12 Tips Memilih Kursi Kerja Yang Nyaman Agar Kerja Ngga Bosan

12 Tips Memilih Kursi Kerja Shopee Agar Kerja Nyaman dan Ngga Bosan

Kerja Nyaman dan Ngga Bosan Berkat Kursi Kerja Yang Ngerti Kesehatan

Sebagai perempuan produktif, setiap hari saya dituntut untuk bekerja di kantor dari pagi hingga sore hari. Karena sudah menjadi tanggung jawab dan pilihan bekerja di luar rumah harus banget kan bikin suasana kerja di kantor itu nyaman dan tenang. Biar bekerja ngga bosan dan bos jadi senang. Senang karena kinerja kita selalu bagus dan meningkat.

Kenyaman dan ketenangan dalam bekerja di kantor bergantung pula pada fasilitas pendukung seperti ruangan yang sejuk, perangkat komputer atau laptop, meja hingga kursi.

Kursi kerja merupakan salah satu fasilitas kerja yang penting lho!

Pernah kah kamu mendengar atau melihat rekan kerja di kantor yang sedang asik bekerja terjatuh dari kursi atau ketika hendak duduk ada bagian kursi yang patah?

Selain berbahaya hal tersebut bisa menyebabkan pekerjaan tertunda dan income ikut tersendat. Untuk itu, pemilihan kursi kerja yang tepat juga memberikan dampak penting terhadap suatu pekerjaan.

Ngomongin soal kursi kerja, ternyata kita harus banget memperhatikan bagaimana memilih kursi kerja yang nyaman, tenang serta kursi kerja yang menjaga kesehatan terutama punggung dan tulang kita, lho.

Berikut beberapa tips memilih kursi kerja supaya kerja jadi nyaman, ngga bosan dan aman untuk kesehatan:

Sejarah Singkat Kursi

Dahulu kala kursi dibuat dari potongan kayu dari hutan. Tidak banyak polesan dan desain sebab memang belum ditemukan alat untuk melakukan hal itu.

Kebanyakan kursi pada zaman dahulu digunakan untuk singgasana raja atau pemimpin para kaum di masyarakat. Itulah kenapa kursi pada masa itu menjadi identitas dan privilege bagi seorang pemimpin atau raja.

Mesir Kuno mencatat kursi sudah mulai ditemukan sekitar 3110-1070 SM, kebayang kan sudah sangat lama penemuan kursi ini. Yunani kuno sekitar 1100-400 SM, Romawi Kuno 700-400 SM, dan Asia sekitar abad ke-2 SM.

Kayu yang dipakai untuk membuat kursi pada zaman dahulu memiliki daya tahan yang luar biasa. Untuk daerah Asia Tenggara sendiri kayu yang biasa digunakan untuk membuat kursi seperti kayu jati, mahoni, sonokeling, akasia, sengon, pinus, dan kamper.

Kursi Kerja Shopee

12 Tips Memilih Kursi Kerja Bikin Nyaman dan Ngga Bosan

Bekerja seharian di dalam ruangan apalagi ber-AC harus betul-betul memperhatikan kesehatan fisik dan mental. Posisi kerja dan fasilitas kursi dan meja menjadi penting agar bekerja dengan nyaman, tenang dan tentu ngga bosan.

Kadang ketika kita bekerja tiba-tiba mengantuk, tak sengaja tertidur sambil bersandar di kursi namun ketika bangun leher dan tengkuk terasa sakit dan pegal.

Penyebabnya bisa jadi dikarenakan desain kursi kerja tidak ergonomis atau tidak sesuai dengan posisi tulang belakang. Dalam jangka waktu lama tentu hal ini mengkhawatirkan.

Memilih kursi kerja memang tidak sesulit memilih pasangan hidup. Namun nyatanya bila salah memilih, kesehatan jadi taruhannya.

Berikut beberapa tips aman memilih kursi kerja yang mendukung kinerja maksimal check it out:

 

1. Bahan Dasar

Kursi kerja terbuat dari berbagai macam bahan dasar, ada yang terbuat dari kayu, aluminium, besi, stainless steel, kuningan dan sebagainya. Pilihlah bahan kursi kerja yang kuat dan kokoh untuk menopang tubuh. Sebab bahan kursi kerja tentu akan berpengaruh juga pada daya tahan dan faktor lamanya kursi tersebut dapat dipakai tanpa harus sering diganti.

2. Pengaturan Ketinggian

Postur tubuh orang Asia bermacam dan beragam, dampaknya pun berpengaruh terhadap ketinggian kursi tempatnya duduk. Kursi kerja dengan pengaturan ketinggian yang fleksibel akan memudahkan karyawan mengukur tingkat ketinggian kursi dengan ketinggian si pemakai. Ini tentu membuat nyaman tubuh.

3. Tahan Lama

Memilih kursi kerja yang tahan lama gampang-gampang susah. Karena biasanya tak banyak orang memahami kursi kerja mana yang bisa digunakan untuk jangka waktu lama. Untuk itu sebelum membeli kursi kerja carilah informasi dan perbandingan ketahanan kursi kerja yang hendak dipilih.

4. Sandaran Kaki

Tahukah kamu, kaki yang menggantung terlalu lama dapat menyebabkan kaki lelah dan terasa pegal bahkan kesemutan. Sandaran kaki menjadi pilihan lain yang harus diperhatikan ketika memilih kursi kerja. Sandaran kaki yang sesuai akan membuat kerja nyaman dan terhindar dari pegal serta kesemutan.

5. Ergonomis

Kursi kerja yang membuat nyaman duduk disebut dengan kursi yang ergonomis. Ergonomis artinya tempat duduk yang mampu menjamin kenyaman selama duduk. Artinya kursi tersebut mampu menyangga tubuh sesuai dengan posisi tulang belakang secara keseluruhan.

6. Roda

Kursi kerja yang banyak beredar di pasaran kini biasanya memiliki roda di kakinya. Hal ini sudah menjadi pilihan utama dalam memilih kursi kerja karena mobilitas pekerjaan yang tinggi terkadang kita membutuhkan gerakan cepat tanpa harus berdiri, misalnya meletakkan file di meja yang berada di belakang kita dan sebagainya.

7. Sandaran Kepala

Sandaran kepala pada kursi kerja sangat penting. Sandaran kursi kerja ini dapat membuat rileks apabila sudah duduk lama di kursi dan belum enggan beranjak atau berdiri. Apabila tidak terdapat sandaran kepala yang terpisah biasanya panjang kursi bagian belakang hingga kepala.

8. Warnaย 

Bagi profesional muda yang senang berkarya atau pengusaha yang mementingkan personal branding usahanya tentu hal kecil tak luput dari perhatian. Termasuk pemilihan konsep warna kursi kerja yang dipadupadankan dengan konsep ruang kerja. Pilihan warna tepat akan membangkitkan semangat kerja sehingga dampakya tentu meningkatkan income berlipat.

9. Sandaran Lengan

Kursi dengan sandaran lengan memang baru terasa apabila sudah duduk terlalu lama. Meski bukan bagian yang utama sandaran lengan bisa menyandarkan lengan saat sudah terlalu lelah mengetik atau sekadar hendak bangun dari kursi. Sandaran lengan ini juga terkadang menjadi ganjalan apabila kita meletakkan tas kerja di belakang secara tidak sengaja.

10. Bahan Dudukan

Duduk terlalu lama dalam jangka waktu yang cukup lama sangat tidak dianjurkan para ahli orthopedi dan ahli kesehatan. Hal ini dapat berakibat buruk bukan hanya bagian belakang tubuh, ini juga dapat berpengaruh pada kesehatan kita. Memilih bahan dudukan kursi kerja yang nyaman tentu menjadi keharusan yang tidak boleh diabaikan, misalnya busa, dakron, dan sebagainya.

11. Harga

Harga memang terkadang tidak menentukan awet tidaknya suatu barang. Namun demikian, kebanyakan yang terjadi harga sangat menentukan kualitas dan ketahanan suatu barang itu dijual di pasaran. Untuk itu, kursi kerja yang nyaman dan aman biasanya memiliki harga sangat beragam tergantung selera dan kebutuhan.

12. Mudah Dibersihkan

Meski kursi kerja jarang menjadi prioritas penggantian setiap tahun namun prioritas kebersihannya pun harus diperhatikan. Kursi kerja yang tidak mudah kotor atau mudah dibersihkan tentu menjadi nilai lebih untuk membelinya. Sebab biasanya anggaran untuk membeli kursi kerja belum tentu ada setiap tahun sehingga kursi kerja yang mudah dibersihkan akan menghemat keuangan.

Contoh Bagian-Bagian Kursi Kerja Pilihan

Tips memilih kursi kerja di shopee
Tips memilih kursi kerja idaman
Tips memilih kursi kerja di shopee

Shopee, Pilihan Tempat Membeli Kursi Kerja Idaman Agar Kerja Nyaman dan Ngga Bosan

Ngomong-ngomong soal kursi kerja dan tips bagaimana memilih kursi kerja yang nyaman agar kamu ngga bosan dan juga kursi kerja yang ngertiin kesehatan, Shopee lagi ada promo menarik bulan ini nih!

Dalam rangka ulang tahun Shopee yang ke tanggal 12.12 Tahun 2020 ini Shopee banyak banget kasih kejutan buat kita semua. Iya buat kamu dan aku juga.

Nah, buat yang mau beli kursi kerja atau furnitur rumah lainnya, intip aja di Shopee. Semua yang kita butuhin, Shopee sediain!

Hari ini, ada promo Perlengkapan Rumah Day spesial Shopee 12.12 Birthday Sale yang menghadirkan diskon sampai dengan 90% untuk aneka produk perlengkapan rumah, kurang keren gimana coba?

Yuk, langsung pilih-pilih ke Shopee jangan sampai kehabisan!

Selamat Ulang Tahun Shopee

Sharing is caring