diaktifkan.

Mudah sekali bukan, mengaktifkan fitur PayLater di Traveloka. Kalau permohonan kamu disetujui maka langsung diberikan limit yang bisa digunakan. Semakin banyak trasanksi makan limit yang diberikan akan ditambahkan.

Bebas Biaya Admin dan Iuran Tahunan serta Bunga Ringan

Yang menarik dari Traveloka PayLater adalah bebas biaya admin dan iuran tahunan. Hal ini tentu menggembirakan sebab di luar sana sistem pembayaran kartu kredit memberikan kewajiban pengguna membayar biaya admin serta iuran tahunan.

Bunga PayLater pun terbilang cukup ringan yaitu 2,25% – 4,80% per bulan. Jangan khawatir sistem bunga yang diberikan juga flat atau rata untuk setiap bulan.

Ubah Transaksi Jadi Cicilan

Sudah boleh “Beli dulu bayar belakangan”, Traveloka PayLater masih memberikan manfaat keunggulan kalau transaksi tersebut bisa diubah menjadi cicilan. Adapun cicilan yang diberikan hingga 12 (dua belas) bulan. Bagi para pengguna tentu ini sangat meringankan beban bulanan.

Transaksi Refund di Traveloka PayLater

Meski tidak dapat dikembalikan penuh, transaksi refund di Traveloka PayLater tetap diberikan. Jumlahnya bergantung pada regulasi produk yang kita beli. Namun demikiaan, refund masih dimungkinkan kalau kita hendak cancel atau juga membatalkan transaksi.

Banyak Promo Menarik

Siapa yang tidak tertarik dengan diskon dan hadiah. Traveloka PayLater juga memberikan promo menarik untuk kita-kita. Kali ini Traveloka Paylater juga memberikan promo eksklusif yaitu special deals hingga Rp. 300.000,- (untuk semua brand) atau diskon 80% (untuk semua pilihan) kerja sama Traveloka PayLater dengan Brightspot menggunakan virtual number

Pembayaran PayLater

Kalau zaman sudah serba mudah pembayaran apapun juga akan menjadi lebih

Jujur Guna Banget Kalau Travelling dan Perjalanan DInas Pakai Traveloka PayLater cover

Kenapa Harus Memilih Traveloka PayLater?

Jujur Guna Banget Kalau Travelling dan Perjalanan DInas Pakai Traveloka PayLater cover 3

Sumber: website traveloka

Pro Kontra Sistem PayLater dan Tips Cerdas Pakai Traveloka PayLater Agar Bayar Nggak Keder

Sejak lama berbicara mengenai kartu kredit memang ada pro kontranya. Sama seperti kartu kredit, sistem paylater pun memiliki suara yang beraneka. Ada yang setuju dan sebagian lainnya tidak setuju dengan sistem paylater ini.

Bagi yang berpendapat di kubu kontra paylater dianggap konsep berhutang modern. Sistem ini dianggap mengajak orang untuk berhutang. Kita dituntut harus menabung apabila menghendaki suatu barang. Kalau sudah terkumpul uangnya barulah digunakan membeli keperluan yang diinginkan atau dibutuhkan. Selain menabung tentulah penggunaan keperluan harus menggunakan uang yang ada tanpa berhutang.

Kubu pro menganggap sistem ini banyak memberikan manfaat. Salah satunya saat kebutuhan mendesak, paylater bisa menjadi pilihan alat pembayaran yang tentu dibayarkan kemudian. Asal disiplin dan tanggung jawab pada setiap transaksi.

Menurut saya juga ada baiknya kita melihat dari berbagai kacamata dulu sebelum memberikan stigma negatif terhadap suatu tindakan. Paylater sebenarnya dapat memberikan dampak positif tergantung dari si pengguna.

Pengguna yang disiplin atau konsumen yang memiliki komitmen dan mawas diri akan mampu mengatur keuangan dengan baik. Manfaat paylater yang beragam kalau disiplin membayar dan bertanggung jawab tentu tak ada yang akan dirugikan. Justru akan memberikan keuntungan.

Kebanyakan dari kita suka abai akan komitmen dan tanggung jawab ini. Termasuk juga seringkali tergoda untuk membeli atau melakukan transaksi yang sebetulnya belum perlu perlu banget. Sifat konsumtif yang berlebihan akan menjadi akar permasalahan ke depan.

Untuk itulah, perlu adanya komitmen, tanggung jawab pada diri sendiri agar memanfaatkan kemudahan dan teknologi yang semakin berkembang dengan kematangan mengambil keputusan atas segala tindakan.

Jujur Guna Banget Kalau Travelling dan Perjalanan DInas Pakai Traveloka PayLater cover 4

Setelah Pakai Traveloka PayLater Lanjut Aktifkan Traveloka PayLater Virtual Number

Saya senang berbelanja melalui online shop, apalagi sejak pandemi covid-19 lalu membuat kita tak bisa keluar rumah demi keselamatan bersama. Berbelanja menjadi mudah dari rumah. Nah, Traveloka PayLater juga menyediakan kemudahan melalui Traveloka PayLater Virtual Number.

Traveloka PayLater Virtual Number ini memungkinkan kita untuk melakukan transaksi berbelanja di e-commerce kesayangan kita menggunakan Traveloka PayLater seperti di Shopee, Lazada, BliBli, BukaLapak, dan sebagainya. Untuk pembayarannya juga bisa diubah menjadi cicilan. Daftarnya pun nggak pakai ribet, tinggal ikuti saja petunjuk di aplikasi dalam 15 menit virtual number sudah bisa beraksi alias aktif.

Traveloka PayLater Virtual Number ini juga bebas biaya dimuka, biaya admin dan iuran lainnya selagi tepat waktu bayar tagihan.

Untuk mengaktifkan Traveloka PayLater Virtual Number ikuti langkah mudah berikut ini.

Jujur Guna Banget Kalau Travelling dan Perjalanan DInas Pakai Traveloka PayLater cover 6

One Step Higher! PayLater Card Buat Kamu Yang Setia

Untuk melebarkan sayap usahanya dan menjaring lebih banyak pangsa pasarnya, Traveloka juga bekerja sama dengan brand ternama seperti BRI menerbitkan PayLater Card. PayLater Card ini merupakan kartu kredit cobranding dengan kolaborasi Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan Traveloka Group bagi sejumlah pengguna yang terpilih. Selayaknya kartu kredit, PayLater Card ini juga bisa digunakan di merchant-merchant berlogo visa baik online ataupun offline.

Keuntungan PayLater Card ini jangan ditanya, mulai dari bebas biaya tahunan sebab PayLater Card ini tidak seperti kartu kredit kebanyakan. Riwayat transaksi juga realtime, semua dapat dilihat di aplikasi Traveloka, verifikasi yang cepat serta kita akan mendapatkan 1000 poin bonus untuk transaksi pertama.

Jujur Guna Banget Kalau Travelling dan Perjalanan DInas Pakai Traveloka PayLater cover 7

Yakin Deh! Traveloka PayLater Akan Jadi Pilihan Pembayaran Masa Kini dan Mendatang

Tak perlu diragukan lagi, sistem paylater akan semakin diminati oleh masyarakat. Transaksi dulu dan bayar belakangan bikin hati tenang saat dana tunai belum datang. Yakin deh, saya, Traveloka PayLater akan diminati.

Apalagi bidang pekerjaan yang saya geluti. Menuntut mobilitas tinggi dan sering pimpinan memerintahkan perjalanan bisnis atau dinas keluar kota mendadak. Dengan Traveloka PayLater tentu sangat membantu, mengingat pembayaran kantor pun tidak langsung diberikan saat berangkat.

Mau pesan tiket pesawat atau booking hotel bahkan transaksi lainnya jadi lebih mudah dan praktis, asal jangan lupa disiplin bayarnya saja.

Selain itu, pembayaran Traveloka PayLater pun sangat mudah, bisa menggunakan beberapa metode. Sebelum melakukan pembayaran masuk ke aplikasi Traveloka PayLater ketuk paylater di halaman awal aplikasi, pilih pembayaran, dan ketuk bayar sekarang. Setelah itu pilih metode pembayaran bisa transfer antar rekening, internet banking, pembayaran di konter, atau metode lainnya.

Asal disiplin dan membayar sesuai dengan batas waktu yang ditentukan tentu akan terhindar dari denda keterlambatan pembayaran. 

Final Decision –> Jujur Bakalan Guna Banget Pakai Traveloka PayLater

Steve Pavlina pernah berkata:

“The more disciplined you become, the easier life gets”.

Maknanya menurut saya ketika kita menjadi orang yang disiplin maka kehidupan kita akan semakin mudah dijalani. Dikaitkan dengan tulisan saya ini bahwa permasalahan mengenai sistem paylater biasanya tentang kedisiplinan dalam membayar. Kedisiplinan ini harus selalu dijaga agar menghindari pembayaran menjadi hutang yang makin lama makin bertambah.

Informasi selengkapnya tentang Traveloka PayLater ini dapat kalian baca di website Traveloka di link ini ya!

Yuk, daftar atau aktifkan Traveloka PayLater-mu dan raih manfaatnya. Jujur guna banget pakai Traveloka PayLater.

#jujurgunabanget

Sharing is caring